:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

MEMBUAT SOSIS IKAN


Sosis ikan adalah satu olahan yang dibuat dari pasta ikan ditambah dengan bumbu-bumbu, kemudian dibungkus/dikemas dengan usus kambing/pengemas lainnya disebut “Casing”.

Jenis-jenis ikan sebagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat sosis ikan adalah ikan kakap, tenggiri, ekor kuning, taking-talang dan ikan remang. Di samping itu beberapa jenis ikan dasar merupakan hasil samping tangkapan udang (golongan trasfish) seperti bloso, selanget, kuniran, mata besar, tigawaja, dll.

Jenis-jenis tersebut termasuk ikan yang harganya relatif murah, berkulit keras tetapi dagingnya mengandung protein yang sama dengan jenis ikan lain dan yang berwarna putih/krem, bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sosis ikan. Daging ikan dari golongan trasfish biasanya diolah menjadi surimi yang dapat digunakan sebagai bahan baku sosis ikan.

Bumbu-bumbu dan Bahan Penyerta

Sekarang kita akan coba melihat bumbu-bumbu apa saja yang diperlukan untuk pembuatan sosis ikan.

  1. garam : 2,5 % – 3 %
  2. gula halus : 1,5 %
  3. merica/lada : 0,5 %
  4. minyak goreng : 2,5 % – 3 %
  5. bumbu masak : 0,7 %
  6. condiment : 2 %
    ( dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih dan jahe dengan perbandingan 15 : 3 : 1 ).

Selain bumbu, kita juga bahan-bahan penyerta antara lain :

  1. tepung tapioca 10 %
  2. putih telur ( untuk 1 kg daging ikan digunakan 2 putih telur )
  3. usus kambing atau bahan casing lainnya sesuai kebutuhan dan
  4. es batu secukupnya

Persentase bumbu-bumbu dan bahan pembantu dihitung berdasarkan berat
daging ikan.

Cara Pembuatan Sosis Ikan

Pembuatan Adonan

Pertama-tama ikan difillet kemudian diambil dagingnya dan giling hingga lumat / halus. Kamudian tambahkan garam sedikit demi sedikit pada daging yang telah halus dan diaduk hingga merata.

Masukkan minyak goreng, aduk terus sampai terhancur rasa, tambahkan tepung tapioca sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kemudian berturut-turut masukkan gula halus, merica halus, condiment, bumbu masak, dan putih telur dan diaduk sampai homogeny bongkahan-bongkahan es batu pada saat pencampuran / pengadukan, sehingga diperoleh elastisitas yang baik pada sosis ikan.

Pengisian Adonan Ke dalam Casing

Adonan yang telah siap, dimasukkan ke dalam “stufler” lalu isikan ke dalam casing (usus kambing) dengan cara menekan / menyemprotkan. Usahakan tidak terdapat rongga-rongga udara di dalam casing tersebut. Tentukan ukuran panjang sosis kira-kira 4 – 6 cm, kemudian ikat dengan tali, biarkan sampai beberapa ikatan.

Perebusan

Perebusan sosis ikan dilakukan sebagai berikut :
a. Masukkan ke dalam air panas dengan suhu + 60 C selama 20 menit
b. Kemudian rebus kembali dalam air panas dengan suhu 90 C hingga matang
c. Setelah matang angkat dan tiriskan.

Penyimpanan dan Penyajian

Untuk memperpanjang daya awet, sosis ikan disimpan pada suhu rendah di lemari es. Sebelum disimpan, sosis ikan sebaiknya diasap terlebih dahulu. Sosis ikan disajikan dengan cara digoreng dengan margarine/mentega ( 3 – 5 menit ) dan diberi sambal dan saus tomat.

Sumber : http://bisnisukm.com

About these ads

18 Komentar»

  anwar wrote @

sangat menarik dan patut ditaruh ditingkat teratas.

  fendy wrote @

peluang yang sangat prosoektif untuk mengembangkan produk olahan ikan ini, saya izin mnegutip artikelnya

  eko pranoto wrote @

tuan/nyonya, saya minta ijin mengkopi resepnya. semoga bermanfaat di dunia dan akherat

  Aidil wrote @

saya izin buat penelitian saya, boleh kan…

  cuek wrote @

mangga silahkann….

  Lila wrote @

wah,,sprtix enak tuch..
D surabaya kira2 sdh ada yg mbuka usaha sosis ikan ini g?

  nie_you wrote @

so good……..

siiiiipppp………………. hahahahaha,,,,,,, makasih bangets…

  Eana wrote @

Waw… bagus dan lengkap banget tapi ada yang gak saya ngerti bongkahan es batu buat apa ya?diaduk sama daging ikan atau gimana mohon konfirmasi saya mau coba nih..

  mukarramah wrote @

izin nyedot bos…..

pembutan proposal wisudah….

  Winda wrote @

Thx ya…. atas infox!! Bolehkan saya tiru resepx?? Oh ya…klo usus kambingx diganti dng yg lain bisa ga ya…??? Denger2 sih ada yg pake agar2, gmn tuh…????? Thx sekali lg buat ilmux, smoga bermanfa’at & mendapatkan pahala…. Amin…

  neng tanty wrote @

mw tanya, apakah membuat nugget dengan bahan baku keong mas cara pembuatannya sama? atau ada hal lain yang membedakan

  muhammad wrote @

terima kasih ilmunya semoga ini disajikan lengkap tidak ada kekurangan, mohon izin saya minta ilmunya, terima kasih byk

  galuh wrote @

pemasrannya bagaimana tuh?
gmana cara menembus produk ini ke pasar luar/ ekspor..?

  hendro waluyo wrote @

wh bgus artickelnya,semoga bermanfaat dunia n akhirat,oya mau minta izin mau d copy,ehe

  Sulismiani Ulis wrote @

sosis ikan kaya Omega 3

  sri wrote @

apa itu homogeny mbak . dan apa itu garam sendawa. apa betul tepung campuran sosis itu tpng tapioka?

  yons wrote @

mantab dah

  Jefry wrote @

saya pengen bisa membuat sosis sendiri secara lebih sehat dan amand ari pada sosis yang dijual dipasaran
terima kasih infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 333 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: