Tempe Menjes Goreng


Bahan:
Tempe Menjes satu balok
2 siung bawang putih
0.75 + 0.5 sdt garam
2 sdt ketumbar sangrai
3-4 lembar daun jeruk
5 butir kemiri
air dan tepung terigu secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara olah:
Iris tempe menjes ukuran terserah ketebalan 3mm.
Larutkan 0.5 sdt garam dengan air secukupnya, masukkan bbrp potongan menjes, bolak-balik rata, tiriskan. Lakukan sampai semua potongan menjes tergarami.
Haluskan semua bumbu, larutkan dengan air dan campur dengan tepung terigu membentuk adonan kental seperti adonan pisang goreng.
Siapin minyak panas, celup potongan menjes 1-1, goreng sampai matang.
Sajikan dengan cabe rawit ato sambal petis ato sambal kecap.

Sumber: http://dapurgue.blogspot.com/2008/09/tempe-menjes.html

Iklan

14 pemikiran pada “Tempe Menjes Goreng

  1. Tempe Menjes ini ampas tahu yg difermentasikan spt membuat tempe biasa, bentuknya balok kayak tempe biasa juga, tapi krn terbuat dari ampas tahu jadi teksturnya lembut empuk njes njess gituh kalo digigit.

  2. tempe menjess memang lezat banget kanggo wong ndeso koyo aku, tapi sing tak weruhi kudu dima’em anget-anget lan dibarengi lalapan lombok sing ish enom. wah kayak disurga saja. tapi jarenen kok ono sing keracunan, bener nggak iku? sebab aku ora pernah keracunan.
    selamat menikmati menjess anget lalapan lombok enom.
    masduki jambewangi selopuro blitar jatim.

  3. setau q..ada 2 jenis tempe menjes…Bhn baku asalnya sm,ampas tahu,tp ada yg wrna’nya putih..teksturnya agak lembek n lembut. N ada jg yg wrnanya hitam,smntra teksturny lbh padat tp gk lembek (mirip oncom mntah lah). Menjes jg pnya bbrapa “panggilan”…Kl d 2 kota d daerah banyumas -jateng,menjes yg hitam dsebut DAGE/DAGES. Smntra yg putih dsebut MENJES ato BONGKREK. Kl d semarang ya nyebutnya BONGKREK. Si menjes iniy,baik yg hitam ato yg pth,gk cm enak djadikn gorengan lhoowh…tp dbwt cmpurn sayur lodeh jg yuummii…Apalagi kl d oseng pk cabe rawit plus kcmbah kdele…wuuaahhh…nyamleng pisan!!! Coba dweeh :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s