MARTABAK TELOR 1


Bahan:

  • Telor
  • Daun Bawang diiris 1/2 cm
  • Bumbu Kari Daging sapi giling (sesuai selera)
  • Kulit Lumpia
  • Lada
  • Garam secukupnya
  • Arak Cina
  • Kaldu Sapi
  • Bawang putih, dikeprek dan diiris halus
  • Bawang Bombay, iris halus

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih, bawang bombay dan daging sapi giling, setelah matang, angkat.
  2. Campur telor, daun bawang tumis daging sapi, arak cina, lada, garam, kaldu sapi, dan bumbu kari.
  3. Kemudian, isi kulit lumpia dengan campuran diatas dan digoreng hingga matang.
  4. Catatan: Jumlah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Iklan

31 pemikiran pada “MARTABAK TELOR 1

  1. eh, saya sekarang tinggal di palopo sulsel. disini gak ada yang jual kulit lumpia ato kulit pangsit seperti di jawa. jadi tolong kasih resep untuk buat kulit lumpia ato kulit pangsit dong…

  2. kira2 yang membuat kulit lumpia jadi garing itu apa ya? soalnya pernah coba, kalo bikin tipis jadi mudah sobek dan setelah di goreng jadi lembek, saya maunya kulit lumpia yang garing, tolong ya…

  3. kulit lumpia itu bahannya cuma tepung terigu, air secukupnya dan garam sedikit.
    alatnya :
    wajan teflon yang biasa untuk dadar telur ato bikin pancake diameter 20-22 cm dan kuas cat selebar -/+ 4 cm – 6 cm (baiknya yang masih baru & warnanya putih tapi bukan plastik).
    siapkan juga sedikit tepung sagu tani untuk menabur diatas lembaran2 kulit biar gak lengket kalo ditumpuk.

    tepung diayak halus + garam, campur dengan air sedikit2 aduk rata sampai konsistensinya seperti adonan pelapis pisang goreng.
    panaskan pancake pan (wajan dadar) teflon.
    oleskan minyak goreng ato margarine tipis sekali dipancake pan (ini juga biasanya pake kuas),
    angkat wajan teflon lalu adonan di kuas ke permukaan wajan;
    masak sebentar sampai kelihatan pinggir dadaran kulit agak mengering & mudah lepas dan bagian tengahnya masih lentur. sisihkan kulit di piring ceper lalu taburi sedikit tepung sagu diatas tiap permukaan kulit lumpia.
    waktu memasak kulit lumpia tidak perlu dibalik karna nanti akan kaku trus gampang pecah waktu membungkus isinya.

    biasanya perlu test kekentalan adonan sebelum pas tipisnya sesuai selera.
    dua kulit pertama biasanya ketebalan ato ketipisan, air atau tepungnya ditambah sedikit.
    waktu meng-kuas adonan kulit harus sekali sapuan,jangan diulang2 karena yang sudah setengah matang akan terbawa sama kuasnya.

    waktu menggoreng lumpia yang sudah diisi, minyak goreng harus banyak & panas betul kayak si tukang gorengan di pinggir jalan itu. Hehehe 🙂
    selamat mencoba !

  4. alow salam kenal, aku tinggal di kabupaten pohuwato provinsi gorontalo disini gak ada kulit lumpia, rencananya aku mo buat sendiri, kalo pake tepung terigu aja gimana untuk menabur diatas lembaran2 kulit biar gak lengket kalo ditumpuk?
    soalnya kalo pake tepung sagu tani, disini gak ada yang jual..apakah berpengaruh nanti kulitnya pada saat digoreng?
    trims ya atas jawabannya..
    salam.

  5. ohya ada yang ketinggalan niy..aku belum punya wajan teflon, kalo menuangkan adonannya di kuali biasa aja gimana? berpengaruh tidak terhadap hasilnya..
    salam

  6. Kalau pakai tepung terigu bisa juga, tidak akan berpengaruh pada hasil gorengan. Masalah kuali biasa ngak bisa dipergunakan membuat adonan, kalau penggorengan biasa yg diberi sedikit minyak mungkin bisa. 🙂

  7. tolong kasih resep cara buat kulit martabak india,tp bukan sept yg diatas.dia gak digoreng melainkan cuma pake tangan,sept buat kulit martabak mesir itu lho…yg lengkap ya…thx bgt..

  8. jawab cepetan ya…ditambahin lg nih…tlg kasih tau takarannya,tepung,air trus gimana campuranya,soalnya setiap buat pas diceperin,ada aja yg bolong gak kuat gt,jdisinya sering keluar2…tolong ya…

  9. gimana caranya buat kulitnya..
    bukan yang kulit jadi, tapi yang masih adonan..
    jadi ntar kalo mao di masak dilebar2in itu lo..
    tau gak gimana caranya..?
    kalau tau, kirim ke email saya ya..
    makasih..

  10. kalo aku bikin lumpia pake kulit po piah jeung..hasilnya bagus banget..kriuk banget..kadang isinya aja yg diganti..bisa mie goreng, pisang-coklat..hehe..

  11. ngomong2 soal martaba mah,,,,,,,,,,
    bikin ngiler terus,,,,,,,,,,,,di sini
    martabak buatan orang arab kaga enak
    ,,,,,,,thans ya atas tipsnya
    jadi rindu pengen balik ke indonesia,,,,,,,,,,
    Maaaaaaaaaaaaaaaak acheq pengen martabak
    pesenin sama bang Mamat 7 bungkus
    yaaaaaaaaaaaaaaa maaaaak,,,,,,,,,,,,,?

  12. hey yo, alhamdulillah deh meski usia tergolong muda, q tertark benget pengen nyona resep mbak. kayaknya enak banget dah… omong2 sebelumnya q dah pernah ambil kursus cake & dekor, pastry, and the other snak. kadang gagal ga selalu benar. tapi mama q kadag suka bikin gorengan2 buar iseng2 kayak martabak, kroket, roti maryam, perkedel, sambosa, jadi kurang lebih q dah bisa bikin snak di atas. meski rasa ga 100% sama kyk adonan mama, unuk adonan kulit ga semua bisa, unuk lumpia / risoles. q males suka beli spring rolls yang dah siap pake. anyway putra lombok lucu bgt, katanya martabak bikinan orang arab kaga enak. mangnya km ada di belahan dunia mana bos?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s