:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Palumara (Sulawesi Tengah)


Bahan :
500 gr ikan kakap (dipotong dadu)
500 cc air asam (5 buah asam masak)
1 sdk makan minyak kelapa
1 batang sereh
Dihaluskan :
5 buah cabe rawit
10 buah lombok keriting
1 ruas jahe
Garam secukupnya

Cara membuat :
Ikan kakap dibersihkan, masukkan ke dalam panci, masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan air asam, minyak kelapa serta sereh.
Dimasak hingga mengental.
Siap disajikan…
Maknyusss.. !! : p

About these ads

15 Komentar»

  sullams wrote @

PalluMara bukan Palumara bukan masakan dari Sulawesi Tengah tapi merupakan masakan khas Makassar demikian juga dengan Utakkelo adalah Masakan orang Bugis semuanya dari Sulawesi Selatan. Sekedar koreksi ajha…di Sulawesi Tengah kebanyakan penduduknya dari Bugis dan Makassar sehingga masakan ini juga ditemukan disana.

  Zeal Rama wrote @

Palumara bukan d’ Sulawesi za ada nya, tp di Kaltim jg ada, blang nya sie msakan Mandar yap????

  defy wrote @

bugis dan maksar memang bnyak di kota palu,sulawesi tenga.tapi kurang banget yg suka makan utakelo,apalgi cara buat palumara khasnya kaili.
palumara memang bersal dari mana saja,tapi dengan beda” resep dan nama,kalu bungku bilang palumarah itu syur ikan kalu orang sumatra,,yach sayur sumatra..kalu bugis ngga tw juga y,,abis banyk bugis yg masih binggung cara buatnya..apalgi pake resepnya kaili…

  baco KEPPE wrote @

lawa taipa itu bukan masakan Sulawesi tengah tapi makanan orang palopo selatan ( Sulawesi selatan ).
Itu makanan enak disajikan dengan kapurung dan BETE TUNU.
Dau ka aku-aku mane. ( Jangan asal ngaku yah )

  syahroni syamsu wrote @

yg dari palu itu yah PALUMARA karena hurup L cuma satu, Kalau memakai L 2 itu baru dari Sulsel, kenapa dikatakan Palumara kerena masakan tersebut mempunyai rasa yg sangat pedas, makanya setelah orang selesai makan kelihatan, orang tersebut seperti habis marah sebab kepedesan dan mandi keringat.

  SRI PURNAMA wrote @

Bener, PALLUMARA bukan PALUMARA. Emang pedes tapi enaaaakkkkk.

  Ojo wrote @

kalau di Makassar Pallumara tapi kalau di Sulawesi Tengah disebut Palumara, memang bumbunya hampir mirip :)

  Omy wrote @

pelesetan gitu yak wakakakak….bisa aja ngelesnya :p

  andra wrote @

Wah enak banget kayaknya, perlu dicoba tuh

  ANdik wrote @

Maun dunk kirimi sampelnya, biar bisa dicipi…

  ismi wrote @

hhmmm palumara memang enak,,, apa lagi klw di makan ma nasi hangat,,wuw makin enak deh….

  toni sugiri wrote @

apakah gak pakai kunyit ?

  suprianto wrote @

jangan debat asal-usul yang penting made in Indonesia soalnya saya orang jawa bisa juga kok buat pallumara tanpa membaca resep cukup saya rasa dan saya amati bahan yang ada dimangkuk (dipolewali waktu itu) besoknya buat langsung jadi ………. yang jelas gue suka banget ama tu barang dan sampe sekarang sering buat ya walo bumbu agak dimodif dikit tambah aja daun sop, daun bawang, bawang bombay, daun jeruk purut kalo ada, plus lombok biji 100 butir dihambur diatasnya (yang hijau) biar nendang

  eva wrote @

“perasaan sop palumara itu bukan dr sulawesi tp dr makasar”,soalnya aku pernah bekerja di seafood khas makasar”,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  mat wrote @

biarpun dr mana aja, tetep aja yg masak org dari jawa..haha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: