Kerupuk gendar


Description:
Kerupuk gendar atau disebut juga kerupuk beras, pada tau kan?!! kemaren2 masak nasi agak kelembekkan trus sisanya iseng2 aja dibikin kerupuk gendar. enak banget buat pelengkap makan kriukkk…kriukkkk

Ingredients:
Nasi putih
bawang putih, haluskan
merica, secukupnya
garam, secukupnya
minyak goreng

Directions:
Campurkan nasi, bawang putih, merica dan garam sampai merata
kemudian bentuk adonan sesuai selera, tipis-tipis lebih baik.
jemur kerupuk hingga kering atau bisa juga di oven sampai kering.
goreng kerupuk hinggga matang.

Iklan

28 pemikiran pada “Kerupuk gendar

  1. wah kayaknya enak juga tuh krepuk,maklum klau
    bujangan banyak nasi sisa daripada basi kayaknya bagus juga untuk krupuk,tp gimana resepnya kayaknya gak lengkap dengan takarannya.
    kalau boleh kirim dong saya resepnya komplit dengan takarannya biar rasanya pas ( alasan kalau gak bisa masak ).

    trims

  2. Aku suka banget yang namanya kerupuk suami aku walaupun bule demen juga ma krupuk
    aku mau coba krupuk nasi,tapi ragu soalnya disini dibilang bentuk sesuai selera? Nasikan berderai alias ngak nyatu kayak ketan,so gimama mo ngebentuknya?
    atau nasinya emang harus lembek ya?
    Thanks ya
    tolong cepat ya soalnya musim panas tinggal 3hari lagi ntar kerupukku susah kering nya
    sekali lagi makacih ya

  3. KRUPUK GENDAR
    Bahan:
    50 gr Bleng kering (dapat dibeli di pasar)
    air secukupnya
    400 gr beras yang pulen
    2 siung bawang putih di haluskan
    garam secukupnya
    bumbu penyedap secukupnya
    minyak goreng
    Cara:
    1. Larutkan bleng dalam 50 cc air, diamkan selama 5 menit sampai hancur. Aduk aduk
    2. Masak beras dalam 1 Lt air sampai jadi aronan, kemudian masukkan larutan bleng, bawang putih, garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai air meresap semuanya, kemudian angkat dari atas api.
    3. Kukus adonan dalam dandang sampai matang. Setelah itu masukkan nasi yang sudah matang ini ke dalam loyang selagi masih panas.
    4. Tumbuk nasi cepat cepat sampai halus, kemudian padatkan denganmenekan nekannya. Supaya mudah dipotong, masukkan loyang dalam lemari es supaya adonan cepat mengeras
    5. selanjutnya keluarkan adonan dari dalam loyang, potong potong tipis menurut selera. Kemudian jemur di panas matahari sampai kering betul.
    6. Goreng kerupuk yang sudah kering ini dalam minyak panas yang banyak jumlahnya, sampai kerupuk mengembang. Hidangkan.
    Untuk 500 gr.

  4. Bleng itu sejenis garam garaman kalau dikonsumsi sedikit kayak untuk bikin gendar ya gpp tapi kalau sekilo dimakan sendirian ya sakit kaleee

  5. Kami pengerajin krupuk pangsit/udang/ikan/keju/bawang/dan aneka rasa dan ( krupuk KETUMBAR JINTEN ) andalan produk krupuk dari Sentra home industri Desa Klangonan Kec. Kebomas Kab. Gresik

  6. Jangan pake Bleng.
    Bleng itu garam boraks.
    Tukang bakso banyak yang pake ini biar baksonya kenyal..

    tapi zat itu berbahaya sekali.

    penggantinya adalah STTP (sodium tripoli posphat). Bisa di beli di pasar. Harganya murah, cuman butuh sedikit, dan aman.

    salam

  7. Saya sepertinya tertarik untuk membuat usaha kerupuk gendar/kerupuk beras ini, dan tertunya dengan bahan2 yg tidak membahayakan kesehatan aman dikonsumsi..senang bila anda bisa membantu saya untuk lebih memahami pruduk ini.

  8. Sebaiknya jangan pernah menggunakan bleng dalam membuat kerupuk gendar khususnya,atau apa saja pada umumnya! karena bleng bukan tergolong dalam jenis makanan. Cari saja alternatif yang lainnya yang tentunya lebih aman untuk di konsumsi,seperti contohnya dengan mengganti bleng dengan tepung tapioka,atau yang lain-lain yang tentunya lebih menyehatkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s