:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Kapurung (Sulawesi Selatan)


Bumbu :
garam, cabe rawit hijau, tomat rebus, semua diulek halus
5-6 bh jeruk limau, dibelah, diperas airnya

Bahan :
ayam pejantan, ambil dadanya, dibakar sedikit, suwir-suwir, sisihkan

Sayur-sayuran :
Kangkung/daun pakis/daun mandrak/daun labu/daun katuk
Jantung pisang diiris tipis
Kacang panjang dipotong-potong
Jagung disisir
Terong bulet dibelah 4 [jangan sampai putus]
Terong ungu dipotong-potong

Cara olah :
1. Didihkan air panas, masukkan semua sayuran dan ayam yang
sudah disuwir, rebus sampai matang.
2. Sementara itu, siapkan tepung sagu aren [ini mesti asli dari
sana, kata mama mertuaku kalau yang dijual di sini rasanya beda].
Tepung sagu kira2 segelas, terus dicairkan dengan air dua gelas, aduk
sampai halus, taruh di baskom besar.
3. Didihkan air panas dan langsung dimasukan ke cairan sagu tadi
jangan diaduk, sampai menyatu semua [tandanya permukaannya memutih],
baru diaduk [wah ini bagian yang paling ribet] aduk sampai menyatu
semua, jadi adonan kayak dodol gitu.
4. Siapkan baskom lain, isi air dingin, jangan penuh2 1/4 baskom
cukup. Bulatkan adonan sagu tadi pakai sumpit, setiap bulatan
dimasukan ke baskom yang isi air dingin tadi. Kalau susah pakai
sumpit, pakai sendok saja.
5. Kalau sayur dan ayam sudah matang, matikan api, tunggu adonan
sagu sudah selesai dibulat2. Kalau sudah, masukan bumbu halus ke
dalam panci sayur tadi, aduk rata, masukan juga air jeruk limau lebih
banyak lebih wangi
6. Selanjutnya, setelah sayur dan ayam sudah matang, matikan
api, aduk rata.
7. Setelah sayuran siap, masukkan ke dalam baskom yang isinya
adonan sagu tadi, aduk rata. Siap dihidangkan.

About these ads

23 Komentar»

  masrah wrote @

Kapurung…. uenak.. makanan kesukaan goe tu… pake udang juga enek, apalagi dengan pakis atau jantung psang… agak pedas hu.. Mantap!!!!, apalagi jika ada “Dange”…. eh kalau bikin Dange gimana ya…

  zara wrote @

aku dari sabah, malaysia.tapi nenek ku dari sulawesi..kapurung tu mmg faveret ku…sedap…yakan..dangke tu macam mana buat ya???takkan dapat d sabah ni…kena balik kampung baru dapat

  Andi Risma wrote @

Kapurung, itulah makanan khas suamiku di Palopo (Sabbang), hampir setiap hari sebelum makan Nasi, mereka harus makan kapurung dulu…Waahhhh…awalnya sih sy tidak bisa makan soalnya liat adonannya ng’bisa nelan…tapi untuk memulai sy coba dulu airnya karena nih airnya sedap…pedas,asem, gurih…wah..pokoknya mantaapppp…
Untuk yg belum bisa makan kapurung coba ajaa pasti enak dan bahkan bisa ketagihan untuk membuatnya lagi…

  baco KEPPE wrote @

Berbicara masalah kapurung.
Suatu hal yang tak pernah membosankan,soalnya setiap kali berbicara tentang topik itu,air liur langsung meleleh.
sampai ditanah orang kulit putih kecintaan terhadap kapurung itu tak pupus,malah terus menggoda.
Yah karena di USA tak ada sagu ( baca; TAWARO ) maka kanji-pun okelah,yang penting ikan bandeng bakar tak ketinggalan dan air ikan masak ( baca ; PAKOMBONG ).
Wah…darah LAROMPONG-ku tak bakal luntur sola.
Jadi setiap pembaca makan kapurung ( baca; BUGALU ) inukang dukakang sidi mane.

  keluargabatari wrote @

bebe ka’ langsung begitu dengar kapurung :)

Tabe’

  ikhsanlah wrote @

enak nih…cuma nggak doyan…sepupuku yg doyan

  Yanti wrote @

Wuiiiiih, akhirnya dapat juga resepnya. Makasih dah posting. Yanti

  masna wrote @

iyaaa..mantap!! temen ku sampai ngak bisa bangun kalau suda makan kapurung..enak banget.temen ku itu, kalu suda makan langsung pengsan..kekenyangan ngak bisa bangun2 sampai keesokan nya..mantap banget tu!!!

  lintis wrote @

iya ember kprng emang enak buanget mantap bro… tp di bdng kt ssh bikin kprng ceees soalnya sagu susah, kalaupun ada sagu kering, dan pertm tm ngak ada orang sunda yg bs mkn kprng, apalagi mereka blng ikan itu amis / anyir / bau. tp begitu aku pgn mkn kpng, aku akalin aja pk kanji cess penganti sagu, terus ikannya aku variasi pake ikan balado di msk kunyit sambelnya pk ikan krng, dan kuahnya aku pk kue ayam atau daging dan ngak lp pk jeruk dan mangga mudah, jd tetangga ikut makan dan mereka blng apa uuuuuuuenaaaak dan segar bro.ky mkn baso katanya, tp syng lama mkn kprng moderen yg aku buat, plng keplp mkn kprng asli sy jd ngak doyan cesssss, soalnya udah biasa bikin kprng kanjiiii hehehehe

  harun wrote @

hmmmmmm……..uenaaaaknya makan kapurung.padahal dulu aku benar2 gk mau makan yang nmanya kapurung,soalnya aku orang jawa yang gk pernah makan gituan.baru pertama lihat aja sudah mual,apalagi lihat sagunya yang kayak ingus orang lg flu.tapi kupaksakan minum kuahnya dulu…eh….tidaj disangka,ternyata enak.trus makan 2 – 3 kali kemudian aku bisa telan yang namanya kapurung.apalagi sayurnya…hmmmmmmm…..sampe sekarang kalo inget masamba…pasti ingat sama kapurungnya mamanya wika.klo ada yang tau warung kapurung di surabaya,tlg kasih tau donk….he he he.

  risal wrote @

blog anda sangat menarik….. bagi donk tips cara buat blog seperti blog anda !!!!!!!!

  Alfiah_Dedy wrote @

Huft. . . !
Woi. . . Jd pNgen ke pALOpo mkan Kpurung wiTh DAngE. . . Tpi d bOne Jga bisa beKen kaN dAgH tw Cr NgbwtX. . ! Hehehe sLam KpUrung Plus dAngE for sPu2Q yg Ad D palopo nAnte Quwh Jalan2 ke hUm MOe.

  Ramli To Masamba wrote @

mantaf….sayang di jkt or di bdg gak ada warung khas palopo…ada nya coto…

jd ngilerr bayangkan kapurung buatan mace’ ya..

  resep puding wrote @

Kapurung makanan khas dari palopo sulawesi… enak buanget tuh,, apalagi klo pedas2nya itu lho…

  mareta wrote @

saya suka sekali kapurung, jaman esde dulu sering diajak mkn kapurung di rmh tetangga. Sekarang saya lagi ngidam….,tapi dimana saya bisa dapet kapurung????ga ada yg jual di jambi ):

  Ade wrote @

Kok kapurung pake ayam ya ? Mana enak ?! Gak pake asam patikala lg…nih resepnya dah modifikasi sendiri :( gak asli

  Daeng Igo wrote @

Bung Ade,

Kapurunga ada beberapa versi, tegantung lokasinya. Yang dari Palopo selatan, biasanya kapurung dicampur daging sapi atau ayam bakar dan kacang tanah. Sementara Palopo utara kebanyakan pake daging ikan atau udang.

  taufik wrote @

bebbe tu elo kalo dgr yg namax kapurung. secara.. makanan shari2 kalo wktu berbuka puasa wktu msh tinggal dirmh nenek…. skrg..!!waduh… 1 piring aja susah dptx….

  Kina Wisell wrote @

Yesterday, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and tested to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views. I know this is completely off topic but I had to share it with someone!

  Erick Lee wrote @

wahhh langsung ngilerrr nich…
emang tuh kapurung (nama lain: bugalu, pugalu or kapeda) adalah mkanan yg gak ada tandinganx. pokoke klo inget kapurung+cobek kacang campur terong bundar,sayur gambas+ikan bakar, walaupun udah kenyang pasti laper lagi.hehe.. cuman bedanya klo kapurung palopo utara sayurnya dipisah/gak dicampur dlm satu baskom n kapurung palopo selatan dicampur.

  Benedict Elgen wrote @

Hey there just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be running off the screen in Firefox. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know. The layout look great though! Hope you get the problem solved soon. Thanks

  ilha wrote @

marasamemang itu kapurung/bugalu bro….

  Dirman wrote @

tinggal di jawa, tetap minum bugalu?kapurung he he he, paling tidak seminggu sekali lah, walau bukan sagu asli alias kanji. enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak makyus!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Keinginan Untuk Terus Belajar Menggapai Ilmu

Pikiran Yang Labil Berakhir Ketidaksempurnaan Hasil Kerja

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

Ardichris's Blog

Just another WordPress.com weblog

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 325 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: