Palumara (Sulawesi Tengah)


Bahan :
500 gr ikan kakap (dipotong dadu)
500 cc air asam (5 buah asam masak)
1 sdk makan minyak kelapa
1 batang sereh
Dihaluskan :
5 buah cabe rawit
10 buah lombok keriting
1 ruas jahe
Garam secukupnya

Cara membuat :
Ikan kakap dibersihkan, masukkan ke dalam panci, masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan air asam, minyak kelapa serta sereh.
Dimasak hingga mengental.
Siap disajikan…
Maknyusss.. !! : p

Iklan

19 pemikiran pada “Palumara (Sulawesi Tengah)

  1. PalluMara bukan Palumara bukan masakan dari Sulawesi Tengah tapi merupakan masakan khas Makassar demikian juga dengan Utakkelo adalah Masakan orang Bugis semuanya dari Sulawesi Selatan. Sekedar koreksi ajha…di Sulawesi Tengah kebanyakan penduduknya dari Bugis dan Makassar sehingga masakan ini juga ditemukan disana.

    1. bugis dan maksar memang bnyak di kota palu,sulawesi tenga.tapi kurang banget yg suka makan utakelo,apalgi cara buat palumara khasnya kaili.
      palumara memang bersal dari mana saja,tapi dengan beda” resep dan nama,kalu bungku bilang palumarah itu syur ikan kalu orang sumatra,,yach sayur sumatra..kalu bugis ngga tw juga y,,abis banyk bugis yg masih binggung cara buatnya..apalgi pake resepnya kaili…

    2. Mana Ada, Palumara itu dri Sulawesi tengah itu palumara terbagi 2 kata “palu”dan”mara”. palu artix ya kota palu yg di tinggali suku kaili dan mara itu diambil dri klo org marah mukax tuh masam, makanx rasanya asem” gimana gitu😂. Juga klo “Uta Kelo”, udah jelas” itu bahasa kaili “uta=sayur” “kelo=kelor” masa kau bilang dri makassar, klo mmng itu yg nemu org bugis ya pasti dinamakan dri bahasa bugis “kaju kelo”… jdi jgn ngaku” deh. Dri dlu jg suku asli palu ya kaili, bugis itu pendatang. Kecuali itu coto makassar nah itu bru kau punya, kau ambil sj itu tdk usah ambil org lain punya… OKEE…. 👍👍

      1. pallu mara itu dri makassar.. sama hal.y pallu basa ama pallu butung.. klo palu mara dr kata kota palu dan marah.. jadi pallu basa artinya kota palu yg basa dong.. trus palu butung apa arti.y d sulteng?..

  2. lawa taipa itu bukan masakan Sulawesi tengah tapi makanan orang palopo selatan ( Sulawesi selatan ).
    Itu makanan enak disajikan dengan kapurung dan BETE TUNU.
    Dau ka aku-aku mane. ( Jangan asal ngaku yah )

  3. yg dari palu itu yah PALUMARA karena hurup L cuma satu, Kalau memakai L 2 itu baru dari Sulsel, kenapa dikatakan Palumara kerena masakan tersebut mempunyai rasa yg sangat pedas, makanya setelah orang selesai makan kelihatan, orang tersebut seperti habis marah sebab kepedesan dan mandi keringat.

  4. jangan debat asal-usul yang penting made in Indonesia soalnya saya orang jawa bisa juga kok buat pallumara tanpa membaca resep cukup saya rasa dan saya amati bahan yang ada dimangkuk (dipolewali waktu itu) besoknya buat langsung jadi ………. yang jelas gue suka banget ama tu barang dan sampe sekarang sering buat ya walo bumbu agak dimodif dikit tambah aja daun sop, daun bawang, bawang bombay, daun jeruk purut kalo ada, plus lombok biji 100 butir dihambur diatasnya (yang hijau) biar nendang

  5. “perasaan sop palumara itu bukan dr sulawesi tp dr makasar”,soalnya aku pernah bekerja di seafood khas makasar”,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  6. Palumara itu berasal dari Palu dari namanya saja sudah jelas PALUmara, kalau dari Makassar itu namanya mungkin Makassarmara… munculnya Palumara di sulewesi selatan karena orang bugis yg merantau di kota palu (sulteng) setelah kembali ke kampung halamannya lalu membawa resep masakan itu ke Sul-sel.
    Uta kelo juga berasal dari sulawesi Tengah yg dibuat dari daun kelor dan ditambah santan kelapa, Kelo berasal dari bahasa daerah penduduk asli kota palu dan sekitarnya. Penduduk asli kota palu sangat menggemari masakan yg bersantan, sedangkan kita tahu suku bugis tidak terlalu suka dengan sayur yg bersantan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s