:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

SOTO AYAM AMBENGAN


Bahan :
1 ekor ayam
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
1.5 liter air
2 sdt garam
50 gram udang, goreng, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan

Bumbu haluskan :
6 siung bawang putih
2 cm kunyit
1/2 sdt lengkuas bubuk
1 cm jahe
2 sdt merica bubuk
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
200 gram soun, seduh air mendidih, tiriskan
3 batang daun bawang
3 batang daun seledri
5 butir telor, rebus, potong-potong membujur
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit
Kecap manis sesuai selera
Poyah

Sambal haluskan :
15 cabe rawit, rebus
Garam secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya

Cara membuat :
1. Ayam direbus bersama dengan serai, daun jeruk, dan garam hingga lunak.
2. Tiriskan ayam, goreng hingga kecoklatan lalu suwir-suwir.
3. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ke dalam kaldu.
4. Tumis bawang merah halus sebentar lalu campur dengan udang sampai harum, masukkan ke dalam kuah.
5. Sajikan soto dengan cara: taruh daging ayam, soun, daun-daunan, telor, ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah. Beri perasan jeruk nipis. Taburi dengan bawang goreng dan poyah.

Cara membuat poyah :
Krupuk udang dicampur dengan bawang putih goreng, lalu dihaluskan dan ditambah dengan sedikit garam dan gula serta bumbu penyedap secukupnya.

About these ads

12 Komentar»

  leni wrote @

Wah, resep ini sudah saya cari sejak lama. Eeeh ketemu juga akhirnya di situs ini. Thanks ya. Saatnya praktek dulu… :)

  indra wrote @

Perlu nggak di tambah udah goreng yang dihaluskan untuk kuahnya ?

  jeffrey wrote @

dari daerah mana nih resep ?

  Lucia wrote @

Sebenarnya nama Ambengan itu jln. Ambengan letaknya di Surabaya. Karena yg jualan itu sudah lama dan terkenal mereka gampang penyebutannya. Orang Sby itu suka makan enak. Kalu kita tanya beli di mana soto tsb. Di Ambengan Sampai kini namanya soto Ambengan biar mudah mencarinya.

Tapi di emperan atau kaki lima di Surabaya, semua soto Ayam ya begitu. Kecuali kalu gak ada poyah itu biasanya dari daerah lain.

  jeffrey wrote @

thanks lucia

  firsya wrote @

thanks lucia

  Meili wrote @

terimakasih resepnya, saya tinggal di amerika tengah, susah cari lengkuas, alhasil ganti dengan oregano (sedikit saja), ternyata tetep enak.. cuma gak bisa buat poyah, gak ada kerupuk udang disini. kalo ada yang tahu cara bikin kerupuk udang or kerupuk merah, kabarin yah..

  Dony wrote @

cara membuat kerupuk udang/ikan boleh dilihat di:
http://cuek.wordpress.com/2009/01/06/membuat-keripik-ikan-udang/

  wiwik w wrote @

wah sis,enak lho hasilnya. Pas ada acara keluarga mreka suka,alhasil tiap ada acara yg ditanya soto ayam buatanku. Hihi. Thx ya!

  djenar wrote @

sepertinya masih ada yg kurang……..soalnya aku coba masih blm mantap………

  djenar wrote @

sepertinya masih ada yg kurang……soalnya aku coba masih belum mantap………

  munir wrote @

adayg bilang dikasih bandeng goreng


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: