:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Gurame Asem Manis


Bahan:

1 ekor (1 kg) ikan gurame, dibersihkan dan buang isi perutnya

2 sendok makan tepung kanji

½ sdt. garam

minyak goreng secukupnya

Bahan untuk saus:

500 gram tomat merah

150 cc air

1 sdm maragrine

3 butir bawang merah, iris tipis

2 siung bawang putih, iris tipis

3 cabe merah, iris tipis memanjang

4 cm jahe, iris tipis memanjang

10 batang lokio

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

1 sdm cuka

1 sdm bumbu penyedap

4 sdm saus tomat botol

1 sdt tepung kanji, diaduk dengan sedikit air

Cara Membuat:

Lumuri ikan gurame yang sudah dibersihkan dengan campuran tepung kanji dan garam. Masukkan minyak secukupnya ke dalam wajan yang besar supaya seluruh ikan bisa masuk.

Kemudian goreng dalam minyak panas yang cukup banyaknya agar ikan tergenang dan tidak lengket di wajan.

Angkat ikan apabila warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan dan dagingnya sudah matang.

Cara membuat saus:

Seduh tomat dengan air medidih lalu diamkan sampai kulit tomat menjadi lunak. Hancurkan tomat lalu disaring dan buang ampasnya. Campur air tomat dengan 150 cc air.

Di dalam wajan panaskan margarine, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe sampai harum lalu masukkan lokio dan air tomat. Masukkan gula, cuka dan bumbu penyedap. Tuangkan saus tomat dan masukkan cairan tepung kanji. Masak sampai mendidih dan mengental lalu diangkat.

Hidangkan ikan gurame goreng dengan menuangkan saus ke atasnya.

Untuk 6 orang.

About these ads

15 Komentar»

  ellie wrote @

kayanya enak nih…mau coba ahhhhhhhhhhhh

  mustika wrote @

ini dia makanan kesukaan ku dan suamiku hehehe… tak cobane wes….

  naydaf wrote @

thanks resepnya yee…mau di coba ah

  Maya wrote @

Sudah saya coba resepnya, paaasss banget…maknyuss!!! top markotop…!!

  riawati wrote @

aqu segera coba ni anak paling suka yg begini an alis asam manissssss tq

  adi wrote @

wah ini aq bisa reques istriku buat masakan special

  lucky wrote @

lokio itu apa ya?

  yeriansyah wrote @

baru mau nyoba nih enak nga yah………

  asep wrote @

yap ini salah satu makana favourite ku . pokok nya satu gurame tuh bisa habis sama sendiri saos tu wah bikin ngileurrrrrrr… ada resep cara lain gak buat gurame asam manis ni soalnya ada yang pake saos tiram saos tomat ??????

  asep wrote @

terima kasih atas resepnya

  rudi hariyanto wrote @

waduh byk versinya, mau coba yg mana ya

  puji wrote @

nyem….nyem…nyem…. perlu dicoba neh…..

  Ce-tea wrote @

Aq mau coba ah.. Buat menu spesial buka puasa..

  jual karpet wrote @

nice nice nice

  khansa wrote @

lokio apa ya.. bs gk kalau gk pakai lokio??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Keinginan Untuk Terus Belajar Menggapai Ilmu

Pikiran Yang Labil Berakhir Ketidaksempurnaan Hasil Kerja

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

Ardichris's Blog

Just another WordPress.com weblog

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 325 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: