Kerak Telur (Betawi)


Bahan :
100 gr beras ketan putih, dicuci bersih dan direndam dengan air kurang lebih 2 jam
4 butir telur bebek
4 sdm bawang goreng
4 sdm serundeng
4 buah cabai rawit, iris halus
2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir
4 sdm ebi bubuk

Cara membuat :
Panaskan penggorengan kerak telur hingga cukup panas.
Masukkan satu sendok makan sayur ketan yang sudah direndam beserta airnya (sekitar 50 gr), tutup dan masak kurang lebih 2 – 3 menit.
Buka tutupnya, kemudian beri 2 butir telur, 2 sdm bawang goreng, 2 sdm serundeng, 2 sdm ebi, 2 buah cabai rawit, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk dan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata.
Ratakan disisi penggorengan kurang lebih berdiameter 20 cm, tutup dan masak kembali hingga harum
Balik penggorengan kerak telur hingga terjilat api dan permukaan atas harum terbakar.
Lalukan cara yang sama untuk bikin kerak telur yang berikutnya. Sajikan.

Untuk 2 porsi.

Iklan

42 pemikiran pada “Kerak Telur (Betawi)

  1. Saya udah coba n’ enak banget loh:-) serasa bernostalgia ke masa kecil aku nginep di rumah nenek trus dikasih makannya pake kerak telor tapi ketannya dibanyakin,biar kenyang katanya.thanks yah

  2. aku pengen banget makan kerak telor..tapai katanya cuma ada setahun sekali…jadi gimana nih…cacing2 di perutku udah mulai kelaperan

  3. Kerak telor ini bikin anak saya penasaran. Sementara di Bali belum ketemu sama makanan ini. Jadi, iseng-iseng cari di internet. Boleh dicopy resepnya untuk dicoba ya? Kalo sudah jadi, nanti di-komen lagi. Tks…..

  4. Hai.. Aku dari salah satu Public Relation Agency di Jakarta. Love the blog. Boleh minta alamat email/HP untuk dihubungi? Tinggal kirim email ke aku yah.. Thank you so much 🙂

  5. kita dilarang berkata tdk bisa..
    Klo beloem dicoba, mkanya..
    Cobain bikin kerak telor asli betawi…
    Mannnnnnnteeeeepppp… Pisan euy,,,,
    :/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s