:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Makanan & Minuman yang buat sering Beser


Penyakit yang tergolong kronis, overactive bladder (OAB) atau lebih dikenal dengan nama “beser” (berkemih lebih dari delapan kali dalam 24 jam), bisa dicegah dengan terapi perilaku dan terapi obat.

Cara alami mencegah penyakit yang bisa menimbulkan depresi ini adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman yang bersifat diuretik, dan menghindari makan dan minum dua jam sebelum tidur. Teknik lainnya adalah dengan melatih otot kandung kemih, atau yang sering disebut dengan senam kegel. Caranya dengan membuat gerakan otot vagina dan anus, seperti saat menahan buang air kecil, selama 30 menit. Jika masih bermasalah, bisa juga dilakukan terapi obat dengan dosis dan jangka waktu sesuai konsultasi dokter.

Memang betul kita perlu terhidrasi untuk membuat tubuh sehat. Tapi, pada orang-orang tertentu, seperti pengidap overactive bladder, minum terlalu banyak justru akan membuat mereka sibuk. Sibuk, mondar-mandir ke kamar mandi.

Overactive bladder (OAB) adalah kondisi otot detrusor yang melapisi kandung kemih menjadi sangat aktif. Sampai saat ini belum ditemukan penyebab pastinya, tetapi salah satunya adalah gangguan saraf yang muncul akibat pengaruh usia. Tapi. selain itu, makanan dan minuman yang kita konsumsi pun bisa membuat otot detrusor aktif bekerja. Makanan dan minuman itu adalah…

Minuman

1. Alkohol: Apa pun bentuknya, mulai dari bir, wine, atau liquor akan membuat produksi urine kita menjadi banyak walaupun sebenarnya minum alkohol juga akan membuat kita dehidrasi. Pola kerja minuman beralkohol adalah mengintervensi saraf otak yang memerintahkan kerja otot detrusor. Walhasil otot detrusor akan bekerja lebih aktif ketika kita mengonsumsi alkohol. Maka, dapat dibayangkan apa yang terjadi pada pengidap OAB jika gemar minum alkohol.

2. Kopi, teh, kola, dan minuman berenergi: Minuman-minuman ini mengandung kafein. Dalam tubuh, kafein dikenal sebagai stimulasi produksi diuretik atau cairan tubuh. Para pengidap OAB diminta untuk membatasi konsumsi kafein agar otot detrusor tidak menjadi sensitif.

3. Minuman asam: Jus jeruk, lemon, atau buah-buahan yang mengandung asam akan mengiritasi kandung kemih. Iritasi ini yang kemudian akan membuat kita mudah sekali buang air kecil.

4. Minuman berkarbonat: Minuman berbuih ini akan membuat kandung kemih kita sensitif dan iritasi. Jadi bagi para pengidap OAB, minuman berkarbonat tak hanya harus dikurangi, tapi harus dihindari. Bahkan kita yang tanpa OAB tetapi sangat sering minum minuman berkarbonat seperti soda atau minuman ringan (soft drink), akan memicu munculnya sensitivitas pada otot detrusor.

Makanan

1. Cokelat: Makanan manis ini mengandung kafein, maka kita harus memperlakukannya sama dengan minuman kafein lainnya. Dan sayangnya tak ada cokelat yang tanpa kafein alias decaf, lalu apa yang dapat dilakukan para pencinta cokelat yang kebetulan OAB?

2. Nanas: Buah asam ini memiliki sifat yang sama dengan jus jeruk yang ada di daftar atas. Rasa asamnya mengindikasikan adanya sitrat di dalam nanas yang dapat mengiritasi kandung kemih.

3. Tomat: Sayuran bulat merah ini juga memiliki asam di dalamnya yang dapat mengiritasi kandung kemih. Bahkan saus tomat yang biasa kita tambahkan pada spaghetti dapat membuat sensor saraf pengendali produksi urine kita terpicu dan membuat kita mondar-mandir kamar mandi.

4. Acar, daging, dan ikan kaleng: Coba perhatikan apakah setiap kali kita makan-makanan kaleng hasrat untuk buang air kecil semakin tinggi? Jika iya, itu artinya kita harus menghindari makanan-makanan ini. Kandungan nitrat dan asam yang ada di dalamnya menjadi pemicu iritasi pada kandung kemih yang diikuti dengan tingginya sensitivitas otot detrusor.

5. Makanan ber-MSG: Zat tambahan pada makanan seperti MSG atau pewarna makanan akan membuat kandung kemih kita mudah teriritasi. Itu mengapa kita perlu membaca label makanan dengan teliti. Atau agar lebih aman, masaklah sendiri makanan kita sehingga kandung kemih tetap terlindungi.

Khusus bagi pengidap OAB, memang perlu memerhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi agar otot detrusor tak terlalu aktif. Namun, bukan berarti kita harus membatasi konsumsi cairan yang masuk ke dalam tubuh sebab ini justru bisa menjadi munculnya masalah baru. Masalah baru yang dimaksud adalah infeksi saluran kemih yang tentu akan menghambat proses ekskresi.

Idealnya, satu orang mengonsumsi 8 gelas air setiap hari. Jumlah ini masih harus dilengkapi dengan 20 persen air dari makanan. Jadi tak ada alasan untuk mengurangi cairan yang masuk dalam tubuh, baik melalui minuman maupun makanan, hanya saja kita perlu memilih yang aman bagi otot detrusor kita.

Iklan

1 Komentar»

  Cewek Penasaran wrote @

wah harus dibarengi dengan sayuran ne…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Pojok Abasosay

Melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

%d blogger menyukai ini: