:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Serombotan (Klungkung)


Bahan :

100 gr Kangkung ambil bagian pucuk dan daunnya
50 gr Bayam ambil pucuk dan daunnya.
75 gr Buncis potong 3 cm belah tidak sampai putus.
100 gr Tauge, buang akarnya.

50 gr Kacang panjang potong 3 cm
50 gr Kecipir potong serong 1 cm

Bumbu Sambal kelapa:

Kelapa 0,5 butir
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cabai merah
3 cabai kecil (bisa ditambah bila suka pedas)
Terasi secukupnya
3 cm Kencur
1 cm Lengkuas
Garam

Semua bumbu dihaluskan.

Sambal koples (sambal encer):

5 buah cabai kecil
Terasi secukupnya
Garam secukupnya
50 g Kacang tanah
1 buah Jeruk limo
Minyak kelapa secukupnya

Cara Pembuatan :

Sambal kelapa dibuat sebagai berikut:

Kelapa diparut memanjang, disangrai (digoreng tanpa minyak).

Bahan lainnya dihaluskan. Bahan yang sudah dihaluskan dicampur dengan kelapa parutan.

Sambal koples (sambal encer) dibuat sebagai berikut:

Terasi dipanggang dan kacang tanah digoreng.

Bahan-bahan sambal komples ditambah dengan terasi dan kacang tanah dan dihaluskan seluruhnya. Selanjutnya, bumbu itu ditambahkan dengan sedikit minyak kelapa, jeruk limo dan sedikit air agar campuran bumbu menjadi agak encer.

Rebus setiap sayuran bahan serombotan secara terpisah hingga masak, angkat, tiriskan. Selanjutnya diberi sambal kelapa dan sambal koples secukupnya, terus dicampur dan diaduk. Serombotan siap dihidangkan bersama nasi.

Sumber: http://kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Resep_Indonesia/Serombotan/36414

About these ads

15 Komentar»

  ws.rudi wrote @

Mantap nih klo disantap bareng krupuk dan teh manis anget .. nyam nyam nyam …. segerrrr …

http://www.arisan-online.com

  Sayid Mualim wrote @

Yumi Mantap

  Jegeg bagus wrote @

Mantap :)

Jegeg Bagus Klungkung

  Gusti Ayu Mirah Bogey wrote @

Enak banget jadi pengen ke klungkung (^ڡ^)

  meditasi wrote @

hmmm…masakan kesukaan saya… makasih

  mesin pengumpul rupiah wrote @

Assalamu’alaikum. Agan, dari pada nungguin recehan ratusan2 rupiah dari iklan2 yang ntah kapan banyaknya, mendingan gabung disini aja gan. Agan bisa download dan pelajari e-book tentang cara mendapatkan penghasilan di dunia maya dengan mesin pengumpul rupiah. Agan juga bisa punya mesin pengumpul rupiah sendiri.., seru gan…

  upgde flshdisk wrote @

enk bnget tu……..

  JASA PEMBUATAN COMPANY PROFILE wrote @

yampun ngiler aku lihatnya

  Olvie wrote @

Kankung adalah salah salah satu favoritku. Ditumis ajah sy suka…

  anton wrote @

wah saya suka kangkung mantap banget nie

  tanti wrote @

tester ah

  download film wrote @

Ini makanan asal daerah mana ya? tapi kayaknya enak deh.. jadi pengen di buatin…

  ida wrote @

nyam … nyam ini mah hampir sama dengan urap kalo kt bilang

  Agus Budiyanto wrote @

Hemmmmmmmm…..
Dari dulu mang gw suka banget ma yang namanya Sayuran…nah ini satu lagi yang pantas di coba (kalo didaerahku ini mirip dengan “Urap sayur”)

  ekspor wrote @

namanya gak keren tapi tampilannya brow


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: