:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Soto Grombyang (Pemalang)


Bahan:
500 gram daging sandung lamur, dipotong kotak2 cm
50 gram kelapa setengah tua, dikupas lalu diparut kasar
3 sendok makan taoco
2 lembar daun salam
3 batang serai, dimemarkan
1500 ml
5 sendok makan bawang goreng

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah kluwek diambil dagingnya
1 sendok makan + 2 sendok teh garam
3 sendok teh gula merah

Cara membuat :
1. Sangrai kelapa parut hingga kecokelatan, sisihkan.
2. Rebus daging, taoco, daun salam, serai, kelapa sangrai, dan bumbu halus.
3. Masak sampai bumbu meresap dan daging lunak.
4. Sajikan dengan bawang goreng.

Untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

About these ads

21 Komentar»

  Heru Puryanto wrote @

Pokoke unek tenan mak nyuuusssss. lha soto Dekemnya mana BOSSS?

  FITRIA HIMA MAHLIGAI wrote @

Grombyang sangat khas Pemalang. Sulit ditemukan masakan seperti ini di kota lain. Bumbunya ga ada yang bisa membuat selain orang Pemalang. Pokoknya ga ada yang duanya. Pokoke mak nyuuuusss

  Qqy wrote @

Kapan nih resep nasi grombyang nya muncul….kata Nenek waktu tinggal di Pemalang, ueanaak banget. Apalagi pas lagi laper-lapernya. Aku jadi gak sabaran pingin tau. Ada gak resep tradisional nya nih… Makash yaa…Qqy tunggu loh…Resep Masakan Khas emang JEMPOLAN.

  lusy wrote @

selain nasi gronbayangnya yang khas,gue juga mau ngenalin tempat berwisata juga banyak salah satunya di pantai jaka tingkir atau pantai Nyamplung…….G kalah sama pantai widuri lho

  lusy wrote @

Hey Guys kapan nich mau main lagi ke pemalang.mangnya ga kangen sama suasana dan enaknya makanan khas pemalang.atau gue kenalin resto yang nyaman dan makanannya uenak2,ada ……….
kebon bamboe di comal tempatnya nyaman dan asri lho loe2 mesti nyabain dech pasti ketagihan.

  Ira wrote @

wah…saya orang asli tegal yg uda merantau sejak lama. kangen sekali sama grombyang (kalau di Tegal jadi gombyang). Kapan2 saya coba buat sendiri deh…

  dimas kanahaya wrote @

emang ok banget grombnyang, aku asli banyumas tapi waktu aku main ke pemalang aku nyicipin masakan yang namanya grombyang itu wah ketagihan tenan pokoke mak nyossssssssssss….!

  halimah wrote @

pokoke mak nyuuss!
ini resep sama seperti warung yang dekat alun-alun pemalang yah?

  yuNie wrote @

grombyaNg pemalang emang top abiezzz…
tiap pulaNg ke pemalang aku selalu nyempetin mampir bwt makan nasi grombyang ( di siranDu tepatnya).

tHank”s bwT resepnya…
jaDi bisa nyoba bwT grombyaNg sendiri…

  ado g@nteng’s wrote @

enak seh rasanya tapi lebih enak lagi kalo dikasih tips cara pembuatanya. hub ke 08562561516

  jo wrote @

ora ono sing enak sotone

  dyah wrote @

wwiiyyyy jadi kangen nehh pengen makan grombyang, ini salah satu fav yang selalu diburu kalo pas mudik kesono, abis itu makan gorengan deket alun-alun pulang2 naik becak kekenyangan mpe susah jalan hehehe…tengs ya resepnya

  iradiningsih idris wrote @

tolong kasih tahu dong kalau mau pesan ikan irisan tenggiri asap Pemalang kemana ya tlp nya,dpt kirim ke Jakarta nggak ya (kan ikan asap tahan) nanti ada ongkos kirimnya, aku tunggu,tks

  anonim wrote @

Pengen mengembangkan soto grombyang di Surabaya…bersaing dengan rawon tapi tetep 1 makanan khas Indonesia ko..

dari mana mulainya ya???

  nur latifah wrote @

grombyang top markotop gromyange warso, tp ada tpt makan enak d pml namanya wts (warung tengah sawah) menune ikan bakar n lalapan letaknya di daerah jebed terus ke sekltan arah penngarit tempate enak dan luas, sing jelas rasane mak nyus makane di tengah sawah pokoke enak sung yakin rasane ajiib!!!!!!!!!!!!!

  Na_star wrote @

emm,,,,enyak,,,,,,,,,,,,,,,,

  Na_star… wrote @

soto grombyang…..emm..yummy,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  aan wrote @

di tegal namnya grombyang juga kok.. ada soto tauco juga

  dewi wrote @

mantab gan grombyang’nya…

  oning wrote @

Kalau tidak ada Tauco, boleh diganti dengan bahan lainnya?
terima kasih

  tafakur rozak wrote @

de ujan-ujanan naek motor dari bumijawa ke tegal terus ke pemalang demi grombyang,di karenakan istriku lagi ngidam huhuhuuuuuuuu akhirnya jatuh cinta dengan ggrooombyang,makasih yahresepnya,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: