SOTO AYAM AMBENGAN


Bahan :
1 ekor ayam
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
1.5 liter air
2 sdt garam
50 gram udang, goreng, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan

Bumbu haluskan :
6 siung bawang putih
2 cm kunyit
1/2 sdt lengkuas bubuk
1 cm jahe
2 sdt merica bubuk
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
200 gram soun, seduh air mendidih, tiriskan
3 batang daun bawang
3 batang daun seledri
5 butir telor, rebus, potong-potong membujur
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit
Kecap manis sesuai selera
Poyah

Sambal haluskan :
15 cabe rawit, rebus
Garam secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya

Cara membuat :
1. Ayam direbus bersama dengan serai, daun jeruk, dan garam hingga lunak.
2. Tiriskan ayam, goreng hingga kecoklatan lalu suwir-suwir.
3. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ke dalam kaldu.
4. Tumis bawang merah halus sebentar lalu campur dengan udang sampai harum, masukkan ke dalam kuah.
5. Sajikan soto dengan cara: taruh daging ayam, soun, daun-daunan, telor, ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah. Beri perasan jeruk nipis. Taburi dengan bawang goreng dan poyah.

Cara membuat poyah :
Krupuk udang dicampur dengan bawang putih goreng, lalu dihaluskan dan ditambah dengan sedikit garam dan gula serta bumbu penyedap secukupnya.

Iklan

12 pemikiran pada “SOTO AYAM AMBENGAN

  1. Sebenarnya nama Ambengan itu jln. Ambengan letaknya di Surabaya. Karena yg jualan itu sudah lama dan terkenal mereka gampang penyebutannya. Orang Sby itu suka makan enak. Kalu kita tanya beli di mana soto tsb. Di Ambengan Sampai kini namanya soto Ambengan biar mudah mencarinya.

    Tapi di emperan atau kaki lima di Surabaya, semua soto Ayam ya begitu. Kecuali kalu gak ada poyah itu biasanya dari daerah lain.

  2. terimakasih resepnya, saya tinggal di amerika tengah, susah cari lengkuas, alhasil ganti dengan oregano (sedikit saja), ternyata tetep enak.. cuma gak bisa buat poyah, gak ada kerupuk udang disini. kalo ada yang tahu cara bikin kerupuk udang or kerupuk merah, kabarin yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s