Cumi Teutumeh (Aceh)


Bahan :
500 gr cumi-cumi, potong bulat 2 cm, kerat salah satu sisinya
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
800 ml santan
2 bh asam sunti
3 bh belimbing sayur
5 bh cabai rawit merah
5 bh cabai rawit hijau
Minyak untuk menumis

Haluskan :
6 bh bawang merah
2 siung bawang putih
4 bh cabai merah
1 cm kunyit
2 cm jahe
1 sdt lada
1 sdt garam

Cara Membuat :
1. Campur cumi dengan air jeruk nipis, diamkan selama 20 menit, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan cabai rawit merah dan cabai rawit hijau, masak hingga layu.
3. Masukkan cumi, aduk rata, masukkan santan, asam sunti dan belimbing sayur, aduk , masak hingga cumi matang dan santan agak mengental, angkat.

Untuk 6 orang
Sumber : Nova

Iklan

5 pemikiran pada “Cumi Teutumeh (Aceh)

  1. saya senang sekali dengan masakan cumi tapi saya ga bisa cara memasaknya tolong donk jelaskan resepnya katanya sih masakan cumi itu nikmat sekali apa bila pintar masaknya makasi

  2. masak cumi sebenarnya gampang kok,,,
    resep diatas pake lada,,,pasti enak..
    saya biasanya pake ketumbar,,enak juga lho..hehe..

    pertama cuci dulu cumi nya (tinta cumi nya juga dibuang),,,,trus kalo uda bersih di peras jeruk nipis dan tambah garam secukupnya, diamkan 10 menit, biar ga amis n berasa nantinya….

    trus bumbu yang uda disebutin di atas di blender,,

    trus panaskan minyak makan 4 sdm, masukkan bawang merah yang sudah dirajang halus, tunggu sampai sedikit merah lalu masukkan daun temurus (kalo ada), lalu masukkan bumbu yang sudah diblender tadi….

    tumis bumbu yang sudah diblender tadi, aduk2 beberapa menit lalu masukkan cumi nya,,tunggu beberapa menit agar sedikit meresap bumbunya lalu masukkan santan,,aduk2 dan tunggu sampai matang,,hehe,,,kalo mw tambah kentang juga enak loohh,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s