:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Mie Kering Makassar (Mie Titi)


Bahan-bahan :
– Mie Telor
– Daging ayam (ayam filet or ayam potong bisa aja)
– Ati sapi (kalau gak ada pake liverpastei juga bisa)
– Udang diiris sesuai selera
– Baso sapi/ayam 5 butir, iris sesuai selera
– Telor 1- 2 butir, tergantung selera
– Sayur-sayuran (kol, sawi, wortel, etc)
– Tomat
– daun seledri, bawang en prei jangan lupa – iris2 halus
– tepung maizena 3 sendok or sesuai takaran kekentalan yang diinginkan
– Minyak goreng

Bumbu-bumbu :
– bawang putih 3 siung
– bawang bombay 1 siung kecil
– bawang merah 1 siung
– kemiri 1 biji- merica en paprika bubuk
– garam
– cinta;)

Pelengkap :
– jeruk nipis or citroen
– bawang goreng / gebakken uitjes dari Conimex or Inproba;)
– sambel botol

Cara membuat :
** Mie :
– Taruh kepingan mie dibaskom, en siram dengan air panas. Diamkan kurang lebih 4 menit sampe rada lembek (biarkan mie terurai). Tiriskan en biarkan agak dingin dulu.
– Goreng mie yang sudah tiris di wajan or frituurpan (pake’minyak agak banyakan ya, biar mienya tenggelam di minyak), sampai berwarna kecoklatan en jadi kering. Simpan di wadah tertutup biar tetep renyah.

** Kuahnya :
– Rebus ayam dengan 2 liter air (or sesukanya, takaran gue suka2 soale;)) sampai ayamnya lembek, en air rebusan ayam disisihkan buat kuah. Daging ayam di iris2 kotak, sisihkan.
– Bumbu2 diulek or diblender jadi satu. Merica dan garam boleh ditambahkan kemudian sesuai keinginan
– Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan, kalau sudah kecoklatan masukkan irisan udang, ayam dan baso, aduk sama-sama. Biar gak lengket, masukkan sedikit demi sedikit air rebusan ayam sampai habis. Takaran kuah sesuai selera dan keinginan (kalo gue suka kalau banyak kuahnya, jadi suka dilebih2kan air rebusannya). Biarkan sampai mendidih.
– Sambil kuah mendidih, cicipin dikit takaran garam en merica. tiup2 dulu, jangan sampai lidah jadi terbakar kepanasan;).
– Setelah menididih beberapa saat, masukkan sayur2an yang sudah dipotong2, biarkan beberapa saat.
– Siapkan campuran tepung maizena yang diaduk dengan air, tuang perlahan2 kedalam kuah sampai tercapai kekentalan yang diinginkan.
– Setelah kuah rada mengental, yang terakhir masukkan ceplokan telur dan langsung aduk kuah biar jadi terlihat seperti berserat.
– Biarkan mendidih beberapa saat sambil terus diaduk – supaya gak lengket di panci.
– Masukkan irisan daun seledri, bawang, dan prei.. Udah, selesai buat kuahnya
– Matikan kompor jangan lupa ya;)..

Cara penyajian :
– Siapkan piring, dan taruh mie goreng kering di piring sesuai porsi yang diinginkan
– Tuangkan kuah diatas mie.
– Taburi dengan bawang goreng, peras dengan jeruk nipis, tuangin dengan sambel botol.
– Jangan lupa, masukkan sejumput bumbu cinta kedalam mie titi ini;)..
– Selamat menikmati.

Tips :
– Untuk daging ayam : kalo gue lebih seneng pake ayam potongan gitu (kip karbonade), tapi kulit ayamnya dilepas dulu, en lemak2nya disingkirkan, baru ayamnya di rebus. Soale tulangnya khan gurih tuh buat kuah, en ntarnya khan bisa gue nikmati juga.
– Kulit ayam gue gak buang, di iris kecil2 terus digoreng dijadiin minyak ayam. Jadinya tambah nikmat.
– Kalau yang suka, boleh pake vetsin or penyedap rasa.. gue mah nggak pernah pake, jadi gak dicantumin di bahan2.

sumber asli: http://dianlodewijk.multiply.com/photos/album/3/Mie_Titi_a_la_Dian

sumber photo: http://orbit99tours.blogspot.com/2010/03/mie-kering-renyah-berkuah-gurih.html

About these ads

26 Komentar»

  julianusginting wrote @

mengamankan posisi pertama… :-)

  berta wrote @

trims buat resepnya….
tinggal di NL ya?

  kumpulan resep wrote @

terima kasih resep nya…
bagus resep nya…
saya coba dulu ya…

boleh tukaran link ga?

  indyastaric06 wrote @

itu mirip dengan bihun ya..btw,makasih resepnya mantabbb

  paper bag wrote @

terima kasih atas resepnya..
kapan2 mau di coba…

  akhmad akbar wrote @

belum pernah makan..jadi pengen

  nyom wrote @

klo mau mau masukin resep, cantumin sumber aslinya dong

http://dianlodewijk.multiply.com/photos/album/3/Mie_Titi_a_la_Dian

  Dian wrote @

aduh, koq resepku dicopy paste tanpa ijin ya? melanggar hak cipta tuh! sebenernya gak kenapa2 sich, cuman masalahnya ingredientsnya sudah disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal aku sekarang, jadi udah gak originel lagi en kalo ada yang mo pakai trus nggak ngerti, apa yang ngecopy paste ini bisa ngejelasin? semoga jadi pelajaran kemudian hari, bila mengutip or mengambil dari situs tolong dipasang source linknya. thanks

  ShinyLien wrote @

Wah, kayanya enak banget ya, Jadi kepengen coba juga. Thanks resepnya.

  Alexander wrote @

Mienya pansti lebih enak dan aman di konsumsi jika di tambahkan KALDU NON MSG

14000/btl blm termasuk ongkir
tersedia rasa sapi dan ayam
order : 08128006846

Maaf skalian numpang promosi

  Uchal wrote @

Terima kasih infonya ,, saya mau nanya kalau buka warung makan dengan menu mie TITI butuh modal berapa Bpk/Ibu , saya tertarik dgn bisnis makanan ini ..

  company profile wrote @

waaaaaa ternyata ada juga ini terima aksih share nya :)

  Irma wrote @

Penasaran dengan mi titi’ ternyata resepnya ketemu disini thanks deh

  irha wrote @

makasih yah tips sm resepnya..
Mau sy coba :D

  yun wrote @

thanks esepnya. pengen nyoba bikin nih :)

  BuDo Lemangga wrote @

Love this food

  hasan wrote @

saya dijakarta cari mie telor merek apa dan kalau dijakarta dibeli dimana

  Ashif Ubaidillah wrote @

Mantaaabs….
Resepnya Ok

  Safira Ramadhani wrote @

wah, salah nih resep, cara bikinnya aja udah sala :(

  thika wrote @

mksh resepx aku pengen nyobain bsok ahhh

  milda suhardy wrote @

kesukaan suamiku nih

  rudibrugman wrote @

Bukan masalah salah dan benarnya,,, intinya adalah rasanya,,,,, eh coba di bumbu halusnya kasi kunyit mentah dikit sama serai dikit,,, pasti tambah joss rasanya,,, menurut saya lebih keliatan menarik pake tepung terigu buat kental,, tampilannya lebih menarik,,, saya sudah membuktikannya, jgn lupa bakso nya sebagian di goreng,,,,,

  idha wrote @

makasih yah resepnx,,,skarang waktunx mencoba dhe.

  Toko Bunga wrote @

Ma’nyus!! ini mirip sama I fu mie gak ya?

  jasa penulis surat lamaran wrote @

waduh jadi laper :mrgreen:

  RESEP MIE TITI wrote @

Mie titi adalah masakan khas dari Makassar. Untuk membuat masakan mie titi memang dibutuhkan kesabaran…tapi asal sabar pasti hasilnya maksimal kok….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 333 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: