Shabu-Shabu (Jepang)


porsi: 5 orang

Bahan-bahan

Bahan:

  • 500 gram daging sapi sukiyaki
  • 12 buah jamur shitake segar
  • 1 buah tahu putih, ukuran besar, potong berbentuk dadu
  • 75 gram soun, rendam dalam air panas, tiriskan
  • 100 gram sawi putih, potong-potong
  • 3 batang daun bawang, potong serong ukuran 2 cm
  • 100 gram sawi pok choy, potong-potong
  • 1 1/4 liter kaldu ayam

Saus pencelup:

  • 150 cc kecap kikkoman
  • 100 cc ponzu/air jeruk lemon
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 5 cm lobak, parut halus
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 cm jahe, parut halus
  • 1 sendok makan biji wijen, sangrai, haluskan

Cara membuat

Bahan: didihkan kaldu ayam, masukkan daun bawang, aduk rata, lalu masukkan daging sapi, jamur, tahu, soun, sawi putih, dan sawi pok choy, masak hingga matang, jangan diaduk-aduk.
Saus pencelup: campur kecap kikoman, gula pasir, dan ponzu/air jeruk lemon, aduk rata, didihkan, angkat, dinginkan, lalu masukkan lobak parut, bawang putih, jahe, dan wijen, aduk rata.
Biasanya shabu-shabu disajikan bersama-sama dengan saus pencelup.

Iklan

11 pemikiran pada “Shabu-Shabu (Jepang)

  1. Hai! Gimana nih… koq resepnya gak bisa diprint seeeehhh??? Tolong yah.. soalnya aku dah gak tahan mo nyoba resep kamu ini.. Thx banyak sebelumnya!

  2. Shabu2 dibuat saat musim dingin ataupun dingin karna hujan bener2 cocok. rasanya akan beda kalo makannya waktu musim panas.
    kalo musim panas cocoknya minum juice aje.e..
    banyak minum juice bisa mencegah banyak penyakit, terutama kanker yg paling ditakuti semua orang.
    yg merasa tertarik boleh deh mampir ke http://www.alwaysjuice.com
    dan silakan pilih bahasa yg diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s