:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

MEMBUAT PETIS IKAN & UDANG


Bahan Baku dan Bumbu

1.Petis udang /ikan adalah hasil pengolahan kaldu / sari udang atau
ikan yang diberi bumbu-bumbu,sehingga berbentuk pasta yang berwarna
cokelat kehitaman dan mempunyai aroma yang khas.
Petis dapat dibuat dari :
- Udang / ikan
- Sisa-sisa udang pemanfaatan limbah kepala dan kulit dan
- Sari ikan dari pembuatan pindang

2. Bumbu

Bumbu-bumbu yang ditambahkan adalah gula merah / putih dan garam. Untuk
mempercepat proses pengentalan dan memperbaiki konsentrasi dapat ditambah
bahan-bahan pengental, seperti tepung beras, tapioka atau air tajin

Proses Pengolahan

ada 2 cara pengolahan petis, yaitu yang berasal dari sari udang dan daging
udang / ikan

1.Cara pengolahan petis dari sari udang

a.Bersihkan dan cuci udang / sisa-sisa kepala dan kulit udang
b.Rebus dengan air hingga mendidih ( untuk 0,5 kg udang direbus
dalam 2 liter air selama 40 – 45% menit )
c.Saring air rebusan tersebut dan beri bumbu-bumbu, seperti : gula
dan garam
d.Panaskan kembali hingga mengental dan berbentuk pasta
e.Dinginkan dan masukkan dalam wadah plastik atau botol

2. Cara pengolahan dari daging udang / ikan

a.Udang dicuci bersih dan ditumbuk halus kemudian diremas-remas
dengan tangan sambil diberi air dan disaring
b.Lakukan pekerjaan ini sampai 3 kali
c.Sebagai pedoman, untuk 0,5 gr udang diperlukan 3 liter air yang
pengunaannya bertahap sebanyak 3 kali yang diperlakukan sama sepertu di
atas
d.Hasil saringan dipanaskan sambil diberi bumbu garam dan dan gula
merah secukupnya sampai mengental
e.Dinginkan dan tempatkan dalam wadah plastik / botol

Penyajian

Biasanya petis dikonsumsi sebagai bumbu sambal pada rujak buah /
sayur, sebagai teman makan tahu atau juga untuk bumbu tambahan pada
nasi goreng

Sumber : http://bisnisukm.com

About these ads

14 Komentar»

  Fendi wrote @

Akhirnya tau jg cara buat petis….,
bagaimanapun caranya…..yg penting rasanya maknyus….!!

  anto wrote @

mantap… akirna tahu juga aku carana… nyuba dulu ahhhhhhh

  harry wrote @

trus supaya bisa warna hitam bagimana……

  elvan wrote @

aku jualan petis khas udang bila ada yang berminat jadi agen moggo klik http://petisindonesia.blogspot.com/
tak tunggu ya

  Repoeblicipa3smancir wrote @

Trimah kasiH ats inf0nya dpt membantu nyelesaiin tgs kelautanq

  Santika wrote @

lebih banyak mana kandungan gizi yang kita dapatkan dari petis udang dengan petis ikan???

  abu yazid wrote @

dulu masa mondok di dalwa selalu rasa. bulan julai lalu dapat hadiah dr sahabat masa silaturahmi. memang enak…

  Rifai wrote @

Waduhhhhhh senangnya
Kemarin 2bulan yang lalu saya berhasil membuat terasi Udang sendiri.
Besok saya akan coba buat petis udang.
Kalau udang 1 Kg. air 3 liter, gula merahnya berapa dan garamnya berapa.
Penggodokan dari 3 liter air disisakan berapa liter ? nggodoknya api kecil apa api besar ????????
Makasih
Rief

  jonidorkpwg wrote @

mksih wat info’a

  hendro wrote @

yg mw aplikasi buat petis. butuh bahan dasar nya. Tepung udang. Kepala udang. Tepung beras. Tepung tapioka. Garam dll. Call 087851456878.

  Windanto Win wrote @

PETIS UDANG BIAR TAHAN LAMA DI BOTOL HARUS DIBERI APA?

  budi prawoto wrote @

saya juga punya bisnis petis yg mau pesan oke..siap kirim…

  jasa pengaspalan wrote @

wow mantap nih

  fadel wrote @

apa beda rasanya antara yang pakai kepala dan kulit udang atau yang memakai daging udang?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: