DENDENG IKAN


1. Dendeng Manis

     Bahan – Bahan :

1.

Ikan

100 Kg

2.

Gula Pasir/ Gula Jawa

20 Kg (20%)

3.

Garam

4 Kg (4%)

4.

Asam Jawa

5 Kg (5%)

5.

Ketumbar

1.5 Kg

6.

Laos

2,5 Kg

7.

Jahe

0,5 kg

8.

Bawang Putih

1 Kg

9.

Bawang Merah

1,5 Kg

 

 

 

   1. Dendeng Asin

    Komposisi bumbu yang digunakan sama dengan membuat dendeng manis kecuali jumlah gula yang dibutuhkan adalah 5 kg atau 5 %. Resep ini merupakan resep dasar dalam membuat dendeng ikan. Diverifikasi Penggunaan bumbu lain yang disesuaikan dengan selera konsumen dapat dilakukan antara lain penggunaan kunyit, kemiri, cuka dan bumbu – bumbu lainnya.

 

 

 

   3. Cara Pengolahan

a.

Ikan Kecil :

 

 

* Buang Sisiknya jika bersisik

* Potong Kelapa, Buang isi perut

* Boleh dari bagian perut sampai membentuk kupu – kupu

* Buang duri punggung sampai mendekati ekor

b.

Ikan Besar :

 

 

Ikan diambil dagingnya saja kemudian diiris / disayat dengan ukuran panjang 8 – 10 cm, lebar 4 – 5 cm dan tebal sekitar 0.5 cm.

c.

Pembuat larutan garam

 

Larutan garam dibuat dari 10 liter air dicampur dengan 2 kg kemudian diaduk sampai larut.

 

 

 

d.

Pembuatan Bumbu

 

   Bumbu dan rempah yang telah dipersiapkan dihaluskan. jumlahnya disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibuat dendeng. Presentase resep sebaiknya didasarkan atas berat ikan yang telah disiangi atau dipotong – potong.

     Gula dan bumbu halus dicampur sebelum digunakan jika akan membuat dendeng dengan bumbu ekstra maka bumbu yang sudah halus direbus dengan air sebanyak 30 liter ( untuk 100 kg ikan ) dan kemudian disaring. ekstra bumbu digunakan untuk melarutkan gula yang diperlukan. gula dilarutkan sambil dipanaskan dan penggunaannya setelah dingin.

 

 

   4. Proses Pengolahan Dendeng

a.

Penggaraman

 

Pengaraman ikan dimasukkan kedalam larutan garam dan direndam selama 15 -30 menit. lama penggaraman sangat tergantung kepada tingkat keasinan produk yang dikehendaki. hasil penggaraman ditiriskan beberapa menit.

b.

Perendaman

 

Perendaman ikan hasil penggaraman ditata dalam bak plastic sampai merata menutupi alas bak dengan sebagian yang tidak berkulit menghadap keatas kemudian ditaburi gula dan bagian bumbu. berikutnya ditata lagi ikan seperti diatas sampai menutup ikan yang telah diberi gula dan bumbu, demikianlah seterusnya berlapis – lapis ikan dan gula campur bumbu dan lapisan teratas adalah gula campur bumbu serta diberi papan penutup yang dilengkapi pemberat. lama perendaman 12 – 16 jam.

c.

Pengeringan

 

Pengeringan, Ikan hasil perendaman ditata diatas para – para

 

  

d.

Penjemuran

 

Penjemuran, dengan bagian yang tidak berkulit menghadap keatas. untuk dendeng setelah ikan hasil perendaman ditata diatas para – para ditaburi ketumbar halus dipermukaannya. lama penjemuran sekitar 12 jam, tergantung panas terik matahari. hasil penjemuran dibiarkan dingin sebelum dikemas agar tidak menimbulkan air kondensasi.

Iklan

5 pemikiran pada “DENDENG IKAN

  1. Salam kenal, mohon penjelasan (1)agar hslnya bagus jenis ikan apa yg cocok utk hslkean dendeng yg berkualitas(2)Bila ikan sdh dimasak kering masa inkubasinya berapa lama?. Tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s