Membuat Kulit Lumpia


Untuk membuat kulit lumpia, gunakan putih telur saja agar kulit lumpia bisa putih bersih, tidak kekuningan.

Caranya, campur 150 gr tepung terigu, 400 ml air, 2 putih telur, 2 sdm minyak goreng, dan 1/4 sdt garam, aduk rata. Lebih baik gunakan wish (alat untuk mengocok adonan tepung), agar adonan kulit mudah tercampur, kuning telurnya bisa dibuat vla atau untuk isi lumpia.

Disarankan menggunakan wajan dadar antilengket, untuk menggoreng, jangan pakai alat yang tajam . Lebih baik gunakan sendok kayu. Tetesi wajan dadar dengan sedikit minyak, lalu dadar kulit lumpia sesendok-sendok, agar dadaran bulat dan licin.

Untuk dadaran kedua dan seterusnya tidak usah memakai minyak karena tak lengket lagi, usahakan tiap wajan sekali tuang langsung satu sendok makan. Maksudnya agar tidak pecah atau kulit menyambung.

Masukkan kulit lumpia basah dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan dalam almari es. Tahan, kok, sampai dua hari. Bila digoreng, tahan lebih dari dua hari.


78 pemikiran pada “Membuat Kulit Lumpia

  1. saya pernah membuat lumpia,kebetulan kulit lumpia sudah saya sediakan didlm kulkas. tapi yang saya bingung, knp kulit lumpia saya tidak mau menempel. padahal saya sudah memakai putih telur untuk pereketnya. apa ada pengaruh karna kulit lumpia saya msh dingin karn br saya keluarkan dari lemari es. mohon jawabannya.
    atau mungkin ada cara yang laen selain putih telur?
    terima kasih

  2. Ada cara yang gampang untuk merekatkan lumpia, yaitu dengan di-LEM…!
    Lem-nya pakai apa?
    Cara membuatnya sama seperti pembuatan lem pada umumnya yaitu campuran tepung tapioka (kanji) dengan air, tapi jangan dipanaskan!
    Cukup celupkan jari ke dalam campuran air kanji lalu oleskan ke kulit lumpia.
    Mudah bukan?
    Keliatannya sih mudah…tapi sebetulnya membutuhkan sedikit kesabaran dan latihan untuk merekatkan/menggoreng lumpia agar cantik.
    Oh ya…agar lebih sempurna hasilnya, pastikan waktu menggoreng, gunakan minyak yang banyak dan apinya cukup besar.
    Emang boros minyak! Tapi ya begitulah kalo udah ngebet pengin bikin lumpia sendiri…! hehehe…

    1. Sebenarnya untuk pembuatan lumpia yang tipis & renyah, menggunakan kulit lumpia yang tersedia di pasar-pasar.
      Saya Aan Produksi Kulit Lumpia Merek 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu)

  3. klo untuk merekatkan kulit bisa juga di lem pake putih telur.
    klo hasilnya terlalu basah bisa jadi adonnannya ketebalan waktu didadar…

    1. Lumpia yang keras atau renyah menggunakan kulit lumpia yang tersedia di Pasar-pasar misalnya kulit Lumpia 35, karena kulit lumpia yang tersedia di pasar lebih tipis & kering sehinga pada saat digoreng dapat renyah dan tidak lembek.

      Saya “Aan” Produksi Kulit Lumpia Merek 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu)

  4. Saya gak pernah bisa buat kulit lumpia yg kering(crispy),jadinya pasti kulit risol..!terus kenapa ya ..kalau buat pasti pecah2 kalau diisi n digoreng.?stress mikirinnya.!

    1. Pada saat menggoreng Pastikan minyakk bener-bener udah panas, jangan sering di bolak balik, gunakan kulit lumpia yang tipis agar minyak yang terserap sedikit & renyah.

      Saya Aan Produksi Kulit Lumpia Merek 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu)

  5. mau tanya dikit, rebung yg dipakai jenis rebung
    apa yah..? apakah ada rebung jenis khusus untuk
    bikin lumpia semarang. selama ini yg dijual dipasar-pasar di surabaya selalu rebung yg selalu direndam di air dan baunya selalu kurang enak.

    makasih

  6. apakah bisa biar buat gigi saya tidak monyong lagi soal nya saya sudah cari obat dimana mana saya tidak menmukan obat penyembuh bibir monyong cuma itu

    salam manis
    monyong
    trim’s

    1. oh gitu aja ya mbak saya udah nemu solusi yang seperti itu soal nya dulu saya juga monyong juga tidak dapet cara nyembuhinnya
      caranya gampat lu sandung aja batu sampai lu jatuh trus gigi lu kena tanah tu, lalu hantup pin deh gigi lu gampangkan

  7. gmn carax agar lumpia yang di bikin saat ngegulung g pecah krn klo sy bkin pst pecah kan jdi bete,tolong infox krn suami sk mkn lumpia

    1. Sebenar nya bukan resepnya yang salah tapi ketrampilan dalam pembuatan kulit lumpianya…
      untuk solusinya yang praktis buat mbak Mdori beli saja kulit Lumpia yang ada di pasar-pasar paling harganya 150 per biji untuk wilayah Semarang. bisa di buat karamel, lumpia, martabak, dan lain-lain

      Saya Aan Produksi Kulit Lumpia Merek Lumpia 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu, Pasar johar, pasar Mbulu)

  8. Wah, semakin menambah informasi ne. Kebetulan saya membuka lapak menjual lumpia. Kami Lumpiate menjual lumpia khas Makassar. Jika juga tertarik untuk mencoba bisa hubungi kami. Terima kasih 😀

  9. Ga pake kuning telur apakah cm agar kulitnya jd putih dan tidak kekuningan saja? Misalnya saya ga keberatan kulitnya kekuningan, kalo kuning telurnya dimasukkan apakah pengaruh jg ke renyah-tidaknya lumpia stl digoreng?

  10. saya jual lumpia basah dengan kompisis, rebung, wortel,ayam. beneran enak loh krn udah bnyk pesanan dr kantor2.lihat di fb lumpia basah.

Tinggalkan Balasan

