Mi Ongklok (Wonosobo)


Bahan :
750 ml kaldu daging
3 sendok makan tepung kanji
3 sendok makan kecap manis
300 gram mi basah
100 gram kol, iris kasar
10 pohon kucai, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan kaldu lalu kentalkan dengan air sagu. Biarkan mendidih. Angkat.
Masukkan mi dan kol dalam saringan lalu rebus sambil diongklok atau dikocok sampai matang.
Masukkan mi dan kol ke dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Taburkan kucai. Sajikan panas.

untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

Iklan

22 pemikiran pada “Mi Ongklok (Wonosobo)

  1. pake kaldunya bukan kaldu ayam ya??
    trus bumbunya apakah cuma itu?? saya pikir ada rempah2 lain…seperti yg saya coba di wonosobo

  2. Yang pasti enak banget bikin kangen sama rumah…. apalagi kalo jauh gini di Pontianak, tiap pulang pasti nyempetin beli mie ongklok, dan sate yang khas wonosobo….. yang ga suka kayaknya Rugi dech

  3. wuah,omongin mie ongklok WSB,
    bkin aku ketagihan pulang ki?
    apa lagi klo uda du2k antri ma sobat aku mienya dateng uyssss,,,wah…..
    bru aj suguhpesan atuh lg mase,,,,,,,,,
    ak twar jg sobat mau sabrapa kamu?
    manut,iji,loro/telu!
    iji maneng bae-bae aja Bos.
    kocak mie nya atu,busyeeeet bukan ak nie yang ketagihan kamu libih parah lg,wuaduh blandare bangkrut yae?
    bgto santap2 huufffft,dua kli lalap dalam tenggakan atu porsi bro>
    weleh-weleh emang emak nyoooooos?
    kbar waktu lebaran o9
    lokasi alternatif nglongkrang?

  4. wah yg namanya mie onklok itu mak nyus bgt…gara2 pingin makan mie ogklok tak bela2in balik jkt lewat selatan..krn dah kangen buangeeet…dah lama cari2 resep eh baru nemu…cuma sayang ya kenapa dijkt gak ada yg jual….hidup mie ongklok…lebay mode on*

  5. Saya sekali ke Wonosobo, dan waktu jalan2 dekat hotel tempat saya menginap ada orang jualan mie ongklok, saya coba makan sama anak saya, eh ternyata rasanya eunaaak tenan, cocok di lidah saya dan anak saya . Dan puasa-puasa gini saya kangen pingin mie ongklok, untung ada resep ini boleh saya coba ah, next time insyaallah saya sambangi mie ongklok yang asli di wonosobo yang rasanya mak nyuss.

  6. mi ongklok bikn kangen… Udh lama bangt ak g makn mi ongklok,sampai aku ngidam mi ongklok n kebetulan d sala tiga ga ad mi ongklok,sampai2 aku bikin pk resep asal2 jd.. Hahahaaaa abis gmn lagi wakt it ak blm tahu resepnya.

  7. mie ongklok mak nyuss…. Ok bgt, kmren AQ dr wnsobo stiap kewarung mie ongklok slalu pnuh, akhirnya aq mkn mie ongklok diwrung tenda yg spi, tp stelah aq slsai mkn wrung itu lngsung diserbu ma rmbongan dri JKT. Mreka sma sprti aq nora.. Krn blm prnh mkn mie ongklok. Pas mw blik ke JKT Diterminal aq keliling cr tkng mie ongklok akhirnya nemu jg. Slam perpishan ma mie ongklok. Entah kpn lg aq akan ke wnsobo…???

  8. ohhh… Y… 1 lgi ucpan trima kasihku buat pacarku, krna berkat dialah yg memperkenalkan aku dgn mie ongklok. Dia sbar bgt kelilingi kota cri mie ongklok yg enak buat aq. Mungkin klo suatu hri aq menikah dgn dy, mungkin s’tiap thn aq akan slalu mkn mie ongklok. I love U… parno, I Lov mie ongklok, I Lov wonosobo

  9. aku lg hamil 3 bln nih kpgn bgt mie ongklok cuman aku skrg lg di clcp di sini ga ada yg jual,,btw resep nya bs dicoba..smoga hasilnya nanti rasa nya mak nyusss ky yg ada di wonosobo bnran…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s