Soto Lamongan


Bahan :
300 gram ayam kampung
1.500 ml air untuk merebus
1 cm lengkuas, memarkan
2 butir cengkih
1 tangkai serai, memarkan
garam secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
1/2 sendok teh merica
1 1/2 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri

Pelengkap :
100 gram taoge
50 gram soun, rendam
100 gram kol putih, iris halus
2 butir telur rebus, belah dua
1 sendok makan bawang putih goreng
jeruk nipis
sambal cabai rawit
kecap manis

Cara olah :
Rebus ayam bersama lengkuas, cengkih, serai, dan garam.
Sementara itu buat bumbu halus, kemudian tumis hingga harum, masukkan dalam rebusan ayam.
Angkat ayam kemudian suwir-suwir. Sisihkan.
Tata dalam mangkuk, taoge, soun, kol putih, ayam, telur rebus, dan tuangi dengan kuah.
Lengkapi dengan sambal cabai, kecap manis, jeruk manis, dan taburi dengan bawang putih goreng.
Untuk 5 porsi.

Iklan

30 pemikiran pada “Soto Lamongan

  1. bahkan yang saya temui ,bukan krupuk yang dihaluskan malahan kelapa parut disangrai (srundeng) yang dihaluskan lalu ditaburkan pada racikan yang siap saji …sedaappp lho !!!!

  2. Ada satu bumbu penting yang lupa ditulis dalam resep soto di atas. DAUN JERUK PURUT. penting banget nih, soalnya ga sedap kalau ga pakai daun jeruk.

  3. Mau lebih sedap?
    Kuah: + udang rebus (sama kulitnya)diblend. Taburi: krupuk udang+bawang putih goreng yang digerus bareng.
    selamat masak soto lamongan

    1. jelas beda klo soto madura pakai daging sapi klo soto lamongan pakai ayam kampung.bumbunya juga ada beda dikit yaitu klo soto daging pakai meniran alias beras di halusin lalu dicampurin ke kuahnya.klo soto lamongan pakai poya alias krupuk dan bawang putih goreng terus dihaluskan.kemudian ditaburkan diatas kuah sebelum dihidangkan

  4. saya pernah dibilangi sama penjual soto lamongan katanya biar kuah lebih enak selain di kasih kerupuk udang di gerus bareng katanya kuasnya di campuri ikan bandeng betul gak shi….maturnuwun.

  5. Gue mau buka warung soto, makasih atas resep soto lamongannya. Hatur nuhun juga atas komen-komen yang berisi saran untuk menambah sedap sotonya.

  6. saya dapat tugas, bagaimana cara mengelola bisnis/usaha warung soto sehingga menjadi maju dan berkembang..bagaimana memanage nya mulai dari perencanaan,pengorganisasian,pengelolaan,pemasaran dan implementai evaluasi….tolong ya? bisa di post via e-mail ato website saya diatas. thanks

  7. bagi anda yg sedang mencari tempat usaha khusus untuk membuka depot soto lamongan kebetulan saya mengontrakkan tempat untuk depot soto lamongan.

  8. teman teman ada yg tau ga alamat penjual soto lamongan terkenal dan enak di kota lamongan?? kalo ada yg tau aku minta alamat jelasnya ya? kalo ada nopenya…. makasih…

  9. kuah soto kalo dicampurin bandeng emang mantapp (ini adalah resep baguss n jarang orang yang tau)…tapi saya kurang setuju kalo soto dikasi lengkuas atau laos (emang mau masak kare ayam)…tapi soto emang dikasi jeruk purut … selamat memasak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s