:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

ANEKA OBAT TRADISIONAL UNTUK ANAK


Get cash from your website. Sign up as affiliate.
Berikut sejumlah obat dan bumbu dapur yang biasa digunakan sekaligus kegunaannya:

Bawang Merah

Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuh bayi/anak.Untuk borok, 3 siung bawang merah dan 2 jari rimpang kunyit dicuci,diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok minyak kelapa baru.Hangatkan diatas api kecil sambil diaduk.Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari.Untuk masuk angin, 8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campurdengan air kapur sirih secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.

Jahe
Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada anak.Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas. Berikan 1-2 kali per hari sesuai umurnya.

Kunyit (kunir)

Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu) Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda dan segar dicuci bersih, tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat, diperas dan diambil airnya.Beri garam secukupnya sebelum diminumkan pada anak.Air perasan diberikan pada anak sekehendaknya.

Belimbing wuluh (belimbing asam, belimbing buluk)
Biasanya digunakan untuk obat batuk anak. Caranya, kukus (dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam) satu genggam (sekitar 11-12 gram) bunga belimbing wuluh segar, 5 butiradas, 1 sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air. Saring dan minumkan 2-3 kali per hari dengan dosis sesuai usia anak.

Mengkudu (pace)
Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Caranya, panaskan daun mengkudu diatas api beberapasaat, lalu olesi minyak kelapa segar / yang baru. Tempelkan pada perut anak sewaktu hangat. Bisa diulang beberapa kali.

Kemiri
Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan setiap malam. Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang sudah jadi.

Air Kelapa Muda
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.

Brotowali (Putrawali, andawali)
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara
usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt. Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari,balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap),sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.

Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawan 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis,rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan. Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.

Adas (fennel)
Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan
dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.

About these ads

53 Komentar»

  ashel wrote @

BAGI DHONG RAMUAN BUAT MENURUNKAN BERAT BADAN.

  Ahmad Irfan AW wrote @

sejak kecilsaya memang sudah mengunakan abat tradisional , trimakasih telah mempublikasikannya

  rendi wrote @

bagaimana menghilangkan alit bekas gatal atau luka kecil pada kulit

  chris wrote @

tolong donk bagaimana cara menaikkan berat badan anak, trims

  Adilu wrote @

tolong dengan obat anti pipis malam bagi si kecil

  aldon wrote @

bagaimana caranya supaya buang air besar anak tidak keras sihingga sianak tidak kesakitan sewaktu buang air besar. terimakasih

  Mbu dhafi wrote @

bunda, kurangi takaran susu anak bunda. atau beri sayuran dan minum air putih yang banyak
.

  Anggie wrote @

Anak sy uda 2,5 thn tp blm lancar ngomongnya. Tolong dong, ada gak obat tradisional yg bisa buat anak jd lancar bicara. Trims

  FTan wrote @

Obatnya harus sering2 diajak omong, dan masukkan Day-care, jangan di momong oleh pembantu. Cucu saya sekarang baru bisa pintar ngomong, abis di masukkan D.C. kumpul sama anak2 sepantarannya.

  rahmi wrote @

obat tradisionalnya dilengkapi cara mengolahnya dong????

  Obat Tradisional wrote @

Hebatt. aye baru pertamakali lihat ada blog yang punya 4 kolum kaya gini

oh ya saya juga ada blog tentang obat-obat tradisional jangan lupa kunjungi http://www.ObatKuno.com yah, makasih

  hersu wrote @

makasih…

  novi wrote @

tolong obat penambah nafsu makan anak usia 5 tahun dan 1,5 tahun.. sama penurun berat badan dong, buat ibue… makasih

  Varian Hermianto wrote @

Bisa main ke sini juga pak bu … http://www.jamugodhog.com …. Artikel nya ok, salam sukses…

  stainless tanks wrote @

Ada ramuan untuk mengobati sakit hati ga??

  Lukisan Minimalis wrote @

Ada,, ramuan nya sholat,,hehehhehe :D

  mama tole wrote @

minta cara turun berat badan n kecilin perut.

  sahrulpabiccang wrote @

Bagus bgt bro, numpang baca ya.

  yenny wrote @

anak saya sudah seminggu ini tiba tiba perutnya sakit,..sehari bisa 2 kali serangan ,..kata dokter kolik,..kejang usus,.bagaimana obatnya,..dan benar ga kolik datang tiap hari bgtu,..??
tolong sarannya

  Rif wrote @

Penyakit perut.

Beberapa catatan dan petunjuk.
Mencegah penyakit perut lebih baik dari pada mengobatinya. Pencegahan dapat dilakukan dengan
mengambil tindakan pencegahan dan cara hidup yang higienis.
152. Kita mulai dengan selama beberapa hari minum air nanas tanpa obat lain. Orang dewasa
dapat minum sebanyak dua gelas sehari. Jika belum memuaskan gunakan garam Karlsbad selama
beberapa hari.
153. Selanjutnya dapat memakai obat yang mengandung rabarber dan tanaman yang
memperlancar cairan empedu seperti temu lawak, lempuyang, pegagan, kunei, kunei pepet dsb.
154. Agar berak penderita normal padat, seringkali harus diusahakan agar panas dalam hilang. Hal
ini dapat dicapai dengan mengusahakan agar kelebihan eairan yang dikeluarkan melalui usus
dipindahkan melalui ginjal. Untuk ini dipakai sidawayah, sembung, daun meniran dan daun trawas
yang umumnya dieampur dengan ramuan lain.
155. Sebelum mengobati sakit perut, sebaiknya saluran pencernaan dibersihkan dengan
menggunakan obat peneahar. Seperti kastroli atau garam Karlsbad .
156. Pada umumnya digunakan kastroli yang jika digunakan dengan baik tidak akan berakibat
apa-apa. Dosis yang terlalu kecil justru akan menyebabkan kram. Cara terbaik adalah minum
kastroli dengan teh hangat tanpa gula. Bagi mereka yang biasanya buang air besar secara teratur,
dosisnya terdiri atas dua sendok teh sekali minum. Setelah minum obat lalu gerak badan dan jika
terjadi serdawa bukalah mulut. Jangan makan sebelum kastroli bekerja dua kali. Selain itu, pada
hari itu harus diet dengan umpamatidak makan buah. Setelah kastroli bekerja, dapat menggunakan
obat anti kram yang mencegah kejang usus seperti sepotong lempuyang wangi sebesar jari,
sebongkol kunci, beberapa merica bolong dan sedikit pulosari direbus dalam 200 gram air sampai
air tinggal setengah. Ramuan ini diminum hangat sedikit demi sedikit dengan selang waktu yang
pendek.
157. Ramuan lain sbb: sepotong empu kunir sebesar setengah jari. tujuh butir ketumbar, tujuh butir
meriea bolong dan kayu pulosari setengah jari ditumbuk halus bersama daun trawas. Tambah
sedikit kayu angin. Rebus dalam dua cangkir air sampai airnya tinggal setengahnya. Ramuan ini
diminum hangat sekatigus.
158. Sesekali teadi bahwa setelah minum kastroti kram berlanjut meskipun tidak terdapat darah
dalam kotoran. Penderita banyak buang air besar, berwarna hitam dan ada gangguan pengejangan
usus. Hal ini menandakan bahwa laksasi kurang sempurna. Minumlah ramuan yang bersifat laksasi
seperti rabarber atau garam Karlsbad.
159. Sebuah ramuan yang seringkati dapat bekerja dengan cepat jika penyakit perut ini baru terjadi
dan sudah dilakukan tindakan pertama dengan laksasi kastroti, tetapi masih terdapat pengejangan
adalah sbb: tujuh tembar pucuk daun jambu klutuk, sepotong menyan madu sebesar kacang
ditumbuk halus dan masukkan dalam segelas kecil air ditambah sedikit garam. Ramuan ini diminum
sekatigus.
Halam

  sahrulpabiccang wrote @

Boleh juga tu resepx bagi dong.

  nicnmah wrote @

wah. . . . .
informasi ini sangat bermanfaat banget loh. . .
makch yach. . .

  asniar wrote @

makacih yah………
semua infonya sangat bermanfaat

  rose wrote @

ada tidak obat tradisional utk mengobati keracunan makanan pada bayi yang masih menyusui

  Eddy wrote @

Sangat berguna

  Realty South wrote @

A someone can eat the antagonist but moldiness be in the shade of neat grooming

  Lukisan Minimalis wrote @

Makasih atas postingannya,, seneng bisa baca-baca, nambah pengetahuan dkit2 gtu :)
salam :www.lukisanminimalismurah.com

  polobye wrote @

kalau obat herbal atau suplement herbal untuk perkembangan otak anak apanya? biar gak usah suplement kimia

  asep fahudin wrote @

untuk obat herbal supaya anak ga rewel ada ya ga ya ???
Toko-Tenun

  grosiran pakaian anak wrote @

Bisa buat obat alternatif…

  travel haji plus wrote @

terima kasih informasinya. akan sy coba untuk anak-anak sy. mudah2an cocok dan manjur

  obatherbal wrote @

Tips-tips nya bermanfaat, terima kasih.

  ari wrote @

Anak saya sekarang ini berumur satu setengah tahun,nafsu makannya kurang,mungkinkah anak saya cacingan dok,sehinnga nafsu makan anak saya berkurang??Adakah obat supaya nafsu makannya semakin bertambah dok??

  iim wrote @

trims

  obat herbal wrote @

info yang bagus

  Info cinta dan kesehatan wrote @

info2 di sini menarik

  kamila wrote @

Memang lebih bagus pengobatan dengan cara tradisional..

  Nina Herlina wrote @

thanks berat infox…! tlg kirimin cara agar anak bisa tidur nyenyak dan mau makan donk!

  Ifham wrote @

Anak saya cuman sekali di imunisasi. Setelah mengetahui adanya kontrvrsi dgn imunisasi, akan mengurungkn niat mmbwnya lg imunisasi. Skrng tpat usia anak 15 bulan, tbuh ank timbul bercak merah2 dn gatal. Pertnyaan : adakah obat2 herbal mengatasi hal ini. Jazakumullah

  indah wrote @

good sekali

  ibunya syifa wrote @

kalo resep untuk tambah berat badan anak ada gak? bagi dunk….tq

  mama padma wrote @

Bagus banget info nya. Tnx.

  madjongke wrote @

Infonya sangat bermanfaat

  loe2 wrote @

agar anak cepat bisa jalan apa yach?? tolong dunk

  Ronny S wrote @

Agar anak umur 1 tahun nafsu makan dikasih apa ya?

  Linda dm wrote @

Mkasi ya??

  Ummu asrul wrote @

Bagus juga yah,pake obat herbal,ga’ takut ama efek sampingnya.syukran.

  Ummu asrul wrote @

Assalamu ‘alaikum
anak saya umur 27 bulan,dia demam tinggi,batuk,beringus juga,lidahnya juga mengelupas..
Apakah ada obat herbalnya.syukran.

  walyani wrote @

Apasih obat alami untuk anak yg terkena hernia? Udah bertahun-tahun…

  irna wrote @

ad bkas luka dkaki sya yg 1 wrna htam yg 1 wrna pth?cra hlangkan’a pk obt ap y?trims

  Roy wrote @

Informasi yang sangat bermanfaat bagi yeng memerlukan cara pengobatan alami.

  ayyashfii wrote @

bunda, obt herbal untk muntah pa ya? tp tdk disertai demam dan BAB

  obat pelangsing cepat aman dan ampuh wrote @

good nice tipnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Keinginan Untuk Terus Belajar Menggapai Ilmu

Pikiran Yang Labil Berakhir Ketidaksempurnaan Hasil Kerja

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

Ardichris's Blog

Just another WordPress.com weblog

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 325 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: