Mengatasi Kebiasaan Mendengkur


Banyak orang saat tidur mendengkur. Kebiasaan ini kerap kali membuat orang lain yang ada di sekitarnya terganggu.

Jika anda mempunyai kebiasaan ini tak perlu cemas, atasi dengan resep sederhana berikut ini : ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih, memarkan hingga pipih, masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu, aduk hingga rata, minumlah. Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut, jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok akan hilang.

Iklan

77 pemikiran pada “Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

  1. sebetulnya sy sdh tau resep tsb dari ibu namun
    resep tsb digunakan ibu sy u/obt biduran,batuk pd anak bkn u/atasi mendengkur…tp ya blh di coba u/org dewasa yg sk mendengkur mdh2 manjur

  2. wah, boleh juga infonya. aku coba deh.
    walaupun aku cewek, tapi aku punya kebiasaan mendengkur (aneh yach).
    mudah2an resep ini bisa ngilangin kebiasaanku mendengkur, apalagi bentar lagi aku merit, MALU ma suami nanti, apalagi kalo mpe ganggu tidurnya, Hiks……

  3. moga aja resepnya manjur, sy punya babe ngoroknya emang luaaaar…biasa, ceritanya nih dibelakang rumah ada rawa jd klo hari hujan banyak kodok trus saut-sautan dech ama babe…sampe oleh tetangga babe di julukin “si raja kodok” !!!

  4. Aku Punya kebiasaan yang lumayan Parah dalam hal mendegkur Selain Obat tradisional ada nda obat yang lain?
    selain obat ada cara lain menghilangkan mendengkur?
    Tolong DI jawab ya

  5. Beberapa kiat dari Dr. Susilaningrum, Sp. THT ini dapat dicoba untuk mengatasi kebiasaan mendengkur :

    * Mengurangi berat badan, bila mengalami kegemukan
    * Berolahraga secara teratur
    * Menghindari konsumsi alcohol
    * Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok
    * Menghindari konsumsi obat tidur dan obat penenang
    * Meninggikan kepala tempat tidur
    * Jangan menggunakan bantal yang tebal agar leher tidak menekuk

  6. 1. Mendengkur terjadi karena pada waktu tidur nyenyak, otot pada pangkal
    lidah, tenggorok dan langit-langit mengalami relaksasi, sehingga jaringan
    lunak dinding tenggorok menjadi lebih longgar. Dapat juga pangkal lidah
    bergeser ke belakang. Keadaan ini menyebabkan aliran udara pernafasan
    menjadi tidak lancar dan menimbulkan bunyi mendengkur di waktu tidur.

    2. Ada yang menguhubungkan terjadi mendengkur dengan faktor : usia
    (bertambah usia menyebabkan makin lemahnya otot tenggorok), overweight,
    amandel yang membesar, anak lidah yang lebih panjang, sumbatan di dalam
    rongga hidung, alkohol dan obat tertentu (penenang), tidur telentang
    menyebabkan lidah bergeser ke arah belakang.

    3. Mengatasi mendengkur :
    – kebiasaan hidup sehat : diet, istirahat dan olah-raga teratur.
    – mengatasi faktor seperti pada ad.2 di atas (tentu saja selain
    pertambahan usia).
    – coba dengan kebiasaan tidur miring.
    – periksakan ke dokter terdekat terutama bila mendengkur disertai
    gangguan pernafasan waktu tidur
    (sleep apnoea)

  7. Kebiasaan ngorok atau mendengkur seringkali mengganggu orang lain. Sebuah percobaan klinis tengah dilakukan untuk membantu jutaan pendengkur untuk menghilangkan kebiasaannya dengan berlatih menyanyi.

    Malcolm Hilton, seorang spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di Royal Devon dan Exeter Hospital mempelajari sebuah latihan yang dirancang oleh pengajar vokal Alisa Ojay.

    Mereka percaya bahwa latihan menyanyi akan menguatkan tenggorokan, yang dapat mencegah seseorang mendengkur atau kondisi serupa yang disebut disebut obstructive sleep apnoea (OSA).

    Seseorang yang mengalami OSA sering terjaga karena kadang-kadang berhenti bernapas di sela-sela tidurnya. Akibatnya konsentrasi menurun dan mudah mengantuk. Diperkirakan OSA menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya dan tekanan darah tinggi.

    Oleh karena itu, Hilton melakukan percobaan untuk mencari jalan keluar yang dapat mengurangi atau mencegah hal tersebut.

    Dari penelitin pendahuluan diketahui bahwa otot yang buruk di langit-langit mulut dan tenggorokan bagian atas merupakan penyebab dengkuran dan OSA. Sementara penyanyi profesional melakukan latihan untuk memperkuat bagian ini.

    Penelitian yang dilakukan oleh Alisa Ojay, pelatih vokal di Exeter pada 1999, dengan dukungan University of Exeter, menunjukkan bahwa latihan dapat membantu para pendengkur mengatasi kebiasaannya. Hasil dari penelitian ini adalah desain latihan vokal yang diperlukan oleh para pendengkur.

    Sekarang, Hilton menguji ide tersebut dengan melakukan percobaan terhadap 60 pasien pendengkur parah dan 60 pasien yang tidak terlalu parah. Setengah dari setiap kelompok dilatih vokal selama tiga bulan sedangkan sisanya tidak.

    Otot Tenggorokan

    “Jutaan orang memiliki kebiasaan mendengkur dan OSA,” kata Hilton. “Mendengkur mungkin tidak begitu berbahaya bagi seseorang, tapi kadang-kadang dapat menyebabkan gangguan yang lebih parah hingga membutuhkan bantuan medis. OSA lebih parah lagi karena bisa menyebabkan seseorang berhenti bernapas saat tidur.”

    Menurut Ojay, program menyanyi untuk para pendengkur yang disiapkannya, khusus ditujukan untuk bagian otot tenggorokan yang menyebabkan dengkuran dan OSA. Sehingga memberikan pengaruh yang langsung terasa.

    Para peneliti masih mencari para sukarelawan yang akan diteliti untuk membuktikan hipotesis mereka. Percobaan ini diharapkan akan selesai dalam dua tahun ke depan.

  8. hindarin makan lada ..
    soalnya kadang kala rempah2x macam lada bisa nyangkut ditenggorokan..
    jadi sebaiknya kalo makan lada, atau makan yang pedas2x.. jangan lupa habis itu makan buah, biasanya akan mengurangi dengkuran yang ada..
    kalo dengkuran masih ada coba periksa ke dokter takutnya kalo2x ada yang tidak beres pada saluran pernafasan pada hidung, ‘n kemungkinan jalan terakhir bisa melalui lewat operasi

  9. Orang mendengkur mulutnya pasti terbuka. Resep paling simple adalah sebelum tidur mulut direkat dengan kertas perekat hingga tertutup rapat. Tidur jadi “sepi”. Saya sudah mempraktekkannya beberapa minggu. Manjur tuh!

  10. Bagi yang mengalaminya, kebiasaan mendengkur betul-betul nightmare. Blog ginian jadi ajang cari solusi. Yang hobi bercanda sebaiknya tidak ngeganggu di sini, salah-salah ngalamin sendiri baru nyaho deh susahnya. Yang pernah sukses ngatasin kebiasaan ini dimohon sharenya. Salam

  11. Saya nggak bercanda tuh. Udah berminggu-minggu saya tidur dengan merekat bibir agar tertutup rapat. Anda coba aja dalam keadaan sadar dibuat ngoroknya, lalu katupkan bibir anda. Apa bisa ngorok lagi? Yang mengalami hidung tersumbat sih jangan coba-coba. Ini “resep” bagi yang ngorok tanpa “kelainan” yang lain, alias yang penyebab ngoroknya tak ketahuan. Serius! Saya udah berhasil 90% walau terus terang kata istri saya kadang-kadang masih terdengar sedikit ngoroknya, tapi udah berkurang sangat drastis.

  12. trims ats infonya, mdh2an dpt menghilangkan mendengkur, jg bdn tambah sehat, tp mnurut ku kayanya bantalnya yg terlalu lepek shg membuat tengrokan terttp jd atur posisi miring aja biar pangkal lidah waktu rilek tdk menutupi tenggorokan & pakai bantal yg sdkt tinggi pd saat tdr terlentang jd dpt mgurangi orok jg. tanks

  13. aku seorang mahasiswa dan mempunyai kebiasaan ngorok….sekarang aku tinggal di asrama. anda bisa membayangkan bagaimana kehidupan asrama. aku tahu byk temen2 yg merasa terganggu dgn dengkuranku. sebagian dari mereka memaklumi dan yg lain menjadikannya bahan olokan bahkan ada yg sampai mem-bulying aku…..ada yg pernah merekam dengkuranku dgn handphone kemudian mengesetnya mjd ringtone… dya sengaja mengeksposnya secara berlebihan
    aku ingin sekali berhenti utk mendengkur.
    makasih bwt resepnya akan aku coba.
    kalau ada informasi lagi tolong di update dan tentunya kalau boleh yang praktis alias cocok untuk anak kuliahan yg duitnya terbatas.
    oia aku mw tanya apakah mendengkur itu di pengaruhi faktor genetik?

  14. Saya baca hirup uap dari handuk yang sebelumnya dicelup air hangat. Atau menggunakan obat semprot Nasal. Belum saya coba, tapi kalo berhasil saya infokan deh (masih lama sebab nunggu nginep dengan temen karena blm beristri. hehe)

  15. Saya juga pendengkur aktif juga nih bahkan saking aktifnya sering diomelis istri bukin anakku terbangun malam hihhiii padahal kitanya asyik2 aja.
    Tapi pernah mengalami juga seperti mati, rasanya gak bis bernapas menjadi terbangun dari tidur seperti ada yng nyekik ni leher.
    Kemarin aku mendapat email SPAM (untung gak langsung ku delete) dari lembaga kesehatan luar negeri yang isinya promosi alat untuk menghentikan kebiasaan mendengkuryang harganya sekian dollar (lumayan mahal nih),
    tapi waktu kulihat bentuknya cukup sederhana kita bisa membuat sendir (aku belum coba buat ). Secara simple cuma kain yang ditalikan dari bawah dagu ke atas kepala aja seperti bando or yang biasa facial tau sendiri lah bentuknya seperti apa.
    Coba aja alat itu aku juga mo nyoba soale aku juga capek disuruh tidur miring ampe pegel bahuku hehehhehee…

    1. Hahaha biar ga malu2in, cobain Ysnore (produk anti-dengkur bikinan Amerika)…..dengkuran bisa hilang setelah pemakaian bbrp hari.
      Yg tertarik boleh hub 0888 0378 4100. 😀

  16. selamat pagi semua, waduh rame banget… and seru. bicara mendengkur mungkin saya org pendengkur berat, kata kawan-kawan berisik, kaya orang teriak-teriak. beberapa hari ini kok saya merasa tidak enak, pasalnya pas nginep dan lembur di kantor di kritik mulu… lama-lama malu juga khan….. lebih malu lagi kalau ketahuan lawan jenis…. ampun dech…

    terimakasih resepnya, nanti saya akan coba, tapi kalau ada resep lain boleh.

    makasih ya boes…

  17. kalo menurut ani, org yang ngorok itu karna udah tua. anak-anak gak ada yg ngorok tuh. bapak ani keras banget ngoroknya karna bapak ani udah tua.
    mungkin karna orang tua terlali banyak marah-marah ya?

  18. gak juga dik ani klo cuman orang tua aja yang mendengkur, saya aja mendengkur mulai terasa mengganggu sekitar setelah berumur belasan, saat kost kuliah itu yang paling memalukan karena sampai tetangga sebelah menjadi terganggu.

  19. mendengkur emang menyebalkan, saya termasuk pendengkur aktif, sudah berbagai cara dilakukan tapi toh belum bisa berhenti mendengkurnya, apa ada cara lain lagi yg lebih ampuh… thank’s banget yg sudah beri saran….

  20. aku udah coba tiap mau tidur minum madu tiga sendok sama kuning telur bebek tiga butir, wah..wah emang benar hilang mendengkurnya, yang ada tinggal ngos ngosan…selamat mencoba

  21. Tolooooooooooooooong…
    Gak enak nih jadi pengorok.
    Kalo tidur gangguin orang satu rumah…
    Siang-siang bawaannya ngantuk mulu..
    Pulang kerja bawa motor bawaannya ngantuk juga..yang ada sering ketiduran di motor..hehe..

    Gw coba dah tuh Kunyit..mudah x2an sukses.
    Doakan saya ya.

  22. bt ih di omongin temen temen pas lg tugas di luar ap lg tidur breng anak anak pasti bsok nya ngecengin gw kta nya kya babi ngepet ngok pes ngok pes cape jg kan

  23. assalamu’alaikum
    salam kenal buat semuanya, saya juga pendengkur berat dan sudah beberapa kali konsultasi ke dokter tapi belum mencoba obat trdisional, mudah2an obat ini bisa membantu saya dan ini ada sedikit artikel tentang mendengkur, mudah2an bermanfaat
    SNORING IS BAD NEWS… for your health

    Mendengkur apalagi yang disertai henti nafas, berdampak buruk bagi kesehatan anda.
    Tahukah anda bahwa kondisi kesehatan orang yang mendengkur terganggu 3-4 kali lebih berat dari pada yang tidak mendengkur?

    Mendengkur berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut penelitian terbaru dari The British Snoring & Sleep Apnoea Association (BSSAA) terhadap sekitar 3000 pendengkur, didapati bahwa mereka dibandingkan dengan yang tidak mendengkur mempunyai :
     Risiko 3 kali lebih besar kemungkinan menderita gangguan kesehatan berupa hipertensi, penyakit koroner jantung, diabetes dan kolesterol tinggi dan
     Risiko 4 kali lebih besar menderita rasa kantuk berlebihan di siang hari (excessive daytime sleepiness)
    Apalagi jika ternyata saat mendengkur disertai dengan adanya Sumbatan Nafas saat Tidur (Obstructive Sleep Apnoea = OSA).

    Penyebab Mendengkur & OSA

    Mendengkur terjadi akibat adanya penyempitan jalan nafas bagian atas, mulai dari jalan nafas melalui hidung, belakang hidung (nasofaring), belakang langit-langit lunak (retro-palatal), tenggorok (faring), belakang lidah dan tenggorok sebelah dalam (laring) sampai ke pita suara.
    Jika penyempitan menghebat sehingga terjadi sumbatan total, maka jalan nafas tertutup sama sekali, ini yang disebut sebagai OSA.
    Pada keadaan-keadaan diatas, konsumsi oksigen saat tidur berkurang dapat dilihat pada pemeriksaan saturasi oksigen dalam darah. Jika saturasi oksigen menurun sampai pada suatu tingkat yang berbahaya dapat menyebabkan penyakit berbahaya pula.

    Berapa banyak penderita gangguan dengkur dan OSA?

    Menurut laporan yang diterbitkan Journal of the American Medical Association (JAMA) pada bulan April 2004, sekitar 44 juta orang di Amerika Serikat menderita OSA ringan dan sekitar 15 juta orang menderita OSA sedang sampai berat. Pada laporan terpisah, American Academy of Otolaryngology memeperkirakan sekitar 55 juta orang menderita kebiasaan mendengkur. Kebanyakan orang yang menderita OSA juga mendengkur, maka jumlah penderita OSA tumpang tindih dengan jumlah penderita dengkur.

    Apakah resikonya bila OSA tidak diobati?

    Karena pola tidur normal mereka sangat terganggu, para penderita OSA biasanya sangat mengantuk di siang hari, daya konsentrasi dan kinerjanya menjadi buruk. Konsekuensi dari OSA yang tidak diobati dapat sekedar mengganggu kesehatan hingga membahayakan jiwa.
    Gejala antara lain depresi, iritabilitas, disfungsi seksual, kesulitan belajar dan daya ingat, dan jatuh tertidur di saat kerja, saat menelpon, atau menyetir. Pasien dengan OSA yang tidak diobati berisiko 3 kali lipat terkena kecelakaan lalu lintas.
    Akibat saturasi oksigen rendah, dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke bahkan mati mendadak. Lebih jauh lagi, diperkirakan hampir 50% dari pasien OSA menderita tekanan darah tinggi. Karenanya OSA juga disebut sebagai ’The Silent Killer’.

    How to cure Snoring

    Umumnya snoring dan OSA bisa disembuhkan / dikurangi. Sebelumnya tentu diperlukan pemeriksaan untuk mengetahui dan mengevaluasi dimana letak penyempitan atau sumbatan nafas. Ini dengan pemeriksaan nasolaringoskopi yang dilakukan saat pasien sadar atau saat tidur. Adanya OSA, saturasi oksigen dan kualitas tidur diperikas dengan somnografi, pemeriksaan dilakukan malam hari saat pasien tidur. Dengan alat somnografi yang baru, pemeriksaan menjadi lebih sederhana dan dapat dilakukan dirumah pasien.
    Beberapa cara bedah maupun non bedah dapat dilakukan. Beberapa alat non bedah seperti memakai alat untuk memajukan rahang saat tidur, memberikan tekanan positif saat tidur (CPAP) dan lainnya.
    Beberapa tindakan bedah telah dikembangkan untuk memperlebar saluran nafas yang menyempit, mulai dari yang ringan yang dapat dikerjakan di ruang praktek dokter sampai tindakan lebih berat yang memerlukan anastesi umum di kamar operasi. Tindakan ringan dilakukan di ruang praktek, misalnya menghilangkan sumbatan hidung dengan alat radiofrekuensi, pemasangan alat pillar di langit-langit lunak dll. Tindakan di kamar operasi misalnya UPPP (uvulopalatoplasti = operasi memperlebar lubang nafas di belakan langit-langit lunak dengan memotong langit-langit lunak), mengangkat adenoid (pada anak) dan tonsil (amandel) dan lainnya sampai operasi berat memajukan tulang rahang.
    Karena kegemukan (obesitas) juga penyebab snoring, maka menurunkan berat badan (BB) akan mengurangi / menghilangkan snoring dan OSA. Penurunan BB 10-20% cukup menurunkan bunyi snoring dan menghilangkan OSA yang berbahaya. Disamping itu hindari alkohol, obat tidur / penenang.
    Sumbatan nafas melalui hidung merupakan penyebab penting snoring dan OSA yang ringah. Sumbatan hidung seperti pada pilek kronis yang disertai pembengkakan selaput lendir hidung, alergi hidung dengan mudah dapat diatasi dengan obat-obatan atau tindakan ringan.

  24. Boleh..tuh infonya…!kebetulan dengkur gue udh parah banget…ampe istri dan mertua complain krn ganggu tidur anak gue…he..he…
    gue coba deh…

  25. parah dhe… gw jg pendengkur kelas berat dari usia muda…. mudah2an resep ny manjur y… mari kita doa bersama moga resepny jituuuu hehehehe tq..

  26. kalo ngorok hebat karena rokok……setelah berhenti rokok…ngoroknya spt ada lendirnya…dan pagi bangun tidur…keluar seperti dahak org batuk…….kenapa yaaa…..obatnya?????

  27. Iya neh aq jg kalo tdur ngorok, istri gue prnah rekam pake hp, stlah dngar gue jd malu soalx suara ngorok gue bsar bnget! Malah istri gue blang klo gue ngrok suarax sperti suara kapal laut.. 😥

  28. wah… pk kunyit tah ? ntr dcobain dech bwt abi ku trcinta coz dia jd g pede kl tdr brg, kasian kdg sk nungguin sy tdr dluan coz kl dia yg dluan malah sy yg g bs tdr soalny brisik bgt ^_^

  29. malm sering dkagetkan dng teriakan istri, gara2 mendengkurku terlalu keras.. semoga resep ini bisa mengurangi kerasnya dengkuranku, syukur2 bisa hilang.. tq

  30. haturthankyu info’y..
    Kbetulan sy klo tidur mendengkur’y parah pisan kt temen Sech seperti sapi dpotong/suara bagong hhhee..jujur klo tidur/nginep drmh orang lain sy jd ga PD ;-(..

    Mudah”n mendengkur sy hilang..ms pria tampan tidur’y bawa” bagong sech B-)

    hhhee..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s