:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Mi Ongklok (Wonosobo)


Bahan :
750 ml kaldu daging
3 sendok makan tepung kanji
3 sendok makan kecap manis
300 gram mi basah
100 gram kol, iris kasar
10 pohon kucai, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan kaldu lalu kentalkan dengan air sagu. Biarkan mendidih. Angkat.
Masukkan mi dan kol dalam saringan lalu rebus sambil diongklok atau dikocok sampai matang.
Masukkan mi dan kol ke dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Taburkan kucai. Sajikan panas.

untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

22 Komentar»

  abdul hamid wrote @

mie ongklok tidak enakkkk…… bikin muntah

  imam wrote @

enak ding….

  Godril wrote @

Enak kok…apalagi yang rasa….apa ya..??
oh ya rasa..ah mbayar…euenak tenan kuwi….

  endah wrote @

uenak kok,..makan nya pake sate. makanan khas wonosobo lho…

  jeffrey wrote @

enak kagak ya ?

  satyadjie wrote @

pake kaldunya bukan kaldu ayam ya??
trus bumbunya apakah cuma itu?? saya pikir ada rempah2 lain…seperti yg saya coba di wonosobo

  Dany wrote @

Yang pasti enak banget bikin kangen sama rumah…. apalagi kalo jauh gini di Pontianak, tiap pulang pasti nyempetin beli mie ongklok, dan sate yang khas wonosobo….. yang ga suka kayaknya Rugi dech

  trisila wrote @

makacih buat referensi resepnya…
tak pakai untuk lomba maskan tradisional tk nasional di jkt tgl 28 okt. besuk
salam sukses
trisila

  trisila wrote @

sebagai perbandingan resep asli yang sdh saya punya…kali aja bisa di padukan biar tuambah uenak ..

  putra wrote @

mie ongklok….enak rek…

  d2 wrote @

wuah,omongin mie ongklok WSB,
bkin aku ketagihan pulang ki?
apa lagi klo uda du2k antri ma sobat aku mienya dateng uyssss,,,wah…..
bru aj suguhpesan atuh lg mase,,,,,,,,,
ak twar jg sobat mau sabrapa kamu?
manut,iji,loro/telu!
iji maneng bae-bae aja Bos.
kocak mie nya atu,busyeeeet bukan ak nie yang ketagihan kamu libih parah lg,wuaduh blandare bangkrut yae?
bgto santap2 huufffft,dua kli lalap dalam tenggakan atu porsi bro>
weleh-weleh emang emak nyoooooos?
kbar waktu lebaran o9
lokasi alternatif nglongkrang?

  riniharinurti wrote @

wah yg namanya mie onklok itu mak nyus bgt…gara2 pingin makan mie ogklok tak bela2in balik jkt lewat selatan..krn dah kangen buangeeet…dah lama cari2 resep eh baru nemu…cuma sayang ya kenapa dijkt gak ada yg jual….hidup mie ongklok…lebay mode on*

  suwandikcf wrote @

Saya sekali ke Wonosobo, dan waktu jalan2 dekat hotel tempat saya menginap ada orang jualan mie ongklok, saya coba makan sama anak saya, eh ternyata rasanya eunaaak tenan, cocok di lidah saya dan anak saya . Dan puasa-puasa gini saya kangen pingin mie ongklok, untung ada resep ini boleh saya coba ah, next time insyaallah saya sambangi mie ongklok yang asli di wonosobo yang rasanya mak nyuss.

  sincan wrote @

mantap kwe ongklok enak….

  yulie wrote @

mi ongklok bikn kangen… Udh lama bangt ak g makn mi ongklok,sampai aku ngidam mi ongklok n kebetulan d sala tiga ga ad mi ongklok,sampai2 aku bikin pk resep asal2 jd.. Hahahaaaa abis gmn lagi wakt it ak blm tahu resepnya.

  yati wrote @

mie ongklok mak nyuss…. Ok bgt, kmren AQ dr wnsobo stiap kewarung mie ongklok slalu pnuh, akhirnya aq mkn mie ongklok diwrung tenda yg spi, tp stelah aq slsai mkn wrung itu lngsung diserbu ma rmbongan dri JKT. Mreka sma sprti aq nora.. Krn blm prnh mkn mie ongklok. Pas mw blik ke JKT Diterminal aq keliling cr tkng mie ongklok akhirnya nemu jg. Slam perpishan ma mie ongklok. Entah kpn lg aq akan ke wnsobo…???

  yati wrote @

ohhh… Y… 1 lgi ucpan trima kasihku buat pacarku, krna berkat dialah yg memperkenalkan aku dgn mie ongklok. Dia sbar bgt kelilingi kota cri mie ongklok yg enak buat aq. Mungkin klo suatu hri aq menikah dgn dy, mungkin s’tiap thn aq akan slalu mkn mie ongklok. I love U… parno, I Lov mie ongklok, I Lov wonosobo

  azka wrote @

ngarang bgt itu ksih resepnya?!7

  mia wrote @

aku lg hamil 3 bln nih kpgn bgt mie ongklok cuman aku skrg lg di clcp di sini ga ada yg jual,,btw resep nya bs dicoba..smoga hasilnya nanti rasa nya mak nyusss ky yg ada di wonosobo bnran…

  nunu wrote @

enak ga enak soal selera. kalo saya sih g suka pertama coba langsung mual n muntah baunya itu lo sm kuahnya jijay

  cici wrote @

makanan khas wonosobo g’ ada yg g’ enk,, apalagi mie ongkloknya,, hmmm… kt pa’ bondan “makknyyyuuzzzz” hehee

  Edi purwono wrote @

Kira2 klw saya mau jualan mie ongklok dijkt ada yg mau modalin gk ya? Mie ongklok rasanya unik…


Berikan Balasan

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

