Soto Grombyang (Pemalang)


Bahan:
500 gram daging sandung lamur, dipotong kotak2 cm
50 gram kelapa setengah tua, dikupas lalu diparut kasar
3 sendok makan taoco
2 lembar daun salam
3 batang serai, dimemarkan
1500 ml
5 sendok makan bawang goreng

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah kluwek diambil dagingnya
1 sendok makan + 2 sendok teh garam
3 sendok teh gula merah

Cara membuat :
1. Sangrai kelapa parut hingga kecokelatan, sisihkan.
2. Rebus daging, taoco, daun salam, serai, kelapa sangrai, dan bumbu halus.
3. Masak sampai bumbu meresap dan daging lunak.
4. Sajikan dengan bawang goreng.

Untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

Iklan

21 pemikiran pada “Soto Grombyang (Pemalang)

  1. Kapan nih resep nasi grombyang nya muncul….kata Nenek waktu tinggal di Pemalang, ueanaak banget. Apalagi pas lagi laper-lapernya. Aku jadi gak sabaran pingin tau. Ada gak resep tradisional nya nih… Makash yaa…Qqy tunggu loh…Resep Masakan Khas emang JEMPOLAN.

  2. selain nasi gronbayangnya yang khas,gue juga mau ngenalin tempat berwisata juga banyak salah satunya di pantai jaka tingkir atau pantai Nyamplung…….G kalah sama pantai widuri lho

  3. Hey Guys kapan nich mau main lagi ke pemalang.mangnya ga kangen sama suasana dan enaknya makanan khas pemalang.atau gue kenalin resto yang nyaman dan makanannya uenak2,ada ……….
    kebon bamboe di comal tempatnya nyaman dan asri lho loe2 mesti nyabain dech pasti ketagihan.

  4. wah…saya orang asli tegal yg uda merantau sejak lama. kangen sekali sama grombyang (kalau di Tegal jadi gombyang). Kapan2 saya coba buat sendiri deh…

  5. emang ok banget grombnyang, aku asli banyumas tapi waktu aku main ke pemalang aku nyicipin masakan yang namanya grombyang itu wah ketagihan tenan pokoke mak nyossssssssssss….!

  6. grombyaNg pemalang emang top abiezzz…
    tiap pulaNg ke pemalang aku selalu nyempetin mampir bwt makan nasi grombyang ( di siranDu tepatnya).

    tHank”s bwT resepnya…
    jaDi bisa nyoba bwT grombyaNg sendiri…

  7. wwiiyyyy jadi kangen nehh pengen makan grombyang, ini salah satu fav yang selalu diburu kalo pas mudik kesono, abis itu makan gorengan deket alun-alun pulang2 naik becak kekenyangan mpe susah jalan hehehe…tengs ya resepnya

  8. tolong kasih tahu dong kalau mau pesan ikan irisan tenggiri asap Pemalang kemana ya tlp nya,dpt kirim ke Jakarta nggak ya (kan ikan asap tahan) nanti ada ongkos kirimnya, aku tunggu,tks

  9. Pengen mengembangkan soto grombyang di Surabaya…bersaing dengan rawon tapi tetep 1 makanan khas Indonesia ko..

    dari mana mulainya ya???

  10. grombyang top markotop gromyange warso, tp ada tpt makan enak d pml namanya wts (warung tengah sawah) menune ikan bakar n lalapan letaknya di daerah jebed terus ke sekltan arah penngarit tempate enak dan luas, sing jelas rasane mak nyus makane di tengah sawah pokoke enak sung yakin rasane ajiib!!!!!!!!!!!!!

  11. de ujan-ujanan naek motor dari bumijawa ke tegal terus ke pemalang demi grombyang,di karenakan istriku lagi ngidam huhuhuuuuuuuu akhirnya jatuh cinta dengan ggrooombyang,makasih yahresepnya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s