GUDEG YOGYA + SAMBAL GORENG KRECEK


Bahan :
1 kg nangka yg sedang tuanya (tidak terlalu muda dan tdk terlalu tua), potong-potong (echa: 3 kaleng)
12 btr telur rebus utuh (kupas kulitnya kalau ingin bumbunya lebih meresap)
1000 cc air kelapa (echa: nggak  pakai, tapi pakai 1 sdt cuka)
8 – 10 lbr daun salam
5 – 8 iris lengkuas ½ x 8cm yg diiris menurut panjangnya
200 gr gula merah, iris halus
2000 cc santan dari 1 butir kelapa (echa: 1 liter santan kotak)

Haluskan :
12 btr bawang merah
12 siung bawang putih
1 sdt ketumbar (echa: 1 sdm)
2 sdm garam (echa: 3 sdt)

Cara Membuat :
Tahap I

1. Karena memasaknya butuh waktu lama dan sampai cairannya mengering, maka gunakanlah panci beralas tebal.
2. Tata daun salam menutupi dasar panci, tata juga diatasnya irisan lengkuas (selain sebagai penyedap, juga berfungsi sebagai alas masakan ini agar tidak hangus).
3. Campur bumbu halus dengan 500 cc air kelapa, aduk rata.
4. Masukkan berturut turut potongan nangka muda, telur rebus, gula merah, siram bumbu halus yang dicairkan dengan air kelapa.
5. Tambahkan air kelapa secukupnya sebatas tinggi nangka + telur tadi agar terenda.
6. Tutup panci rapat-rapat, masak diatas api sedang , tanpa dibuka tutupnya sekalipun selama kira-kira 2 jam.

Tahap II

1. Setelah 2 jam lihat apakah airnya sudah tinggal sedikit, angkat dulu telurnya dan sisihkan sementara agar tidak hancur.
2. Masukkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil menghancurkan potongan nangka (jaga jangan sampai daun salam dan lengkuasnya terangkat . Pada tahap ini volume nangka menjadi kurleb separonya.
3. Masukkan kembali telurnya sampai sedikit terkubur dalam nangka.
4. Masak lagi dengan api kecil selama minimal 3 jam.
5. Aduk sesekali sampai santan habis.
6. Pada tahap II ini  biasanya memasak sampai 7 jam pake kompor listrik dengan pengaturan api 1/2nya atau 300w agar terjaga kestabilan apinya, karena kalau pakai kompor gas, apinya suka mati karena diatur kecil sekali.
7. Hasilnya gudeg cantik berwarna coklat kemerahan dengan cairan yang sedikit dan kental.
8. Siramkan areh/ kuah opor ayam kental diatas gudeg nangka ini secukupnya pada saat dihidangkan.

SAMBAL GORENG KRECEK

Bahan :
300 gr krupuk krecek khusus masakan (kalau yg untuk dimakan langsung sering hancur bila dimasak )
200 gr kacang tolo
50 gr cabe rawit besar warna merah, kuning dan hijau ( jumlah bisa disesuaikan dgn selera )
1 sdt asam
2 ltr santan dari 1 butir kelapa ( pisahkan yang kentalnya )
3 lbr daun salam
6 cm lengkuas, memarkan
100 gr cabe merah besar, rebus, blender halus
100 cc minyak goreng
garam secukupnya
gula merah secukupnya

Haluskan :
12 btr bawang merah
12 siung bawang putih

Cara Membuat :

1. Cuci kacang tolo sampai bersih, tiriskan dan masukkan dalam air mendidih dipanci hingga terendam kurleb 5 cm diatasnya. Diamkan selama 2 jam, hingga kacang mengembang.
2. Rebus kembali, didihkan selama kurang lebih 10 menit (tambahkan airnya hingga tetap terendam air 5 cm diatasnya).
3. Tiriskan dan bilas dengan menyiramkan air sampai bilasannya jernih.
4. Rendam krecek dgn air biasa hingga lunak, peras dengan kedua telapak tangan saling menggengam agar krecek tidak hancur. Bilas dan peras lagi beberapa kali dengan cara yang sama, sampai keluar semua minyak yang coklat kehitaman dan airnya jernih.
5. Tumis cabe merah halus dengan 100 cc minyak goreng, hingga minyaknya keluar dan berwarna merah menyala, sisihkan.
6. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit sisa minyak tumisan cabe sampai harum, masukkan serai, daun jeruk purut.
7. Tuangi santan cair, didihkan, bubuhi garam dan gula.
8. Masukkan Kacang Tolo, masak sampai matang, kemudian masukkan kreceknya dan santan kental.
9. Timba-timba agar santan tidak pecah , setelah agak mengental masukkan cabe rawit.
10. Masak terus sampai kuah mengental, dan minyak berwarna merah cerah mengambang dipermukaan.

Catatan:
Ampas gudeg yang berupa salam, laos dan sedikit gosongan nangka berbumbu bisa dipakai untuk membuat telur pindang susulan. Tambahkan air/santan encer, garam dan gula secukupnya sampai telur rebus yg diretakkan kulitnya terendam. Masak lagi sampai kulit telur coklat, dan bumbu meresap.

Sources: http://alleykitchen.blogspot.com/search/label/Gudeg%20Jogja%20Komplit

Iklan

37 pemikiran pada “GUDEG YOGYA + SAMBAL GORENG KRECEK

  1. Hati-2 sm kacang yang digoreng pake minyak, krn minyak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Lebih sehat kl kacang di rebus, disangrai atau di oven aj.

  2. AGUNG SIH DARI BALI TETAPI ISTRI JOGYA,JUSTRU ITU AGUNG SERING MENCOBA MASAKAN UNTUK SELURUH DUNIA, CUMAN MASAKAN INDO YG PATUT AGUNG PELAJARI,KERENA UDA PULUHAN TAHU KERJA DI HOTEL YG MASKAN NYA DARI LUAR,PIKIR PIKIR KENAPA DALAM NEGERI KAGAK AGUNG LAPAJARI ?? KATA ISTRI BENER JUGA THANK YA ATAS RESEP NYA, ISTRI SAMPAI MENGATAKAN JEMPOL TERUS DI KECUP…INI BARU DIA.

  3. balik lagi ke pekanbaru, artinya bakalan jarang nemu gudeg sambal krecek..cuma pas di jawa bisa makan sepuasnya padahal gw suka bgt, sekarang dah jadi emak2..jadi pengen nyoba buat sendiri hehehe..secara gw bukan orang jawi :))

  4. Ini sya berikan Resep dari makanan MANADO.

    Daging Kucing Rica-Rica.

    1. 1 ekor kucing yang telah di Bakar dan dibersikan.
    2. 1/2 Liter Cabe rawit Mentah (Hijau)
    3. 1/8 Liter cabe rawit Masak (Merah)
    4. Lengkuas, Kunyit,Sereh,Kuning,bawang,Pandan.
    5. Minyak, Garam, Air.

    Haluskan semua rempa-rempanya, kemudia potong-potng dagingnya dan campurkan bersama. masak di wajan dengan minyak 1/8 liter dan air secukupnya. tunggu sampai airnya mengering…
    SANTAP saja

  5. salam kenal,
    saya produsen krecek 100% kulit kerbau.kalau anda bingung mencari krecek dengan kwalitas bagus bisa hubungi saya.atau produk kami bisa ditemukan di pasar2 wilayah jogja dgn bran “RAOS”krecek jogja dan “KRECEK MINI”Hj.Sastro.bisa juga langsung datang ketempat produksi saya.cp:081.727.3343
    raoskrecek.blogspot.com

  6. salam kenal,
    saya produsen krecek 100% kulit sapi.kalau anda bingung mencari krecek dengan kwalitas bagus khusus cecek sayur dg harga murah rp.48.000/kg bisa hubungi saya.atau produk kami bisa ditemukan di wilayah mojokerto JATIM dgn merk krecek rambak sapi ” DUA PUTRA” ,bisa juga langsung datang ketempat produksi saya bpk. RAHMAT via sms : 085.733.287.973

  7. didalam tumbuhan tidak ada kolesterol. kolesterol hanya terdapat pada lemak hewan jadi menggoreng kacang aman2 saja, adsal jangan dicampur dengan daging ato telur ato mentega. sya tidak setuju dengan pendapat ini Hati-2 sm kacang yang digoreng pake minyak, krn minyak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Lebih sehat kl kacang di rebus, disangrai atau di oven aj. terimakasih

  8. Air kelapa itu ditambahkan dalam gudeg agar supaya warnanya bagus/merah. Air kelapa juga dapat digunakan dalam pembuatan bacem tempe/tahu/daging agar merah bacemnya bagus(mengkilat). Btw. resepnya sangat membantu kalau ingin membuat gudeg sendiri.

  9. Waduh bos,ni sya lg nyoba bikin sambel goreng sendiri di rumah pakai resep ini.Tapi ane lupa nguleg bumbunya uda tlanjur pake ketumbar(kecil2 kyk merica) krna uda tlanjur ya uda terusin aja … E..e..eh ga taunya pas uda mateng rasanya top markotop … Ni hau ce cing cing ping
    He..he..e

  10. Awal mula ak suka kerecek wkt pernikahan tetangga ku dia orang jawa menu makanan nya ada kerecek ak coba karena di tmpt ak nikahan ga pernah ada kerecek,eh tau2 nya enak jd ketagihan dech smpai skr tp gatau cara masak nya,jd sdih dech

  11. Untuk memasak gudeg yg paling gampang bikinnya dengan panci crockpot atau slow cooker dengan panas yang low. Taruh semua dan bumbu disitu langsung ditinggal kerja atau ditinggal tidur selama beberapa jam tidak masalah, tidak perlu diaduk dan diliat2 karna tidak akan kering atau hangus. Dijamin warnanya coklat tanpa perlu daun jati atau daun bawang. Selamat mencoba karna saya selalu berhasil dengan cara ini terutama untuk yg tinggal di LN ini cara termudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s