:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Ikan Sembilang (Riau)


Bahan:
500 gm ikan sembilang
20 gm bawang merah
3 sm merica
10 biji cabe rawit
Bawang merah, merica & cabe rawit ditumbuk
2 sendok makan minyak goreng
Sedikit garam, gula pasir & serbuk lada hitam
1 sendok kecil biji ketumbar & jintan
Sedikit buah asam belimbing

Cara membuat
1. Ikan dibuang jeroan perut kalau ad telurnya dapat dimasak dan dibersihkan dengan air asam jawa.
2. aduk ikan dengan garam dan panggang hingga masak.
3. Panaskan sedikit minyak goreng dan tumiskan bahan tumbukan
4. Masukkan buah belimbing dan serbuk lada hitam.
5. Kemudian masukkan ikan, garam, gula pasir,jintan dan biji ketumbar.

About these ads

11 Komentar»

  Cecep wrote @

Halo….salam kenal. Saya mau bertanya ya. Ikan Sembilang itu termasuk jenis ikan air tawar ataukah ikan air laut?. Apakah dagingnya berwarna merah atau putih? Bila ikan air tawar, apakah ada pendekatan jenis ikan yang umum di temukan di Pulau Jawa?. Terima kasih.

  cuek wrote @

Sembilang termasuk jenis ikan laut. Biasanya hidup di laut dangkal, tak jarang juga banyak yang hidup di muara sungai. Ikan Sembilang yang hidup di pancangan ini jenisnya ada dua, Sembilang batu dan sembilang lubang.
Keberadaan Sembilang itu terdapat dua jenis Sembilang, Sembilang batu dan Sembilang lubang. Sembilang batu hidupnya di celah batu dan Sembilang lubang hidupnya di lubang-lubang yang di buatnya sendiri.”
Sembilang lubang merupakan Sembilang yang telah dewasa. Beratnya sampai lima kilogram dan panjangnya sampai 70 cm. Bentuk ikan ini hampir sama dengan ikan Lele. Mempunyai patil dan kumis… kek Pak Raden ajah :)

  cuek wrote @

Ikan Sembilang, lebih gurih dari ketiga ikan tersebut. Banyak cara memasak Sembilang. Dengan digoreng, dibakar atau dipepes dengan daun pisang.
Memasak Sembilang dengan dipepes rasanya akan lebih gurih dan disenangi para pemancing. Keguriahan rasanya inilah yang menjadi alasan pemancing untuk memburunya. Siang dan malam mereka tak henti-hentinya mancing Sembilang di pancangan Ibu Tien yang kaya akan ikan Sembilang.

Ikan Sembilang tak hanya diburu oleh pemancing dari Karawang. Tapi ada juga pemancing yang datang dari Bekasi, Jakarta, Bogor, Jonggol bahkan ada yang berasal dari Bandung. Mereka datang secara berkelompok atau perorangan. Para pemancing itu sangat menyukai mancing Sembilang pada malam hari. Selain suasananya yang sejuk. Pada malam hari biasanya ikan Sembilang lebih galak menyambut umpan yang di sodorkan pemancing.

Dalam memburu Sembilang para pemancing menggunakan joran. Jenis joran yang digunakan bermacam-macam. Ada yang terbuat dari bambu dan ada juga yang memakai joran yang berasal dari pabrik pancing. Umpan yang digunakan untuk memburu Sembilang yaitu udang Api-api. Karena udang ini dapat bergerak di dalam air, sehingga begitu menggoda Sembilang untuk memakannya. Untuk mendapatkan udang Api-api di tempat ini tak terlalu sulit. Warung abah Wawan yang berada tak jauh dari pancangan selalu menyediakan udang untuk para pemancing.

Selain gurih, Sembilang juga dikenal sebagai ikan yang berbahaya. Patil yang terdapat di bagian atas dan pinggir badan ikan ini mengandung racun. Bila tergores atau tertusuk patil Sembilang, wajah akan pucat, seluruh badan terasa panas dan susah tidur. Rasa sakit itu akan terus bertambah bila tak segera diobati. Meskipun ganas, racun ikan ini begitu unik. Racun ikan ini hanya menempel pada tubuh korban selama 24 jam. Setelah itu racun Sembilang akan hilang dan korban kembali sehat seperti semula.

Ikan Sembilang tak hanya gurih dan berbahaya, tapi juga mempunyai mitos. Mitos tentang Sembilang ini seperti diceritakan Eeng, pemancing asal Cikarang. “Bila patil Sembilang menggores kulit seorang wanita, maka wanita itu akan mendapatkan hoki (keberuntungan). Hoki itu bisa berupa mendapatkan rezeki ataupun gampang mendapat jodoh.”
Tak selamanya pemancing mendapatkan Sembilang di tempat ini. Bila tak dapat Sembilang.

Pemancing tetap terus memburunya sampai ke pelelangan ikan. Di tempat ini terdapat dua pelelangan ikan, pelelangan Sungai Buntu dan Betok Mati. Kedua pelelangan inilah sebagai pilihan terakhir untuk mendapatkan Ikan Sembilang.

Sudah banyak korban oleh keganasan patil Sembilang. Tapi para pemancing tetap terus memburunya. Hujan yang deras disertai petir serta ganasnya ombak laut Jawa, bukan sebagai penghalang. Mereka tetap terus memburunya, meskipun harus sampai ke pelelangan ikan.

  ophoeng wrote @

Hai, apakabar? Sudah makan pepes ikan sembilang?

Ceritanya ttg ikan sembilang-nya seru sekali, apalagi ttg perburuannya, sampai terakhir mesti berburu ke tempat pelelangan ikan! Warna daging ikan sembilang kalau ndak salah ingat, agak merah mirip ikan tongkol(?), tidak putih seperti ‘saudara-saudara’nya: ikan lele, gabus, patin atau haruan, yang penghuni sungai, air tawar itu.

Saya baru tahu kalau racun ikan sembilang cuma bertahan 24 jam. Waktu saya kecil, kakek saya mengajarkan penawar racunnya: pakai sambel terasi! Luka bekas patil diboreh sambel terasi. Tapi jangan dibungkus daun pisang, ntar dikira pepes oleh nenek saya, bisa ikut dibakar di atas arang. :D)

Juga baru tahu kalau ikan sembilang bisa besar sampai seberat 5 kg. dengan panjang 70 cm. Besar sekali ya?

Terima kasih atas sharing ceritanya.

  Vie3 wrote @

Aq benci Qmu,, cause Yg gw cari gG adHa…

  Jay Saleh wrote @

Waduuh saya jadi ingin coba makan pepes ikan sembilang, di jakarta ada warng makan yang jual tidak ya… ?
Saya cuma ingat lagunya saja … DIPATIL IKAN SEMBILANG _ almarhum BENYAMIN SUEB.
Terima kasih Boss.
Salam…

  Bunda wrote @

Ikan yang satu ini emang enak banget. Btw, kalo ibu hamil makan ikan ini katanya janinnya bisa ilang ya…bener gak sih…

  nia wrote @

apa sih khasiat ikan sembilang itu ?

  kakay21 wrote @

Ikan sembilang itu dapat membuat orang lapar menjadi keenakan …

  anna wrote @

btw, klo bwt wnita biar cpat hamil brpa kali ntu dalam sehari dimakan ikannya????

  Ari Noor wrote @

Ikan sembilang lebih mudah dipancing saat air laut pasang sampai puncak pasangnya air laut. Mereka lebih banyak ada di tepian laut. Yang paling di sukai Sembilang adalah dengan umpan Pumpun ( Cacing Laut).
Cari Ikan sembilang di pasar memang sangat sulit karena jenis ikan ini tergolong liar dan hanya muncul saat air laut pasang. Dan tidak banyak nelayan yang mau cari ikan sembilang kecuali anak2 laut yang memancing atau para pemancing yang menjual ikan sembilang hasil pancingannya ke pasar2 tradisional.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: