Arsik Ikan Mas


Bahan :
500 gram ikan mas segar, tidak dibuang sisiknya
10 lonjor kacang panjang, potong 15 cm
3 cm lengkuas
3 buah kecombrang, dimemarkan
20 tangkai serai, dimemarkan
1 liter air
Andaliman secukupnya
BUMBU HALUS:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 cm jahe
4 cm kunyit
4 buah cabai merah
1 sendok teh garam

Caranya :
Lumuri ikan dengan bumbu halus.

Masukkan sebagian serai dan kacang panjang ke perut ikan. Sisa serai digunakan untuk mengalasi wajan hingga tertutup alasnya.

Letakkan ikan dan kecombrang di atas serai lalu tuangkan air. Tutup wajan dan masak di atas api kecil sampai air mengering.

Iklan

11 pemikiran pada “Arsik Ikan Mas

  1. Hi, kalo gak ada andaliman & kecombrang gimana nih? Ada gak bumbu sejenis yang bisa gantiin? “Secara” aku gak tinggal di Indonesia lagi, so gak bisa ngedapetin tuh bumbu.
    Thx ya

  2. mb’ Erna justru enaknya di andalima sama kecombrangnya. minta kirimin aja deh dari Indonesia….apa aku yang kirim… alamatnya .? lam kenal ya..

    makasih ya.. atas resepnya. jadi pengen pulang kampung…

  3. Ibu2 saya mau nawarkan ebook resep brikut, klo ada yg tertarik silakan email yas.teaching@gmail.com

    100 Favorite Weight Watchers Recipes
    1000 atkins diet recipes
    1001+ Low Carb Diet Recipes
    101 Recipes For The Deep Fryer
    111 EGG Recipes
    1200 Chicken Recipes
    200 Recipes for Italian Dishes
    200 Thai Recipes
    2000 + RECIPES FOR ENTERTAINING & FUN!

  4. koq gak pake asam cekala ya?? biasanya klo aku beli arsik ikan mas itu ada asam cekala.
    klo setau aku combrang itu masih bunga nya yang warna merah itu, klo asam cekala itu buahnya. seperti buah sawit gitulah..

  5. Haduhhhh aku di kalimantan udah nyari andaliman n kecombrang gak ada n gak ada yg tau lagi secara aku jg gak tau itu apa jd susah njelasinnya, bs diganti apa yah mba 2 bumbu itu?

  6. @ Aby : u di kalimantan di mananya??? andaliman tuh kan cuma ada di sumatera, jadi di kalimantan yah gak tau. (aq skrg tinggal di kalimantan n berasal dari sumatera) makanya aq tau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s