Penyakit Ayan /Epilepsi dan solusinya


Penyakit ayan atau epilepsy ini kemungkinan sebab musabab utamanya sampai saat ini belum dapat diketahui dengan jelas. Tetapi penyebab utamanya kemungkinan adanya gangguan susunan urat saraf pusat atau otak. Penyakit ayan yang cukup parah disebut grandmal. Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak dan juga terhadap orang dewasa. Faktor keturunan juga cukup berpengaruh terhadap penyakit ayan ini.

Gejala-gejala atau tanda-tanda penyakit ayan ini adalah apabila penyakit ini akan kambuh, penderita biasanya merasa pusing, pandangan berkunang-kunang, alat pendengaran kurang sempurna. Selain itu, keluar keringat berlebihan dan mulut keluar busa. Sesaat kemudian, penderita jatuh pingsan diiringi dengan jeritan. Semua urat-urat mengejang, lengan dan tungkai menjulur kaku, tangan menggenggam dengan eratnya, acapkali lidah luka tergigit karena rahang terkatup rapat, si penderita sulit bernafas dan muka merah atau kebiru-biruan. Selama terserang ayan, biasanya mata tertutup dan akhirnya tertidur pulas lebih dari 45 menit. Apabila telah bangun dan ditanya, tidak lagi ingat apa-apa yang telah terjadi atas dirinya. Serangan ayan yang demikian itu senantiasa datang berulang-ulang.

Hingga kini belum diketahui obat yang sungguh-sungguh mujarab untuk menyembuhkan penyakit ayan. Usaha terpenting adalah menghilangkan dulu sebab-sebab yang dapat mengakibatkan serangan ayan, misalnya sisa-sisa penyakit raja singa, urat darah mengeras, penyakit-penyakit otak, racun alkohol, cacing-cacing dalam perut dan lain-lain. Untuk usaha dalam mengurangi timbul serangan ayan dan memperkecil bahaya-bahaya bagi penderita ayan adalah antara lain:

1.Hendaknya si penderita menjaga dalam kehidupan sehari-hari, badan dan fikirannya jangan terlampau berat dalam bekerja agar tidak menjadi penat. Jangan diperbolehkan si penderita minum minuman keras, kopi atau teh yang pekat dan jangan terlalu banyak makan daging. Si penderita seharusnya harus banyak memakan sayur-sayuran dan cukup istirahat serta usahakan dapat buang air besar dengan teratur.

2.Si penderita jangan di perbolehkan melakukan sesuatu perbuatan yang sekiranya dapat membahayakan dirinya seperti memanjat pohon atau tangga, meniti jembatan sempit, berdiri dipinggir sungai atau kolam ataupun api, berenang, bersepeda, berjalan sendiri di jalan besar dan berdiri di dekat mesin yang sedang berputar dan lain sebagainya. Karena itu semua, membahayakan si penderita apabila ayan sedang kambuh.

3.Jika tampak tanda-tanda bahwa si penderita akan terserang ayan, maka suruhlah ia menelan 1 atau 2 sendok teh garam dan menghirup bau bawang putih yang sudah ditumbuk halus. Dan juga kaki dan tangannya bisa juga diikat dengan erat, boleh pakai kain atau tali yang besar. Dengan cara demikian, biasanya serangan ayan dapat dihindarkan.

4.Apabila si penderita sudah jatuh pingsan, hendaklah dibaringkan terlentang dan pakaiannya agak dilonggarkan, jika perlu disela-sela gigi atas dan bawah dimasuki kain bersih yang sudah dilipat atau sendok, untuk menghindari lidah tergigit dan biarkan sampai ia sadar kembali.

5.Berikanlah salah satu nutrisi-nutrisi herbal di bawah ini untuk membantu kesembuhan si penderita ayan yang diantaranya adalah:

a. Children Nutrient High Calcium Powder dosis (1×1) dengan Cordyceps Mycellium Capsules dosis (2×2) Untuk Anak-Anak.

b. Nutrient High Calcium Powder dosis (1×1) dengan Beneficial Capsules dosis (2×3) dan dibantu dengan Vigor Rousing Capsules dosis (2×2) untuk dewasa.

Sebaiknya untuk penderita penyakit ayan atau epilepsy tidak di perbolehkan mengkonsumsi otak, jeroan, lemak dan telur.

Iklan

52 pemikiran pada “Penyakit Ayan /Epilepsi dan solusinya

  1. please mbak…bls atau kasih kabar,,soalnya kosumen iklan saya…dah nanyain mulu..

    ditunggu kabar secepatnya
    thanks

  2. halo, saya hendy dari PT. AsaDinakara mandiri.
    blog ini sangat menarik, dan menurut saya kok sayang kalau cuma jadi sekedar blog saja..

    kebetulan kantor saya punya server hosting yang khusus dibagikan gratis pada komunitas.

    jika anda berminat membuat website komunitas memasak, kami akan memberikan space gratis untuk anda. (bandwidth 100mbps, space up to 100 GB ).

    anda bisa menghubungi saya lewat email :
    hendy@adm.co.id

    terima kasih

  3. teman saya juga mengalami kejang.anehnya sudah cek kedokter,mulai ct.scan, MRI. EEG( 6x)
    tapi tidak ada sakit apapun.setiap bulan pingsan tiba2 tanpa ada tanda2 pusing atau apapun.dan setelah sadar dia seprti nrmal lagi.apa itu juga ayan / epilepsi.

  4. wah 5 tips nya sangat bagus mba.. adik saya kena penyakit ayan beberapa waktu lalu. dan itu terjadi pertama kali dalam hidupnya.. sudah cek ke dokter dan dokternya tidak tau dan belum bisa mendeteksi penyakitnya. mungkin saya akan mecoba tips ini. terima kasih mba atas tipsnya.. 🙂

  5. Anak saya,mulai epile[si thn 2001,sudah sy obati dan makan obat sesuai petunjuk dr,smp saat ini masih kejang.Dia kejang pada umumnya saat tidur atau bangun tidur,kejangnya tidak lama,hitungan 4 – 5.obat yang sekarang minum luminal 15 mg, 3x,vitamin 20 mg 1 x dan Ikapen 3 x. Mungkin teman -teman ada saran atau pengalaman yang bisa bantu anak saya,mengurangi atau hilang kejangnya. Tx
    Untuk resep masakannya oke banget.

  6. (curhat)
    saya punya adik laki2 usianya kalau ga salah 17 bulan, kalau nangis suka panjang tarikan nafasnya, pokoknya lama sampe2 badannya nguliat ke belakang, eh udah gitu ga langsung ngejerit, tapi langsung diem sambil nutup matanya, bibirnya biru, pokoknya yang meninggal…
    kasian…
    trus pas diperiksa ini gejala penyakit ayan…
    katanya kalo pake kopi 1/2 sendok per hari..
    insya ALLAH sembuh..
    bisa ga ya??

  7. Bagus banget tipsnya, sngt membantu bagi yang buta tg epilepsi.Kebetulan anak sy juga penyandang epilepsi skaligus juga penyandang autisme, Serangan epilepsinya mungkin termasuk tidak terlalu sering, tapi paling tidak 1 x dlm sebulan. Karena dia penyandang Autisme, sy tidak pernah tahu pada saat dia akan kambuh epilepsinya, jadi setiap saat harus ada yang mengawasi.
    Terimakasih atas infonya untuk jenis makanan yang sebaiknya idak dikonsumsi, karena ternyata bbrp diantaranya memang menjadi konsumsi utama anak saya, telur dan teh kental.
    Blog ini benar-2 bermanfaat bagi yg membutuhkan, sekali lagi terimakasih.

  8. apakahpenyakit saya termasuk ayan ya, soalnya kalau tidur suka kejang, dan mulutnya keluar airliur, kejadian umumnya itu 1x sebulan, terus mau nanya lama lama jdi makin sering ga mba?blognya bagus bagi yang membutuhkan.terima kasih

  9. gmn cara bergabung dg penderita epilepsi ini?saya sering mau pingsan tp tidak sampai pingsan kl tubuh saya gerak2kan.dan jantung saya jg berdetak lebih kencang.selain itu keringat dingin membasahi tangan saya.ini terjd jika saya sedang berfikir berat.apa saya termasuk penderita epilepsi ya..saya jd takut berkendara sendiri

  10. Sudah 2 x ini, sy terserang kejang2, mata tertutup, melihat keatas, muka biru, ada busa/air liur keluar dr mulut. Itu versi org. Dulu sy tdk seperti ini, tdk punya penyakit seperti ini. Apakah ini krn tertular or darimana?Bisakah nular ke suami, krn kita suami istri?Kalau terjadi kejang2 tsb, mata terbelalak &mengeluarkan busa, saya tidak sadarkan diri. Tidak tahu apa yg terjadi pada saya. Hanya diceritakan saja. Tolong solusinya, pengobatannya &cara penanggulangannya.Malu & takut jika terus spt itu. Ke dokter mana ya untuk berobat ttg penyakit tsb?Tks.

  11. Ank km suka kejang2 sejak umur 1 bln, kt dokter akibat pecah pembuluh darah di otak. Dia kejang pd saat demam, sering terkejut apalagi saat mau tidur, skrg sdh 1,5 thn blm bisa duduk, tatapan matanya kosong dan tdk merespon. Apa dia juga epilepsi?.

  12. saya baca tentang diet ketogenik untuk epilepsi malah katanya konsumsi tinggi lemak n rendah karbohidrat, jd bagaimana sebenarnya untuk asupan makanan epilepsi??
    Terima kasih

  13. terima kasih sebelumnya atas tip di atas, istri saya jg sakit dan penderita dari masa kanak2, kita sebagai orang yg menyayanginya suport trs u/ sembuh dan selama 1thn bersama baru2 ini terjadi kambuh 2kali, itupun disebabkan beban pikiran, dan sampai sekarang istri saya tdk ada konsumsi obat2an dalam kehidupan sehari-harinya pun normal. tolong untuk share nya… sekali lagi terima kasih.

  14. 6bulan yg lalu saya 2x pingsan.gjala awal yg saya rasakan.ingatan mulay kabur,pandangan serasa brkunang2.kseimbangan tubuh tdk stabil(serasa mlayang),tubuh srasa baal(tidak brasa),kpala mulay brat.stlah it sy pingsan,n kata orang yg liat,saya kjang2 sbntar,n pandangan sprt mlht Katas.sdkt mnglwrkn liur n rahang trkatup.stlh sadar saya tdk ingt p yg trjd.n kjadian it trjdi dlm jrk jwh n dr 6bln kblkng saya pingsan 2x.n sudah dEEG Kata dktr syaraf it gjala epilepsy.yg saya tanyakan olahraga apa yg dapat membantu penyembuhan epilepsy?n apakah obat herbal dpt mmbantu pnymbuhan?

  15. saya ce umur 26thn, saya mengidap epilepsi udah lama, udah ke dokter + makan obat tapi gak sembuh2 juga, saya sampai minder dalam soal pacaran, gimana biar saya bisa sembuh dari penyakit ini ya???

  16. Hi,
    Thanks untuk infonya.

    Saya ingin memberikan beberapa masukan info karena sepertinya ada beberapa tips yang mungkin malah akan membahayakan orang dengan epilepsi.

    Kaki dan tangan jangan diikat erat karena malah meningkatkan resiko cedera pada saat bangkitan terjadi.

    Waktu terjadi bangkitan, harap dibaringkan ke samping, jangan terlentang karena terlentang dapat menyebabkan tersedak.

    Jangan masukkan sendok karena malah akan mencederai mulut bahkan mematahkan gigi yang akan meningkatkan resiko tersedak.

    Penderita epilepsi biasanya akan sadar sendiri, jadi cukup ditemani dan pastikan dia ada di tempat yang aman (jauh dari api dan air, atau dari resiko terjatuh).

    Epilepsi bukan penyakit menular sehingga tidak ada masalah jika terkena air liur dan cairan tubuh lainnya.

    Terima kasih banyak.

  17. permisi…
    saya mau tau obat buat penyakit Epilepsi apa??
    soalnya kaka saya sejak umuran 5 tahun sudah terkena penyakit ayan orangtua saya sudah membawa nya kerumah sakit dan bermacam-macam obat di berikan tapi tidak juga sembuh, sekarang kaka saya berumur 28. bertahun-tahun dia lalui dengan penyakit ini. tolong kasih solusinya untuk kesembuhan penyakit ini.
    orang tua saya sudah putus asa dengan keadaan kaka ku.
    by. aya

  18. Lebih bagus sayur-sayurannnya yang organiuk yaitu makanan organik makanan yang bebas dari zat-zat kimia (pepstisida) maupun zat pengawet, pewarna dan perasa…namanya Greenfiled Organik dari Melilea…

  19. Untuk tau lebih jelas ttg epilepsi, buka http://www.epilepsiindonesia.com .
    Sy juga ibu dari seorang anak perempuan umur 1thn yg epileptik(penderita epilepsi). Stlh membaca ttg apa itu epilepsi..dan anak sy epileptik. Sy jd tau..ternyata penyakit ini bukan penyakit menular atau penyakit menjijikan seperti yg orang awam pd umumnya sangka2. Justru sangat kasihan sekali, epileptik yg awalnya sehat,segar bugar, secara tiba2 jd tidak berdaya krn kejang2 tsb. Epileptik tdk boleh kecape’an, kegerahan,kedinginan-, tdk blh stress, dan hal lain yg bs menyebabkan kerja otaknya berlebihan sehingga listrik di otak pun berlebihan. Menyerang syaraf,otot, kesadaran si penderita. Jd yg harus dilakukan orang sekeliling nya ,terutama yg sehat..justru sebisa mungkin ikut menjaga, bersimpati, tdk menjauhi. Penyakit ini tdk menular..

  20. Pacar saya adalah seorang penderita penyakit ayan. saya ingin bertanya, apakah penyakit ayan tersebut dapat menular pada saya ?
    Dan apakah benar kalau jika kita terkena air liurnya, kita dapat tertular ?
    Terima kasih..

    ^^

  21. saya Tomi, saya juga penderita penyakit epilepsi,
    epilepsi bukan lah penyakit yang menular,
    lagi pula epilepsi berbahaya jika si penderita sedang kumat dan berada di tempat yang berbahaya,
    baru epilepsi bisa berbahaya,
    tapi selain itu tidak ada yang perlu di khawatirkan.

    untuk admin,
    saya sudah menderita penyakit epilepsi sejak saya masih bayi,
    dan saat ini saya sudah menginjak 20 tahun.
    tetapi ada perbedaan pada apa yang mbak tulis dengan saya pada saat saya kumat,
    saat saya selesai kejang2 saya hanya merasa tubuh saya mati separuh,
    tetapi saya bisa melaksanakan aktifitas seperti biasa hanya dalam waktu kurang lebih 15-20 menit kemudian.
    apa yang seperti itu masih bisa di sebut epilepsi???

  22. mf “sy jg memiliki ortu yg menderita epilepsi,sebelum kejang tiba ditandai dg mulas,rasa gelisah,panas dipingang’dan susah makan kadang setelah kejang hy sakit pd badan tapi tiak dikepala apa ini bkn trmasuk epilepsi kronik?trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s