:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Nasi Liwet Solo


Bahan :
NASI GURIH
Bahan:
1 btg sereh, dimemarkan
2 sdt garam
4 lbr daun salam
400 gr beras
800 ml santan

OPOR AYAM :
1 ekor ayam kampung di potong 4
4 butir telur bebek di rebus, kupas kulitnya (bisa pake telur pindang
juga)
2 pasang ampela ati rebus (ampela sudah empuk)
beberapa butir uritan (telur muda)
minyak goreng untuk menumis
2 liter santan dari 1 butir kelapa (kental dan encer campur jadi satu)

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
garam

Bumbu lain:
2 potong lengkuas
4 lembar daun salam

Cara olah :
NASI GURIH
1. Beras dicuci bersih.
2. Santan, garam, sereh dan daun salam dicampur kemudian direbus sampai mendidih, sesudah mendidih masukkan beras sambil diaduk hingga santan kering, angkat, diamkan sebentar lalu kukus sampai matang, angkat.

cara:
tumis bumbu halus dan bumbu lain dengan sedikit minyak sampai harum,
masukkan ayam, telur rebus dan ampela ati, tambahkan santan, masak
sambil di aduk2
agar santan tidak pecah, sampai ayam matang dan empuk
pisahkan santan dan isinya. (ayam dan lain2nya biarkan kering tanpa
kuah)
ampela ati di potong2, di tusuki dengan tusuk sate
uritan di tusuki dengan tusuk sate.
nanti hasil tusukan ini di celup di kumut
ayam di suwir2
kuah opor : pisahkan yang kental dengan yang bening, sisihkan

SAMBAL GORENG LABU SIAM
2 buah labu siam iris seperti korek api, rendam sebentar dengan air
kapur sirih, tiriskan
3 sendok makan cabe giling
2 iris lengkuas
2 lembar daun salam
1 sendok makan minyak
1 st gula pengganti Vetsin
segenggam cabe rawit (bila suka pedas)

cara:
tumis cabe giling+ lengkuas dan daun salam dengan sedikit minyak
sampai
harum. tambahkan kuah opor bening (daur ulang bekas opor ayam),
masukkan cabe rawit utuh. tambahkan gula pasir 1 st, masukkan labu
siam,
masak sampai labu matang.
jika perlu, tambahkan garam (biasanya gak perlu, karena saat masak
opor ayam
sudah cukup asin)

KUMUT
150 cc santan kental (daur ulang bekas opor biar ada gurihnya ayam)
2 putih telur kocok sampai kaku kayak bikin puding busa.

cara:
didihkan santan, masukkan telur putih, sambil tetap diatas api kecil,
diaduk
secukupnya, asal busa telur menggumpal dan matang.

TELUR DADAR TIM/KUKUS
150 cc santan kental bekas opor (atau sisanya)
campur dengan 4 butir telur+2 kuning telur sisa kumut
aduk sampai bercampur rata. Tambahkan garam bila perlu.
Buat takir dari daun pisang, tuang telur, kukus hingga matang.

Cara Penyajian :
Sepincuk nasi (pincuk = tatakan makan dari daun pisang)
atasnya di kasi sesendok sayur sambal goreng labu siam plus sedikit
kuahnya
Taruh ayam opor suwir, telur opor yang di belah
Taruh satu-dua sendok makan telur dadar tim
atasnya di kasi sesendok kumut.
Makan dengan suru (sendok dari daun pisang).

About these ads

24 Komentar»

  tonitony wrote @

mohon resep dari tahu ketupat atau tahu gimbal atau tahu guling ala solo.. termkasih.

  tonitony wrote @

ada satu lagi, tahu acar khas solo..

  tonitony wrote @

nasi liwet disini adalah nasi liwet “ider” (mobile) yang digendong mbok-2 keliling kampung atau nongkrong di sudut-2 kota solo. kalau malam ada di keprabon solo, soal harga lebih murah yg ider dan rasa lebih eksotis.. harga cuma 5000-7500 sudah lumayan, tapi kalo di PIM jakarta harganya kok bisaa 35.000 sepincuk… wah mewah sekali ya disini..

  tonitony wrote @

ada nasi liwet yang lebih high profile, yaitu nasi liwet sambal goreng ati, biasanya untuk acara kendurian atau acara kawinan yang diserve dengan ketimun iris, ayam goreng/opor potongan tidak disuwir dengan kerupuk udang.

  Andri wrote @

jadi inget kampung halaman. makeeeee tunggu andi pulang buatin nasi liwet ya.

  Aguss wrote @

Aku di Pontianak tapi emakku jago mbuat tahu acar lho… Enak! MAK NYUSSS!!!

  Sri Atmani wrote @

mas/mbak aku jauh di suriname rindu sekali ama serabi solo mohon dng hormat kirimi resepnya doooong, thanks.

  jeffrey wrote @

kenapa namanya liwet ya ?

  asih wrote @

Makasih resepnya yah,,pengen nyoba masak nie..

Dah lama gak pulang Solo…,,,

  lamosy wrote @

Bang Thoyib udah 2 tahun gak ketemu bapak ibu di solo

Dadi pengen mulih, tuku sego liwet neng pasar legi

  nia wrote @

Solo oh solo kota nan indah penuh kenangan….ceile…makasih ya resepnya meski skrg sy hidup di batam tp kuliner solo paling TOP BGT…

  winarto wrote @

dulu jaman aku masih kecil pernah diajak kepasar ayu yang letaknya sebelah kiri dari stasiun balapan solo dipasar itu seingatku banyak yang jualan nasi liwet biasanya warung itu mulai buka sore hari . Tapi beberapa bulan lalu kok gak ada lagi yang jualan nasi liwet itu.Kemana ya…….. pindahnya .

  Arieph wrote @

Hmm.. nasi liwet emang paling ngangenin.. gak ada nasi liwet (baca; segoliwet) yg seenak aselinya di Solo.. Pertigaan Pasar Jongke, Keprabon, depan stasiun Purwosari.. atau pagi2 yg sering lewat depan rumah..

  hanung wrote @

inget dulu mo senin subuh brgkt kuliah ke jogya pasti sarapan nasi liwet sambil nunggu bus. kenangan y tak terlupa…… ga bisa mudik ya masak sendiri…. matur nuwun resepnya…

  bennietha wrote @

wah resepnya mantab… :)
jadi pengen nyoba nie…

  AMARIL wrote @

ga perlu jauh2 ke solo makan nasi liwet…maturnuwun resepnya,,,

  bunda daffa ghazam wrote @

Resepnya te-o-pe be-ge-te. Minta resepnya yaa. Makasih banyak.

  tantyo.wp wrote @

makasih buat mbok2 nasi liwet gendong. berkat jasamu, saya bangga jadi orang solo.

  difaerl wrote @

aduhhhhhhh……….. jadi pengen pulkam
kangen masakan solo…….

  ichasa wrote @

wah, mantapnya masakan SOLO,
jadi pengen coba nih, :)

  shasha wrote @

uis..
uenak dah !
pengen choba.. :)

  Papa & Mama Leandro wrote @

sudah dicoba, dan…. Uenaaaaakk!!! si papa jadi makan terus. sayang si kecil belum ngerti hihi

  Rio Akbar wrote @

Ini yg paling aku suka bila mudik ke Solo.

  rinie wrote @

aku jualan nasi liwet lho mas…mbak….tapi masih amatiran…bukanya cuma hari minggu pagi aja di Galaxi Bekasi Selatan, dekat RS. Hermina….kalo lewat mampir ya….


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: