MIE AYAM


Bahan:

  • 1/2 kg mie ayam (siap dibeli di pasar)
  • 100 ml Minyak ayam
  • 100 ml Kecap asin
  • 300 gr Daging ayam direbus dan dipotong kotak
  • 3 sdm Kecap manis
  • 2 sdm Kecap Ingris
  • 2 batang Daun bawang dirajang
  • Caisin, penyedap dan bawang goreng secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 siung Bawang putih
  • 5 buah Bawang merah
  • 1 sdt Ketumbar
  • 3 cm Kunyit
  • 3 cm Jahe
  • 4 butir Kemiri

Bahan Kaldu:

  • 2 liter Air
  • 1/2 kg Tulang ayam
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Lada bubuk

Cara membuat :

  • Kaldu: air direbus hingga mendidih, masukkan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam.
  • Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam,tambahkan penyedap, tumis sebentar, angkat, sisihkan.
  • Masukkan 2 sdm minyak ayam ke dalam mangkok, 1/4 sdt penyedap.
  • Rebus mie dan caisin yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan di dalam mangkuk yang telah terisi dengan bumbu, masukkan ayam 2 sdm.
  • Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.

Catatan:

  • Kunci kelezatan mie ayam ada pada minyak ayamnya.
  • Cara membuat: ambil kulit ayam dan lemaknya, panaskan dengan api kecil diatas penggorengan, tambahkan 2 siung bawang putih digeprak, panaskan hingga seluruh minyak keluar dari kulit dan lemak ayam, minyak siap untuk digunakan.
Iklan

61 pemikiran pada “MIE AYAM

  1. Yth,
    Saya pecinta mie ayam nih, mohon informasi dong resep bumbu yang rasanya mirip MIE JAPOS? bisa tolong juga dong bagi para pecinta mie ayam, klo mie ayam yang rasanya paling top di jakarta dimana sih? baik kaki lima maupun skala resto.

    Thxs

    Faizal

  2. pgn bgt coba neh, tp males bkin minyak ayamnya, ada yg instant g y?ada ukuran brp kilo kulit ma lemak buat bkin minyak ayam?buat mpraw, g usah pk MSG jg enak kok, g ngaruh..mie ayam langganan saya aja dah tau pst kl saya & keluarga yg beli pasti g pernah tuh pk MSG..OK?!

  3. trima kasih dengan adanya informasi tersebut saya akan mempratekkan untuk membuka lapangan kerja karena saat ini untuk mencari pekerjaan kantoran semakin sempit
    Resep lagi dicoba

    trims

    Joni

  4. kelihatannya enak nich resepnya, perlu dicoba…
    Kalau buat minyak ayam pakai ayang kampung atau ayam potong?
    Untuk mie-nya, kan banyak mie yang dijual di toko/pasar, dan biasanya mienya besar2 dan tidak begitu lembut, yang kira-kira pas/cocok tuk mie ayam yang apa?

  5. kayaknya gak enak tuh…. resepnya kok aneh gitu????? bahan2 ada kecap asin, kecap manis n kecap inggris tp penggunaannya kok gak di jelasin. jadi HAMBAR DONK!!!!

  6. Sip banget, saya lagi studi di Belanda en pastilah ga ada yg jual mie ayam, so saya hunting bumbunya aja di toko asia n coba2 bikin pake resep ini. Tanpa penyedap rasa pun udah enaaak banget kok ! Jangan biasakan pake vetsin bikin kanker !
    Thx so much for ur recipe! Bener2 mengobati kangenku ma mie ayam 😛 Tapi ternyata emang full of lemak ya hahahahaha (minyak dr kulit ayam weleh2 lemak abissss). But anyway, love it so much !

  7. q g’ doyan kecap,trs gmn dounk?q sk bgt ma mie ayam,,,,bsa gk d gnti gula merah tuh kecap asin kecap manis nd kecap ingris nya?low bli kan q gk liat lngsung pke kcpnya low bkin ndri q gk dyan pke kcap,,,,,,bsa gk d gnti,,,,,,,,,

  8. Yang lainnya sih keliatan mudah ya,? tapi minyak ayam ini perlu waktu ya, trus berapa gram kulitnya danb berapa gram lemaknya mesti jelaskan lagi ya, mohon bisa dibantu> makasih.

  9. sukron kasiron atas reseponya ….n bagi antum yang mau pesan mie ayam n fried ciken hubungin ja faqih ok…siap anter husus bogor

  10. Precisely how long did it take u to publish “MIE AYAM | ::
    Resep Masakan Khas ::” adrianart ? It also has plenty of fine knowledge.
    Appreciate it ,Marilou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s