:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Barongko (Sulawesi Selatan)


Bahan :
200 gr tepung ketan
25 gr tepung kanji
100 ml air mendidih
1 sdt garam
½ sdt vanilli
850 ml santan hangat dari 1½ butir kelapa
10 buah pisang raja tua dan matang (bisa diganti pisang tanduk atau pisang kepok)
daun pisang untuk membungkus
350 ml santan kental dari 1½ butir kelapa beri ½ sdt garam

Cara Membuat :
1. Campur tepung beras dan tepung kanji, lalu tuangi air mendidih sambil diaduk-aduk. Masukkan gula, garam dan vanilli, tuangi santan hangat, aduk sampai rata. Lalu masak di atas api hingga setengah matang. Angkat. Sisihkan.
2. Kupas pisang, belah 2 memanjang, lalu iris setebal ½ cm. Masukkan ke dalam adonan tepung beras, aduk hingga tercampur rata.
3. Ambil selembar daun pisang, taruh 2 – 3 sdm adonan, lalu tambahkan 2-3 sdm santan kental, bungkus dan sematkan dengan lidi.

4. Kukus selama 30 – 40 menit hingga matang.

About these ads

15 Komentar»

  La Cokka wrote @

ini kue favorit saya dalam bulan suci ramadhan ini harus ada….

  pik wrote @

massipaaa

  pik wrote @

bolu peca’ magello’ to

  nia wrote @

assalamu alaikum..
yg namax barongko itu uenak banget….
mantap deh pokonya……

  UyhA wrote @

WaHH BarongKo Itu MakNan PaLing ENak seDunia Dahh

WeKzzzzzzzzzz Mau BaRoNgKo seKarAng neChhhhhhhh Tp Jauh di MakAssar SoNo….

MaMa Mau BaRoNgKo……

  Aprilia wrote @

iya barongkok enak banget tuh. Mau coba ah resepnya. Thanks ya

  Uchiek wrote @

Wuenaaak, Nanti Sy suruh Istriku Bikin Barongko…

  arhiyaL wrote @

barongko,,,,,,
wuuuuuuuueeeeeeennnnaaaaaaaaaaaakkkkkk

  qahar wrote @

Barongko, mskipun saya buka orang Sulawesi, tapi makanan barongko adalah makan kesayangan saya, enaaaaak, manis, lezat

  neli wrote @

Duuh baca resepnya aja dah bikin aq ngilerrrr, mau coba tuk suamiku tercinta,secara dia org sana gitu

  unieqm wrote @

lagi hunting resep barongko, nemu blog ini.. tp kok setelah baca resepnya, lebih mirip resep buat bikin roko2 unti ya?? (nagasari)

maaf klo sy yang salah.. soalnya setau sy, barongko itu pake telur, sedang resep di atas malah ga pake hehe.. dan juga barongko ga menggunakan tepung sama sekali..

mohon pencerahannya :)

  akram wrote @

ingat masa di kampung, suka makan yang namanya barongko, pokoknya mallunra massiva

  nymas wrote @

barongko, 1 sisir pisang raja haluskn, sisihkan, ambil 3btr telur +kan 1 gls gula, mix hingga res, tuangi 1ltr santan (dr 1btr kelapa) masukkan pisang, ambil 1lbr daun pisang tuangi 1 sndok adonan (pakai sendok sayur) semat, atau boleh menggunakan cetakan, kukus hingga matang, Insya Alllah enak ….

  upay wrote @

Iya resep di atas itu untuk unti.. Barongko ga pake tepung.. Tp untuk ayahanda ku yg punya darah tinggi, aq biasa ganti santan dengan susu, dan gulanya di tukar sm gula untuk penderita diabet dengan ukuran yg lebih sedikit, karena sudah ada manis dr susu.. Senang bs berbagi..

  Nita wrote @

Suamiq org slwsi jg,q pngen bkin barongko tp ko pas browsing resepnya pda beda2 smua.boleh tau g yg betul resepnya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: