KANDUNGAN KIMIAWI MENGKUDU


Senyawa-senyawa Terpenoid
Senyawa terpenoid adalah senyawa hidrokarbon isometrik yang juga terdapat pada lemak/minyak esensial (essential oils), yaitu sejenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. Zat-zat terpen membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

Zat Anti-bakteri
Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon telah terbukti sebagai zat anti bakteri. Zat­-zat yang terdapat di dalam buah mengkudu telah terbukti menunjukkan kekuatan melawan golongan bakteri infeksi: Pseudonzonas aeruginosa, Proteus morganii, Staphylo­coccus aureus, Bacillus subtilis dan Escherichia coli.

Pengujian selanjutnya menunjukkan bahwa kegiatan zat anti-bakteri dalam buah mengkudu dapat mengontrol dua golongan bakteri yang mematikan (pathogen), yaitu: Salmonella dan Shigella. Penemuan zat-zat anti bakteri dalam sari buah mengkudu mendukung kegunaannya untuk merawat penyakit infeksi kulit, pilek, demam dan berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri.

Asam
Asam askorbat yang ada di dalam buah mengkudu adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang hebat. Antioksidan bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas (partikel-partikel berbahaya yang terbentuk sebagai basil samping proses metabolisme, yang dapat merusak materi genetik dan merusak sistem kekebalan tubuh). Asam kaproat, asam kaprilat dan asam kaprik termasuk golongan asam lemak. Asam kaproat dan asam kaprik inilah yang menyebabkan bau busuk yang tajam pada buah mengkudu.

Nutrisi
Secara keseluruhan mengkudu merupakan bahan makanan yang bergizi lengkap. Sebagian besar adat budaya Polinesia masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah mengkudu sebagai makanan utama. Penduduk asli kepulauan Pasifik Selatan mengkonsumsi buah mengkudu untuk dapat bertahan hidup pada waktu kelaparan. Demikian pula, para prajurit yang menetap di kepulauan Polinesia selama perang dunia II dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu untuk menambah kekuatan dan tenaga.

Zat-zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh antara lain: karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial juga tersedia dalam buah maupun daun mengkudu. Selenium adalah salah satu contoh mineral yang banyak terdapat pada mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat.

Scopoletin
Pada tahun 1993, peneliti universitas Hawaii berhasil memisahkan zat-zat scopoletin dari buah mengkudu. Zat­-zat scopoletin ini mempunyai khasiat pengobatan, dan sebagai tambahan para ahli percaya bahwa scopoletin adalah salah satu di antara zat-zat yang terdapat dalam buah mengkudu yang dapat mengikat serotonin, salah satu zat kimiawi penting di dalam tubuh manusia.

Scopoletin berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah. Selain itu scopoletin juga telah terbukti dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungisida (pembunuh jamur) terhadap Pythium, sp dan juga bersifat anti-peradangan dan anti-alergi.

Zat Anti-kanker (Damnacanthal)
Beberapa penelitian terbaru tentang mengkudu dilakukan untuk mengetahui kandungan zat-zat anti­kanker (damnacanthal ). Empat ilmuwan Jepang berhasil menemukan zat anti kanker pada ekstrak mengkudu ketika mereka sedang mencari zat-zat yang dapat merangsang pertumbuhan struktur normal dari sel­sel abnormal K-ras-NRK (sel pra kanker) pada 500 jenis ekstrak tumbuhan, Ternyata zat anti kanker pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Xeronine dan Proxeronine
Salah satu alkaloid penting yang terdapat dalam buah mengkudu adalah xeronine. Xeronine dihasilkan juga oleh tubuh manusia dalam jumlah terbatas yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel.

Xeronine ditemukan pertama kali oleh Dr. Ralph Heinicke (ahli biokimia). Walaupun buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi mengandung bahan-­bahan pembentuk (prekursor) xeronine, yaitu proxeronine dalam jumlah besar.

Proxeronine adalah sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino atau asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya dengan bobot molekul relatif besar, lebih dari 16,000. Apabila kita mengkonsumsi proxeronine maka kadar xeronine di dalam tubuh akan meningkat. Di dalam tubuh manusia (usus) enzim proxeronase dan zat­-zat lain akan mengubah proxeronine menjadi xeronine. Fungsi utama xeronine adalah mengatur bentuk dan rigiditas (kekerasan) protein-protein spesifik yang terdapat di dalam sel. Hal ini penting mengingat bila protein-protein tersebut berfungsi abnormal maka tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan.

Secara keseluruhan mengkudu merupakan bahan makanan yang bergizi lengkap. Sebagian besar adat budaya Polinesia masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah mengkudu sebagai makanan utama. Penduduk asli kepulauan Pasifik Selatan mengkonsumsi buah mengkudu untuk dapat bertahan hidup pada waktu kelaparan. Demikian pula, para prajurit yang menetap di kepulauan Polinesia selama perang dunia II dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu untuk menambah kekuatan dan tenaga.

Zat Pewarna
Kulit akar tanaman mengkudu mengandung zat pewarna (merah), yang diberi nama morindon dan morindin.

BONUS CASH MONEY Rp 100.000,- untuk Anda hanya dengan melakukan pendaftaran, GRATIS !

Iklan

31 pemikiran pada “KANDUNGAN KIMIAWI MENGKUDU

  1. APAKAH SUDAH DIBUAT KARYA ILMIAH ATAU PUN PENELITIAN TENTANG KANDUNGN SENYAWA -SENYAWA YANG LAIN YANG TERDAPAT DALAM KANDUNGAN BUAH MENGKUDU

  2. sebaiknya disertai sumber sehingga saat membaca, kita tahu dari mana asalnya dan jika ingin dibuat sebagai argumentasi, pengetahuan tersebyt tidak asal bunyi tapi ada sumbernya melalui penelitian atau jurnal ilmiah, bisa juga dari buku dan apapun yang terpercaya.
    tapi, secara keseluruhan informasi di atas bermanfaat untuk pengetahuan secara umum dan aplikasi untuk kehidfupan sehari-hari.

  3. mengkudu bisa buat repellent ga??
    kalo ada kasih tau donk tumbuhan buat pembunuh jentik nyamuk selain daun sirih, pare, kunyit, tembakau,sereh wangi dsb… yang lainnya donk

  4. Mohon bertanya dan mohon solusi informasi senyawa apa saja yang terkandung dalam buah mengkudu yang bersifat anti mikroba (bakteri & jamur yang menyerang tanaman) dan bagaimana cara kerja dari senyawa tersebut?.
    Thanks…

  5. mas….
    tidak semua mengkudu ada seperti yang dijelaskan di atas.
    di dunia,mengkudu ada 80 varietas, yang 60 beracun alias ga bisa dimakan,
    yang 20 bisa dimakan,tetapi yang kandungan nutrisinya lengkap adalah mengkudu
    di hawaii dan tahiti,tetapi yang paling lengkap nutrisinya adalah mengkudu Tahiti
    alias Tahitian Noni®.
    Mohon data yang Anda cantumkan diberi catatan literatur yang mendukung artikel Anda.
    Saya senang akan dunia kesehatan, jika Anda ingin mencari tahu lebih banyak (apalagi tentang Tahitian Noni®) silakan Anda menghubungi email saya………saya akan dengan senang hati bekerja sama dengan Anda.

    1. Nah ini dia bahasa dagang yang mengklaim bahwa yang paling berkasiat hanya tahitian noni. Padahal dari semua literatur yang ada tidak pernah secara spesifik menyebutkan tahitian noni. Jd secara umum buah mengkudu memiliki khasiat dan kandungan yang sama. Mengkudu di Indonesia pun telah dilakukan penenlitian oleh BPPT dan hasilnya sama bahwa mengkudu Indonesia memiliki kandungan yang sama.

  6. mas, bisa ga?? minta tolong cariin struktur kimia dari proxeronine coz penting bgt ni bwt melengkapi data penelitianku. Susah bgt nie carinya

  7. dalam buah mengkudu ada kandungan proxeronin fungsinya dalam peningkatan sistem imun…. sudah diketahuikah imunosupresor yang ada pada daun mengkudunya? bagaimana kelarutannya dalam n-heksana?

  8. dalam mengkudu sratus gram ad brapa banyak kandungan komponen bioaktifnya???

    trus dosisnya untuk setiap orang brapa aj klo dikonsumsi murni dari buahnya?

    apakah komponen bioaktifnya hilang apabila dipanaskan/ dipanggang????

  9. BenarKah ada KanDunGan 20% alkohol pada mengkudu???

    Bisa ga Buah MenGKUdu diJadiin Produk Makanan SePErtI Permen ato mie??

    PENTING tuk PENELITIAN

  10. saya pernah baca artikel katax, mengkudu bisa menaikkan mutu minyak goreng bekas? gimana prosedur kerjanya. apa buah mengkudu harus diekstrak lagi atau cuma dihancurkan saja.

  11. emang buah mengkudu iti bisa di katakan obatt..dan me nyehatkan pada tubuh kita…..cuma aku ga tahan aja menkonsumsi buah mengkudu secara langsubg……..ya ..aku sih cuma bisa bilang banggagitu. sam orang yang suka mengkudu…hehehehehehehehe

  12. Kata org2 sekitarku, mengkudu tu bisa menyembuhkan amandel, bener pa gak si? Truz selain berguna dlm pengobatan, mengkudu bisa di gunain bwt pa ja ?????

  13. Maaf dalam buah mengkudu tidak terdapat Xeronine ,tapi enzim yang disebut enzim proxeronase dan suatu alkaloid proxeronine . Dimana jika kita memakan buah atau meminum jusnya, maka didalam dinding usus enzim ini akan mengubah proxeronine menjadi zat aktif xeronine yang akan diserap ke dalam aliran darah menuju ke semua sel dan akan mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan membentuk sel yang aktif. Dengan pengaktifan protein maka produksi antibodi berlangsung baik, karena faktor penyusun utama antibodi adalah protein. Xeronine juga mampu mengurangi proses alergi, mencegah terjadinya penyakit autoimun dan penyakit asma (Bangun, 2002).

  14. mas boleh ngak cariin struktur kimia dari sclolopetin, acubin, asperuloside dan alizarin.soalna mo pake buat laporan penelitian nih

  15. bila baca tulisan tuan punya web, rasa minat mengkudu… bila baca komen tentang mengkudu beracun, rasa risau, was2 dan takut pula nak makan…. mana yang betuk ni? helpppp….

  16. Saya saat ini sedang mengkonsumsi buah Mengkudu. Saya punya penyakit tumor payudara dan sudah pernah di operasi sebelumnya.

    sejauh ini, saya sudah merasakan khasiat buah mengkudu. badan terasa segar, lebih fresh, tidur jadi lebih teratut, Oyong yang sering saya rasakan karena darah rendah pun ga ada lagi.
    Tapi yang mau saya tanyakan, kenapa setiap habis minum jus mengkudu, saya merasa perih pada ulu hati saya yah?? mohon penjelasan dari yang berkompeten di bidang ini.
    Dan saya juga masih merasakan sakitpada payudara saya….kira2 berapa lama yah bisa menyembuhkan Tumor saya ini??

    Saya rasa tidak tidak ada penelitian yang menyatakan ada Buah mengkudu yang beracun di Indonesia, Tapi kalau ada diantara teman-teman yang tau, mohon di jelaskan sejelas – jelasnya, mengkudu jenis apa…dan ciri-cirinya seperti apa.

  17. Dari uraian di atas tentang kandungan kimiawi mengkudu, saya bisa menarik kesimpulan mengapa saya bisa sembuh dari sakit ambien karena meminum air rebusan daun mengkudu. thanks ya… informasi yang sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s