Ayam Penyet


Bahan :
1/2 kg ayam yang berkulit
100 ml air
1/4 sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :
2 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1/4 sdt ketumbar
Sedikit kunyit bubuk

Sambal :
1/4dt garam
1/2 sdt gula pasir
5 cabai rawit merah
Sedikit terasi
1/2 buah tomat

Cara olah :
Campur ayam dengan bumbu halus, merica bubuk dan air. Masak dalam wajan tertutup sampai air habis. Dinginkan.
Ulek garam, terasi, gula dan cabai rawit merah, kemudian tambahkan potongan tomat,tekan-tekan supaya tomat agak hancur.
Goreng ayam dalam minyak panas sampai agak kering.
Panas-panas, taruh ayam dalam cobek, tekan dengan ulekan.
Hidangkan dengan nasi panas dan lalapan.

Iklan

42 pemikiran pada “Ayam Penyet

    1. heran ya, di indonesia, malaysia diburukin bangsa pencuri segala, tapi di malaysia, ramai indonesian merampok dan buat jenayah berat tidak dilaporkan media ind.. amalan yang dibawa oleh penduduk nusantara dari wilayah indonesia sudah lama wujud di malaysia sebelum wujudnya malaysia atau indonesia sendiri.. bgimn pula dgn bahasa indonesi yg diceduk dari tamadun melayu melaka, setau gue indonesia bahasanya bugis, jawa, makasar, banjar, tidung, bajau, jambi, padang, dan bermacam lagi bangsa tapi memilih untuk mengambil bahasa melayu yang asalnya berkembang semasa melaka meluaskn empyarnya lama sebelum indonesia dan malaysia wujud.

  1. salam, saya dari Malaysia, gemar banget makan ayam penyet. di malaysia harganya RM6.00 = 15000 rupiah. mahal ngak? saya pun ingin mencobak masak sendiri, tapi, ngak berapa tahu maksudnya merica and terasi tu apa ya dlm bahasa English nya? makasih. saya suka bangat cerita PUTERI YG TERBUANG.

      1. bersyukurlah rakyat ind dtang ke mlysia di lyan dgan baik..dberi pkerjaaan..x pyah nak kutuk2…kamu yang kutuk malaysia,sedarlah diri..jgan jadi bangsa yg x kenang budi

    1. mahal tu sis..tapi harga yang sis letak tu standard harga ayam penyet kat restaurant la.. kat warung biasa boleh dapat bawah rp10 000..hehe. terasi tu belacan…merica im not so sure.. 😀

  2. Fantastik..aku kepengen coba deh ni resep…tapi seingat aku ayam penyet itu minus kulit lho..terakhir beberapa tempat di Medan yang aku pergi coba ayam penyetnya..semua tanpa kulit..that means good..healthier no cholesterol.

  3. First time saya makan ayam penyet ni mmg cukup best. saya jumpa makanan ni kat Pasir Gudang Johor. Orang Indonesia yg jual. memang sedap terutama skali sambal belacan tu. Saya tak faham cara nak masak ayam tu. ayam tu kene masak dgn air dulu sampai habis lepastu baru goreng?

    “Campur ayam dengan bumbu halus, merica bubuk dan air. Masak dalam wajan tertutup sampai air habis. Dinginkan.
    Ulek garam, terasi, gula dan cabai rawit merah, kemudian tambahkan potongan tomat,tekan-tekan supaya tomat agak hancur.
    Goreng ayam dalam minyak panas sampai agak kering. “

  4. Pilih ayam kampung yang tidak terlalu tua, rebus/presto dengan bumbu halus dan air kelapa sampai empuk dan air menyusut, goreng sampai kering. ( bumbu halus : kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, gula, daun jeruk limau, kemiri)
    resep sambal belacan/terasi versi mentah: haluskan cabe rawit cabe merah besar terasi garam gula, tomat (bisa diganti serutan mangga muda)
    resep sambat belacan/terasi versi matang : goreng sebentar cabe rawit,cabe mwrah besar, tomat, bawang merah. Haluskan semuanya ditambah garam, gula, dan terasi

  5. Setahu saya, ayam penyet itu tidak pakai santan, bisa jadi gulai donk!, cukup resep diatas saja, pakai panci biasa, kalau pakai presto nanti terlalu lunak.
    its very easylah…di Batam almost every corner you can get it.

  6. wajan dan cobek, maksud nya apa ya.. in english or malay.. lagi satu kapan ayamnya di penyet kan, atau di smash sbb ayam tu nampak penyet sikit

  7. Aku mo coba untuk buka puasa nanti… Anak2 suka sekali… Tapi kalau beli biasanya Ada keremesnya… Ada yang tahu Cara membuat keremesnya ? Terimakasih….

  8. Buat temen2 dari Malaysia..

    cobek = lesung batu.
    wajan = kuali
    panci = periuk
    merica bubuk = serbuk lada sulah (putih)
    terasi = belacan
    Ulek = tumbuk (dengan lesung batu)
    tomat = buah tomato

  9. gw pernah merantau disekitaran malaysia, disanalah pengalaman saya paling buruk. 90% orang sana ga tau malu, bermuka dua, pokoknya sifat orang sana jelek sejelek2nya orang….
    klo menurut saya ga punya harga diri…

    1. My favorite too…

      Menurutku sambel untuk ayam penyet itu tergantung selera…. kalau di indonesia membuat ayam penyet bisa dengan sambel terasi/belacan, sambal bawang, sambal ijo atau sambal mangga…

      Sebenarnya yang membedakan adalah bumbu ayam dan cara memasak dengan “mengungkep” = ayam direbus/presto dengan bumbu dan air/air kelapa sesuai selera sampai air habis baru kemudian digoreng.

      Sementara asal kata penyet sebenarnya lebih karena penyajiannya. Saat disajikan ayam biasanya “dipenyet” = ditekan diatas sambal dengan ulekan sampai agak gepeng . Arti kata “penyet” sendiri adalah gepeng atau pipih karena ditekan.

      Mudah-mudahan menjadi tambahan untuk sesama penggemar PENYET!!

  10. Wah, di Malaysia suka ayam penyet juga ya? Eh kok ada orang malaysia yang bilang bahasa indonesia dari bahasa melayu malaka, aduh.. Kamu jng salah di Indo ada banyak bahasa daerah termasuk bahasa melayu, bahasa indo di ambil dari bahasa melayu RIAU,Riau adalah PUSAT budaya melayu, riau terpisah dari Johor dan Malaka. Kamu jgn sembarangan ngomong. Nanti orang riau mrh loh

  11. wahhhh,,,,jumpa dehhh resep ayam penyet wlaupun dahhh dering msakkk tpi nmbahhh ilmu ,,,heheheheh

    diungkep pke air kelapa mantapp tuhhhh n sambelnya dkasihhh asam jawa dikit,

  12. kenapa ya ribut trus dgn malsya, melayu tu bkn bhs malasya aja. sy asli bangsa indonesia, tapi asli jg suku melayu Tamiang, bhsa pun mirip benar dgn bhasa malasya. di langkat medan itu asli suku melayu indonesia, istana maimun medan itu asli dari dulu punya sukumelayu indonesia, bukan malayasia punya. kalau tak faham jangan suka hina bangsa indonesia, bersyukurlah bngsa malaysa di bantu kerja oleh bangsa kami, kalau tidak capek jg kau itu, kt sama2 memerlukan , tak usah sok lah

  13. saya ingin cuba ayam penyet ini… tp bila dibaca komen2 yg ada disini saya kesal… kita serumpun.. perbezaan walau ada tapi amat kecil persennya.. macam kuman je… saya takut kita yg saling bergaduh tapi kuasa asing yang ambil kesempatan. sedangkan kamu tak ambil iktibar dari sejarah.. penjajah barat yang memisahkan kita semua..sedangkan kita ini serumpun.. jgn saling menghina… kamu semua ini ibarat ikan laga… sepatutnya kita boleh hidup rukun .. fikirkanlah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s