COTO MAKASSAR


Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Di setiap jalan di kota Makassar, dapat dengan mudah ditemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. Rasa hidangan ini di setiap warung memang hampir-hampir sama, tapi yang membuat berbeda adalah bumbu tambahan yang diberikan oleh masing-masing pedagangnya. Dan itu menjadi rahasia dapur masing-masing.

Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya.

Ramuan rempah-rempah yang terdiri dari 40 jenis dimasak di kuali tanah liat yang disebut dengan korong butta atau uring butta. Jenis kuali yang digunakan untuk memasak dipercaya ikut juga mempengaruhi rasa Coto Makassar. 40 jenis rempah itu diantaranya adalah kacang tanah, kemiri, cengkeh, pala, serai yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan. Konon rempah-rempah itu tidak hanya berguna untuk menentukan rasa Coto Makassar, tetapi juga sebagai penawar kolesterol yang ada di jeroan.

Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, dan dilengkapi dengan sambal taoco. Penggunaan taoco ini memperkuat dugaan kalau makanan ini dipengaruhi oleh makanan Cina yang sudah dikenal pada abad ke-16. Diduga juga kalau Coto Makassar sudah ada sejak Somba Opu, pusat Kerajaan Gowa, yang pernah berjaya pada tahun 1538.

BAHAN:
500 gram daging sapi

500 gram babat, rebus matang

300 gram hati sapi, rebus matang

200 gram jantung sapi, rebus matang

5 batang serai memarkan

4 sm lengkuas memarkan

2 cm jahe memarkan

5 lembar daun salam

250 gram kacang tanah, goreng haluskan

2,5 liter air cuci beras/tajin

1 sdm bumbu kaldu bubuk rasa sapi

6 sdm minyak sayur

Haluskan :

10 siung bawang putih

8 butir kemiri sangrai

1 sdm ketumbar sangrai

1 sdt jintan sangrai

1 sdt garam dan 1 sdt merica butiran

Pelengkap : bawang goreng, irisan daun bawang dan irisan seledri, sambal taoco

Haluskan : 10 bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai keriting rebus sebentar, 100 gram taoco, tumis dengan 6 sdm minyak sayur hingga matang, haluskan tambahkan garam dan gula merah.
CARA MEMBUAT:
1. Rebus daging sapi, babat, hati dan jantung, beri serai, lengkuas, jahe dan salam setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu. Jerohan sapi matang, potong dadu. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan kedalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.

3. Penyajian, siapkan mangkuk, isi dengan daging dan jerohan beri kuahnya, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri sajikan dengan buras dan sambal taoco.

4. Sajikan hangat.

Untuk : 6 orang

Iklan

52 pemikiran pada “COTO MAKASSAR

    1. pakai tuak lebih enak rasa daging dan bumbunya lebih terasa dan harum…. selamat mencoba dgn tuak resep maskan utk daging apa aja termasuk ikan…by mustakim

    2. pakai tuak lebih enak rasa daging dan bumbunya lebih terasa dan harum…. selamat mencoba dgn tuak resep maskan utk daging apa aja termasuk ikan…by mustakim

  1. Aduuuuhhh jadi kepingin makan coto nich????ngiler liat resepnya.someday i wanna try it at my home and cook it for my all family…nyam,nyam…its very delicious

  2. Kalau mau coba coto makassar yang enak datang ke resto suami ku DAENG TARANG
    ada di Jl Matraman raya 50 meter setelah Hotel Grand menteng , ada puja sera masuk di dalam ada GOTO MAKASSAR,DENGAN PISANG IJO dan aneka makanan lain yang murah meriah.
    1 mangkok cot dengan ketupat sepuasnya pl;us teh manis cumannn 15.000,- ayoookk yyyykkkk mampir deh mulai buka jam 8 pagi sampai jam 10 malam….. telp.021.33200019 bisa layanan untuk pesta,yuk mari dicoba dongggg

  3. makasi resepx,entar bisa masakin suami slx dia doyan banget ma COTO MAKASSAR, kbtlan sya orang makassar tp gak tau cara buatx….

  4. mampirq cicipi coto di sudiang dgn resep kuno ala pesantren,disamping enak coto ini di bawah asuhan pesantren jd jk anda mkn coto ini sama halx anda membantu panti asuhan tsb. letakx dekat taman sudiang indah tdk jauh dr warung mas leo….

  5. makasih ya atas resepnya suami ku pengen dibuatkan coto makasar padahal aku penginnya buat ketupat kandangan……. jadinya ya diganti ke coto makasih banget sekali lagi…….

  6. klu mau bagus… dan paling enak dan daginnya terasa betul2 nikmat dan aroma bumbunya lebih terasa…. masaklah dengan tuak yg udah beralkohol misalnya dari areng dll…… apapun jenis daging anda termasuk ikan klu dimasak dgn air tuak nikmat banget rasa dagingnya…..salah satu rahasia masakan yg anda blm pernah rasakan …selamat cobalah by mustakim

  7. Iyo pake tuak (ballo) enak memang, tapi haramki ! Apa tong ine, dmn2 coto itu air tajin kalo diganti tuak bukan mi coto tapi risotto..n kalo diganti susu cair namanya soto betawi..
    Please deh jgn merancu resep coto makassar !

  8. Coto Makassar bukan hanya ada di Kota Makassar tetaoi udh dikenal di seluruh Nusantara salah satunya terdapat di KM.18 Beruta Kab. Lamandau Kal-Teng. Datang Aja Di Warung Saudara BUKIT JAYA Nikmati Coto Makassar yang asli dengan minuman khas pula Es Pisang Ijo dan Es Campur pasti ketagiahan……..?

  9. Coto adalah menu kegemaran keluargaku juga tamu2ku saat hari raya. meski aku bukan orang makassar asli. tapi aku piawai masak coto. karena suamiku orang pangkep sulsel…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s