:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Nasi Krawu Gresik


Bahan :
500 gr daging sapi, potong2 melebar setebal 1cm searah serat
500 ml air (tambah secukupnya kalo tanpa panci presto)
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, digeprak
200 ml santan kental
¼ butir kelapa setengah tua, parut memanjang untuk poyah coklatnya
3 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas (asumsi diameter sekitar 2 cm)
3 cm kunyit (asumsi diameter sekitar 1.5 cm)
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/3 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
1½ sdt garam / sesuai selera

Pelengkap :
Nasi putih anget
Poyah Kelapa Kuning (bisa juga poyah coklatnya aja)
Sambel terasi

Cara olah :
- Masukin potongan daging, air, garam, bumbu halus, daun salam dan sereh ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
- Masak sampai air menyusut, bumbu meresap dan daging tambah empuk.
- tuang santan kental, Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).
- Tiriskan dagingnya, sisihkan. Sisa kuahnya di campur dengan parutan kelapa setengah tua.
- Taruh parutan kelapa di wajan, tambahkan daun jeruk yang di suwir, Sangrai sambil di aduk2 sampe rata dan meresap, dan kering. Matikan api. Buang daun jeruknya.
- Daging di goreng dalam minyak banyak, jangan terlalu kering.
- Siap disajikan dengan pelengkapnya.

About these ads

18 Komentar»

  novnov wrote @

berarti nasi krawu ngga pake sayur sayuran yaaa? hmmm… tambahin aja lalapan kayak timun, tomat, kmangi..pasti tambah maknyosss deh …

  Watuitem wrote @

Waduh, kalo nasi krawu pake sayuran malah gak karuan rasanya, yang enak ya yang orisinil seperti itu.
Masalah kolesterol ? Cuek dulu kalau mau makan nasi krawu. Kalau dipikirin ntar jadi ngga nikmat makannya.

  jules wrote @

nasi krawu is uenak……………………………………………
my favorite after nasi pecel………………………………….

  vinzhe wrote @

hihiii.. setuju dgn jules…
nasi krawu tuh enak gilaaaa!!! sayang kalo beli di pinggir jalan,, dagingnya dikit banget,, nasinya doank yg banyak…. hhhhuhhh,,,

  Eka wrote @

hmmm…jd pengen nyobain *terbayang-bayang*

  uki wrote @

Assalamu’ alaikum Wr. Wb.

Joss . . . nasi krawu memang makanan khas dari kota kecil nan indah, yaitu Gresik. Sekalian promosi karena saya berasal dari kota tersebut. Buat berwisata religi dan makan nasi krawu pasti JOSSS.
Tp perlu diketahui jg bukan hanya nasi krawu yg jd makanan khas Gresik, ada PUDAK, OTAK – OTAK. dll (buanyak soale dan saya ga hafal karena banyaknya, he he).
Ada kerajinan tangan yang khas dari Gresik jg, yakni DAMAR KURUNG, jd akan lebih bagus dan baik kalo beli Damar Kurung langsung dari Gresik, karena disini memang aslinya.

He he, saya promosi dikit yaw . . .
Karena saya bangga jadi orang Indonesia dan lahir di kota Gresik.

Salam, Peace out, Wassalam’ alaikum Wr. Wb.

Regards

UKI

  lia wrote @

halo… ini kan resepku yg kuposting di blogku, dapurgue.blogspot.com tau2 ada disini dan TANPA IJIN SERTA TIDAK MENCANTUMKAN SUMBERNYA. jangan asal copas dong, bikin resepnya susah krn aku perlu waktu utk experimen TANPA NYONTEK. bole2 aja copas tp dg etika dong! silakan hubunGi gue u/ klarifikasi atau gue umumin masalah ini ke semua milis2 & forum2

  lia wrote @

halo… ini kan resepku yg kuposting di blogku, dapurgue.blogspot.com tau2 ada disini dan TANPA IJIN SERTA TIDAK MENCANTUMKAN SUMBERNYA. jangan asal copas dong, bikin resepnya susah krn aku perlu waktu utk experimen TANPA NYONTEK. bole2 aja copas tp dg etika dong! silakan hubunGi gue u/ klarifikasi atau gue umumin masalah ini ke semua milis2 & forum-forum

  jeffrey wrote @

thanks untuk resepnya

  fanny wrote @

untuk makanan yang satu ini yang sangat terkenaldi kota gresik sangat enak sekali looohhhh,,,,,

  riela wrote @

gambarnya sekalian di publikasikan donk!!!!!!!! kamsia

  Adietya wrote @

Maklum lagi di pertantauan , Boleh Juga neh di coba pasti kangen akan kampung halaman akan terobati

  Purnomo wrote @

Ini baru resep mutakhir tradisional

  Harry wrote @

Bisa di coba untuk resep mendaki gunung , semoga bule-bule suka

  evin wrote @

kelihatannya maknyus ya resep2 nya
bisa d coba tuch ;)

[...] klik DISINI untuk melihat cara pembuatan suatu masakan [...]

  azis gani wrote @

TOLONG INFO YANG JUAL NASI KRAWU YG ENAK DI JAKARTA DAN SEKITARNYA

  bang qohar wrote @

utk resep kuahnya bgmn, setahu sy di warung sebelum masuk tol arah sby dr lmgan, kiri jalan ada warung nasi krawu gresik, dan kuahnya suuuuegger . . ., sy suka sekali.! tolong yg punya resep sy di kasih tahu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: