:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Cara Kurangi Kalori


Bagaimana cara mudah menurunkan berat badan tanpa kita sadari? Sebenarnya gampang. Ganti saja makanan Anda dengan makanan lain atau tetap mengonsumsi makanan yang sama, hanya cara mengolahnya saja yang berbeda.

Pernah dalam satu tayangan acara Oprah’s diperlihatkan pengalaman orang-orang menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengurangi kalori dalam makanan yang biasa diasup. Contohnya, kalau Anda biasa mengonsumsi beef burger sebanyak dua porsi, ganti dengan satu porsi burger yang berisi sayuran. Dengan begitu Anda sudah mengurangi asupan kalori dari daging sapi.

Selain cara seperti itu, ada 10 cara sederhana untuk mengurangi asupan kalori dari diet makanan sehari-hari, seperti dikutip Good Health & Medicines.

1. Ganti telur dadar, orak-arik, atau mata sapi dengan telur rebus.

“Telur membantu tubuh merasa kenyang dan menjaga Anda dari rasa kenyang dalam waktu lebih lama. Ada bukti, mengonsumsi protein dengan jumlah karbohidrat yang sedikit seperti selembar roti panggang akan membantu sel-sel tubuh mulai menggunakan lemak untuk hari itu,” ujar Jane Barnes, konsultan gizi dan diet. Penelitian menunjukkan bahwa protein (dan telur kaya akan protein) juga bisa mempertahankan kadar gula dan membantu mencegah Anda sangat mengidam-idamkan makanan.

Berapa kalori yang dikurangi? Telur rebus mengandung energi 290 kJ atau sekitar 69,6 kalori, telur mata sapi 400 kJ atau 96 kalori, telur orak-arik tanpa tambahan krim 520 kJ atau 124,8 kalori. Untuk rasa ekstra, jangan lupa tambahkan sedikit lada segar.

2. Ganti dressing salad seperti thousand island atau mayones dengan minyak zaitun.

Bila Anda menggunakan bahan perasa berkualitas balk seperti minyak zaitun ekstra virgin, Anda cenderung mengonsumsi lebih sedikit, ujar ahli gizi Dr. Rosemary Stanton. Banyak orang memang cenderung mengambil dressing salad secara berlebihan.
Jangan mengonsumsi salad tanpa minyak. “Sedikit minyak akan membantu Anda menyerap zat gizi dari sayuran yang ada pada salad,” katanya.

Soal cuka apel, menurut Barnes, “Cuma mitos kalau ada yang bilang bisa melarutkan lemak. Cuka apel menurunkan kadar gula darah, yang berarti Anda cenderung sedikit overload untuk  sistem tubuh.”

Berapa kalori yang dikurangi? Satu sendok makan dressing komersial mengandung 500 kJ atau 120 kalori, sedangkan sedikit minyak zaitun dengan cuka apel sekitar 200 kJ atau 48 Kal. Untuk menambah rasa, tambahkan bawang putih, cabal, atau herb.

3. Ganti Muffin dengan kacang-kacangan

“Dalam 16 penelitian yang respondennya diberi kacang-kacangan, tidak ada satu pun dari mereka yang berat badannya bertambah,” ujar Dr. Stanton. Kacang-kacangan bisa memuaskan rasa lapar, sehingga Anda cenderung makan sesuatu lebih sedikit. Ditambahkan Barnes, “Sejumlah kecil kacang-kacangan dapat membantu tubuh menggunakan lemak. Tambahan lagi, kacang-kacangan juga mengandung lemak baik.” Muffin yang dijual di toko roti biasanya tinggi kalori karena “terbungkus” gula dan lemak yang tidak balk.

Berapa kalori yang bisa dikurangi? Sepuluh butir kacang walnut mengandung 380 kJ atau 95 kalori. Bandingkan dengan satu muffin yang mengandung 1.500 kJ atau 360 kalori!

Meski begitu, Barnes menyarankan agar Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Porsinya sedikit saja dan masukkan dalam bekal di tas Anda.

4. Ganti keju cheddar dengan fetta

Fetta mengandung lemak lebih sedikit daripada keju cheddar dan keju keras lainnya. Namun, seperti dijelaskan Barnes, “Keju bisa menjadi satu cara efektif menurunkan berat badan karena mengandung kalsium dan sumber protein yang baik. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedua zat gizi itu penting untuk memungkinkan terjadinya penggunaan lemak. Tak peduli berapa rendah asupan kalori, bila Anda tidak cukup protein dan kalsium dalam sel, Anda tidak dapat menghabiskan kelebihan lemak.

Berapa kalori yang dikurangi? Sebanyak 30 g keju cheddar mengandung 500 kJ (120 kalori), sedangkan fetta hanya 300 kJ (72 kalori).

5. Ganti mentega dengan margarin rendah lemak

“Anda akan mendapat lemak seimbang yang lebih baik, memilih untuk meningkatkan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang lebih menyehatkan daripada lemak jenuh pada mentega,” ujar Barnes. Anda akan menghemat kalori cukup banyak dan belajar menghargai lemak yang lebih sedikit.

Berapa kalori yang dikurangi? Sebanyak 10 g mentega mengandung 300 kJ (72 kalori), sedangkan margarin ringan hanya sekitar 175 kJ (42 Kalori). Anda bisa mencoba margarin bunga matahari atau canola yang menyediakan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6.

6. Ganti gula dengan kayu manis

“Kayu manis mengandung capsinoid, yang juga ditemukan pada cabai dan cabai merah, dan diperkirakan dapat membantu merangsang tingkat metabolisme tubuh,” ungkap Barnes. Para peneliti di AS juga telah menemukan bahwa kayu manis dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada mereka yang terpengaruh diabetes tipe 2.

Berapa kalori yang dikurangi? Satu sendok teh gula pasir mengandung 85 kJ (20,4 kalori), sedangkan kayu manis 40 kJ (9,6 kalori). Kayu manis bisa ditaburkan pada buah yang direbus atau bubur.

7 Ganti susu penuh lemak dengan susu rendah lemak

“Bukan hanya kalori yang bisa dikurangi, Anda juga dapat meningkatkan asupan kalsium,” kata Barnes. Biasanya pada susu rendah lemak ditambahkan sedikit susu skim yang akan meningkatkan cita rasanya.

Berapa kalori yang dikurangi? Sebanyak 250 ml susu penuh lemak memiliki kalori 690 kJ atau sekitar (165,6 kalori), sedangkan susu skim 450 kJ (108 kalori).

8. Ganti sereal atau keping jagung rendah serat dengan yang tinggi serat

“Semakin banyak serat yang terkandung, semakin lama rasa kenyang bertahan dalam tubuh,” ungkap Dr. Stanton. Suatu penelitian di AS menunjukkan, mereka yang mengonsumsi sereal dengan serat lebih tinggi mengonsumsi lebih sedikit dibandingkan dengan yang mengasup sarapan rendah serat.

Berapa kalori yang dikurangi? Satu cangkir keping jagung dengan susu menyumbang kalori sebesar 730 kJ (175,2 kalori), sedangkan keping jagung dengan susu rendah lemak 590 kJ (141,6 kalori). Anda bisa menambahkan satu buah pisang untuk meningkatkan serat dalam sereal.

9. Ganti pasta dengan sup.

Ada penelitian dari Penn State University yang menyebutkan bahwa hidangan pembuka cair seperti sup sayur akan membuat Anda merasa kenyang. Akibatnya, Anda akan mengonsumsi kalori lebih sedikit dalam keseluruhan makanan.

Berapa kalori yang dikurangi? Satu porsi spageti bolognese 2.720 kJ (652,8 kalori), sedangkan satu mangkuk minestrone sekitar 1.045 kJ (250,8 kalori).

Agar Anda lebih mudah mengonsumsi sup sayur, buat daiam ukuran besar di akhir pekan, kemudian bekukan dalam porsi individu. Jadi begitu lapar, Anda bisa memanaskan sup tersebut. Lebih sehat,’kan?

10. Ganti yoghurt penuh lemak dengan yoghurt tanpa rasa rendah lemak plus buah segar.

Beberapa yoghurt mengandung probiotik yang membantu penyerapan kalsium dan probiotik yang juga baik untuk kesehatan usus. Sayangnya, yoghurt penuh lemak akan menambah ekstra kalori. Itu sebabnya, yoghurt tawar rendah lemak bisa dipilih. Untuk menambah rasa, bisa dimasukkan buah-buahan segar.

Berapa kalori yang dikurangi? Yoghurt penuh lemak dengan berat 200 g mengandung 1,000 kJ (240 kalori). Bandingkan dengan yoghurt tanpa rasa rendah lemak dengan tambahan 5 butir stroberi yang hanya memiliki 560 kJ (134,4 kalori).

Tak terlalu sulit mengurangi kalori,’kan?
Sumber: Senior

About these ads

24 Komentar»

  lili wrote @

saya mau bertanya…boleh kan??saya ingin menurunkan berat badan, tapi agak sulit karena saya punya penyakit maag dan BAB saya juga kurang lancar.Susah beberapa minggu terakhir saya mengkonsumsi havermout dan gulanya diganti dengan tropicana slim.apakah havermout itu termasuk sereal berserat tinggi???
dan apakah ada tips2 lain yg membantu dalam masalah saya?
terima kasih..

  Nanang Suryana wrote @

wah pertanyaannya kurang sesuai topik yach :D

mungkin bisa liat di blog kesehatan…

  Farmers wrote @

Please oh please keep writing! Your articles are wonderful!

  Lucia wrote @

Kenapa mesti havermout melulu yang di makan, bosan dong. Kalau bisa bervarisi makannya.

sebelum sarapan pagi satu gelas air putih
Pokoknya sebelum makan harus minum dulu. kurangi makanan yang terlalu manis dan terbiasakan jangan ngemil. kalau mau pingin makan kacang buat tambah pingin boleh asal jangan berlebihan ( 10 butir ) hindari makanan yang banyak mengandung lemak.

untuk makan malam
minum air/kopi /teh
minum sup dulu 1 mangkuk kecil (sop-sopan) isinya wortel, buncis,bloemkool,prei. jangan terlalu sering makan pasta.
terus saladnya ya gampang tomat wortel sla? (slada) apel (di rajang tipis) dressing pakai mayonaiseyoghurt itu ringan. terus makan nasi sama lauk. itu portie kecil non.

biasakan setiap hari jalan2 3/4 sampai 1jam.
semoga sukses Non Lili

  sarah wrote @

tinngi saya 155.. berat saya 55kg..
saya ingin menurunkan hingga 50kg..
bagaimana cara diet yang benar?

  Setya wrote @

1. Ganti telur dadar, orak-arik, atau mata sapi dengan telur rebus.
kalau telur asin gimana? hehehe…

2. Ganti dressing salad seperti thousand island atau mayones dengan minyak zaitun.
ga pernah nyoba

3. Ganti Muffin dengan kacang-kacangan
rujak pake kacang juga :D

4. Ganti keju cheddar dengan fetta
ga suka keju

5. Ganti mentega dengan margarin rendah lemak
rebus aja semuanya

6. Ganti gula dengan kayu manis
teh rasa kayu manis, hmm…..

7. Ganti susu penuh lemak dengan susu rendah lemak
susu kan enak karena ada lemaknya

8. Ganti sereal atau keping jagung rendah serat dengan yang tinggi serat
???

9. Ganti pasta dengan sup.
gw lebih suka makan sup

10. Ganti yoghurt penuh lemak dengan yoghurt tanpa rasa rendah lemak plus buah segar.
makan rujak aja :D

btw, kalori gw tetep nggak berkurang tuh. ada tips lain? yg lebih indonesia getoo

  ays wrote @

ayo cegah obes sejak dini biar
ga ikut2 penuaan dini

  baliazura wrote @

saya lagi nyari sumber makanan tinggi protein ya kira-kira cukup 60 mg perhari,kira-kira saya bisa dapatkan di jenis makanan apa?tapi saya juga diet rendah lemak…
bantu donk plisssss…….

  yuu_cHaN wrote @

ays Berkata

ayo cegah obes sejak dini biar
ga ikut2 penuaan dini

gw udah obes!! T_T
gw cowo
tinggi 175 berat 110
body fat nyampe 38%
huhuuhu punya resolusi bwat taun ini tuk diet
gw males bgd ma yg namanya olah raga darat(lari, jogging,dll)
tapi klo renang gw suka (btw renang isa ngurangin lemak ato ga??)
gw lagi nyari recipe bwat saya yg lagi diet,,,
kira2 klo diet golongan darah bagus ga???

ada yg isa bantu??

  oke wrote @

mau gemuk gpapa, kurus gpapa. yang penting ibadah jalan terus. mati muda masuk surga gpapa

  QeQe wrote @

akuw pny TB 153/BB 46-47
nah,akuw bingung bgt mo nurunin sampe 43 kg gt.
Masalahnya sekarang sama nahan pengen ngemil itu yang susah,akuw suka bgt sama yg ada coklatnya.Sit up,joging,ma renang yang sering akuw kerjain biar trn.Klo akuw gemuk dikit,pipi chubbykuw juga lbh keliatan neh.Help me!

  zva wrote @

Resep mujarab adalah resep kuni bahwa yang masuk ke badan kita jangan sampe melebihi apa yg akan kita keluarin. So kalo irasa hri ini gak ada ekerjaan berat makannya dikit aja,kalo hr ini sekiranya byk aktifitas fisik, makan agak banyakan biar gak pingsan. Olah raga tiap hari mwajib hukumnya, tiap pagi habis shubuh jalan kaki 45 menit keliling kampung manjur juga lho, kurangi makanan instan dan junkfood.

  zva wrote @

BTW buat yg susah BAB coba deh detoks, karena mungkin ada yg ga beres dlm tubuh. Coba deh selama semingggu cuma konsumsi apel,susu kedelai,dan ramuan herbal. Selain 3 jenis makanan itu haram hukumnya ut dimakan. konsumsi apel boleh sebanyak banyaknya. Kalo udah seminggu boleh makan normal dikit dikit, tiap malam konsumsi buah pepaya ypake dressing susu kental manis sedikit aja, mudah mudahan bsa lancar BAB. Saya dulu jga udah nyoba hasilnya tiap pagi BAB sampai 2 kali hehe

  sri wrote @

perlu dicoba nih…semoga sukses

  LoveeLez wrote @

KaLo shaRi makan 2x tnpa sarapan gmn??
Trz Olahraga pagii lompat tali ma hulahop..
Tnpa ngemiL jg..
aPa itu bz kurangin brad badan??
Mw tny Lg..
Klo tggi saia 155cm brad saya 50 tuh shari butuh berapa kalori??

  suppee wrote @

@ LoveeLez –> bole aja makan 2x sehari, tapi paginya kamu minum madu 1sdm plus air putih 1 gelas. Hindari ngemil !!!
Aq udah nyoba dan beratku turun dari 71kg, sekarang 65kg. Sebenernya sih yang paling ngaruh itu ya ngemil.
Trus jangan lupa minum air putih minimal 2L sehari. Itu penting bgt lho klo mu diet.

  mohd zafrul ezwan bin jamal wrote @

bagai mana hendak menurunkan berat badan

  kala wrote @

bagainama hendak menurunkan berat badan saya. berat badan saya adalah 88.5 kg tinggi 163

  tiara wrote @

sarapan pagi dengan roti gandum siang makan nasi 4 sendok dng sayur dan empal

  Ree wrote @

kalo buah yang rendah kalori apa aja ya yang mendukung diet??
trus jus mangga n jus sirsak untuk pengganti makan malam mendukung diet ga ya??ato ada masukan lain??
thx a lot..

  mona.BLACK.JACK wrote @

gimana sih supaya gak mudah trgoda ama mkanan/cmilan?
aq koq kykxa susaaah bgt nahan nfsu mkn/ngmil q?
apalagi klo dh trgoda,lgsg kalap bwaanxa.
nyoba detoks kmaren shrian cm mnum air pth,teh hijau,ma jus pepaya,tp td gagal gra2 mupeng bgt ngliat mknan favorit aq.
plisss ksediaanxa bwt m’jwb.
trima kasih.

  Putri wrote @

bagaimana cara mempertinggi badan ?

  sate kambing virginCara Cohofest | Cara Cohofest wrote @

[…] Cara kurangi kalori | :: resep masakan khas :: […]

  sate kambing kaloriCara Cohofest | Cara Cohofest wrote @

[…] Cara kurangi kalori | :: resep masakan khas :: […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: