Pepes Ikan Mas Bumbu Iris (Manado)


BAHAN :
500 gram ikan mas, dibersihkan
1 ikat daun kemangi
2 tangkai serai, dimemarkan
2 lembar daun salam
10 buah cabai rawit utuh
2 sendok teh garam
2 sendok makan minyak goreng
daun pisang untuk membungkus

BUMBU IRIS:
1 buah tomat
10 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah

CARA MEMBUAT:
1. Campur bumbu dengan ikan mas, daun kemangi, serai, daun salam, cabai rawit, minyak goreng, dan garam. Bungkus dalam daun pisang.
2. Kukus di atas api kecil selama 5 jam agar tulang lunak dan bumbu meresap.

Iklan

7 pemikiran pada “Pepes Ikan Mas Bumbu Iris (Manado)

  1. Halo Mbak…..of mbak..mbak…aan….Siapa yg ciptaiin resep ini, bukan asal Manado, krn kalo asli manado kagak pake2 Daun Salam.Daun kemangi, daun bawang, daun pisang itu udah tradisi manado, tapi kalo pake daun Salam itu Jowo…jowoaan.Tolong jgn sok pintar buat resep, tapi bego…dan tolol.

  2. Wah, resep Manado rasa Jawa, saya ini orang Jawa punya istri Manado, tapi kok dia gak pernah masak pake salam, laos dan serai, kalo cabe wah buanyaaaak !

  3. Hallo ,
    Saya juga penggemar masakan Manado/org Manado , saya setuju dgn komentar dari asli manado 28/02/2008, bhwa “masakan manado tdk pernah menggunakan bumbu salam”.

    Dag.,
    Tangkilisan

  4. yg saya tau resep makanan manado jarang sekali memekai daun salam apalagi yg namax pepes………jangan2 yg nulis resep ini bukan org manado tp org “JAWA”

    betul toh kawanua??????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s