:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Ketupat & Opor Ayam


Ketupat

Bahan :

3 kg beras untuk lontong
20 cangkang ketupat ukuran sedang, rendam dalam air

Cara membuatnya

  1. Beras untuk lontong dicuci bersih, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tiriskan sangkar ketupat.
  3. Masukkan ke dalamnya beras lontong. Jika isinya sudah setengah dari volume sangkar ketupat, tutup, lalu tusuk dengan pisau bagian ujung tutupnya, masukkan helai daun ketupat yang satu ke bagian yang ditusuk tadi lalu tarik dan ketupat pun tertutup dengan sempurna.
  4. Masukkan 12 buah ketupat ke dalam presto (semacam panci gitu), lalu tutup panci dengan benar dan rebus hingga matang kira-kira selama 1 jam.
  5. Jika menggunakan dandang biasa, merebus hingga matangnya kira-kira 4-6 jam.

Tips :

- Gunakan hanya beras yang untuk membuat lontong.
– Ketupat hanya tahan 2-3 hari, karena itu dimasaknya sedikit saja dan seperlunya.
– Memasak dengan presto lebih cepat dan menghemat waktu.
– Lebih baik ketupat dimasak terakhir saja setelah hidangan lebaran yang lainnya.

Opor Ayam

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong 12 bagian
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 liter santan, dari 2 butir kelapa
  • 1 sdm air asam Jawa
  • 3 sdm bawang goreng, untuk taburan
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • garam secukupnya

Haluskan:

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, sangrai
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt merica butir
  • garam secukupnya

Pelengkap:

Lontong atau ketupat, secukupnya

Cara Membuat:

  • 1 sdm ketubar, sangrai
  • Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, aduk rata, sisihkan 30 menit, cuci bersih, tiriskan.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.
  • Masukkan ayam, daun salam, serai, jahe dan daun jeruk. Aduk sampai berubah warna.
  • Tambahkan air asam Jawa. Masak sampai ayam matang, angkat.
  • Sesaat akan disajikan, panaskan kembali ayam, tuangkan santan.
  • Masak sampai mendidih. Angkat, taburi bawang goreng. Sajikan dengan pelengkap.

Untuk: 12 porsi

Sumber: http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=32022

About these ads

29 Komentar»

  asep wrote @

terima kasih

  asep wrote @

ini makanan favourite ku apa lagi saat lebaran idul fitri / idul adha hmmmm yumii

  nananina wrote @

coba ayamnya panggang sekedarnya baru dimasak opor.. enak loh..

  pretty nike wrote @

saya akan mencobanya lebaran tahun ini……trims

  Afwa aNaQ tiGa b3l4S wrote @

ini mah makanan favorit gw apalagi pakai ayam kampoeng wooooooooh sedap…………………………..nye coba ada resep opor ayam kampoeng favorit gw ………………………….

  Taufik hidayat wrote @

Subhanallah,sungguh enak,Putriku nabilah pasti doyan……sayangnya ia di lahat palembang

  Taufik wrote @

Putriku huuriyah nabilah,ayah masak opor ayam ini……….mak nyoooooos!

  mastono, masakan ayam wrote @

mari kita santap rame-rame besok

opor ayam muantap untuk lebaran

  obat herbal wrote @

lebaran sudah lewat ya hihihihi,

  Blogseven77 wrote @

wah.. lebaran dah lewat…

  imas wrote @

buat ntar malam aja dech……

  imas wrote @

walah….walah….pasti deh….ntar di coba.

  Fazagitya wrote @

wah…buat kliping………..

  nur hasanah wrote @

bumbu opor ayam ditambah lengkuas muda yang iris spt batang korek api akan menjd masakan suku bugis yaitu Nasu likku , kuahnya dikit banget lho .

  ShinyLien wrote @

Enak tuh, kemaren pas lebaran saya makan ketupat ama opor ayam. Enak banget sampe nambah. Hehe.

  Mercurer wrote @

Ayamnya diganti bebek bisa kali ya? Lagi banyak bebek nih

  sakisoku wrote @

Makasih resepnya, maknyos kayaknya neh.. simpan dulu buat lebaran mendatang :)

oiya skalian nitip iklan

  Jasa Cetak CD wrote @

Mantap resepnya

Enak Rasanya jika liat dari gambarnya sih

Sukses untuk anda ya

Dari Pabrik Copy CD .com

  resep masakan indonesia wrote @

Makasih resepnya..saya minta ijin copy paste

  gecko lover wrote @

muantaaaaaaab banget nih

  wulan wrote @

hmm, enak itu.
Bs dpraktekin bsk drmh. :)

  arashi kensho wrote @

nih udah jadi masakannya, siapa yg mau nyobain?? Datng aj ke rmh ku, gak usah malu2.Wk..wk..wk.

  okta wrote @

yummy nih..

sarana belajar untuk persiapan nanti lebaran :D

  Vivin wrote @

mantapp….bisa nambah ilmu masak nih :)

  DItva Prasetyo wrote @

wah mantab…saya coba ah..

  Milenium Travel-Pulau Tidung wrote @

Boleh juga neh buat lebaran.

  maria wrote @

favorit adekq ni,,thanks resepnya sist…

  resep masakan nusantara wrote @

bentar lagi lebaran, cocok buat mnu nar

  Jual obat kencing nanah wrote @

enak bgt jadi pengen buat…mau banget nyicipin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 333 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: