:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Ayam Penyet


Bahan :
1/2 kg ayam yang berkulit
100 ml air
1/4 sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :
2 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1/4 sdt ketumbar
Sedikit kunyit bubuk

Sambal :
1/4dt garam
1/2 sdt gula pasir
5 cabai rawit merah
Sedikit terasi
1/2 buah tomat

Cara olah :
Campur ayam dengan bumbu halus, merica bubuk dan air. Masak dalam wajan tertutup sampai air habis. Dinginkan.
Ulek garam, terasi, gula dan cabai rawit merah, kemudian tambahkan potongan tomat,tekan-tekan supaya tomat agak hancur.
Goreng ayam dalam minyak panas sampai agak kering.
Panas-panas, taruh ayam dalam cobek, tekan dengan ulekan.
Hidangkan dengan nasi panas dan lalapan.



About these ads

41 Komentar»

  Lily Multatuliana wrote @

thanks for sharing
saya copy ya kapan2 saya ingin juga membuat ayam seperti ini

  marl_uv wrote @

heran ya, di indonesia, malaysia diburukin bangsa pencuri segala, tapi di malaysia, ramai indonesian merampok dan buat jenayah berat tidak dilaporkan media ind.. amalan yang dibawa oleh penduduk nusantara dari wilayah indonesia sudah lama wujud di malaysia sebelum wujudnya malaysia atau indonesia sendiri.. bgimn pula dgn bahasa indonesi yg diceduk dari tamadun melayu melaka, setau gue indonesia bahasanya bugis, jawa, makasar, banjar, tidung, bajau, jambi, padang, dan bermacam lagi bangsa tapi memilih untuk mengambil bahasa melayu yang asalnya berkembang semasa melaka meluaskn empyarnya lama sebelum indonesia dan malaysia wujud.

  hida wrote @

salam, saya dari Malaysia, gemar banget makan ayam penyet. di malaysia harganya RM6.00 = 15000 rupiah. mahal ngak? saya pun ingin mencobak masak sendiri, tapi, ngak berapa tahu maksudnya merica and terasi tu apa ya dlm bahasa English nya? makasih. saya suka bangat cerita PUTERI YG TERBUANG.

  Indonesia wrote @

Eh klo udah tau resepnya,jangan diklaim resep asli buatan malaysia ya, kasian banget bangsamu ya..ndak tau malu

  cuek wrote @

emang malaysia tuh ngak tau diri…

  aishah wrote @

bersyukurlah rakyat ind dtang ke mlysia di lyan dgan baik..dberi pkerjaaan..x pyah nak kutuk2…kamu yang kutuk malaysia,sedarlah diri..jgan jadi bangsa yg x kenang budi

  Rocky wrote @

hai wai merica itu pepper ada hitam ada putih sedang terasi itu belacan dlm bahasa melayu klo ada jahe itu halia paham tak

  abu uwaeis wrote @

merica=lada putih
trasi= belacan

  qishie wrote @

mahal tu sis..tapi harga yang sis letak tu standard harga ayam penyet kat restaurant la.. kat warung biasa boleh dapat bawah rp10 000..hehe. terasi tu belacan…merica im not so sure.. :D

  cuek wrote @

merica = pepper, terasi = Shrimp paste

  ayahthari wrote @

di aceh ada juga loh

  yossi wrote @

terasi dalam bahasa malaysia itu belacan.
easy khan?
kalau mau agak gurih (crunchy) belacan di bakar dulu

  dini wrote @

Fantastik..aku kepengen coba deh ni resep…tapi seingat aku ayam penyet itu minus kulit lho..terakhir beberapa tempat di Medan yang aku pergi coba ayam penyetnya..semua tanpa kulit..that means good..healthier no cholesterol.

  ain dayana wrote @

First time saya makan ayam penyet ni mmg cukup best. saya jumpa makanan ni kat Pasir Gudang Johor. Orang Indonesia yg jual. memang sedap terutama skali sambal belacan tu. Saya tak faham cara nak masak ayam tu. ayam tu kene masak dgn air dulu sampai habis lepastu baru goreng?

“Campur ayam dengan bumbu halus, merica bubuk dan air. Masak dalam wajan tertutup sampai air habis. Dinginkan.
Ulek garam, terasi, gula dan cabai rawit merah, kemudian tambahkan potongan tomat,tekan-tekan supaya tomat agak hancur.
Goreng ayam dalam minyak panas sampai agak kering. “

  zva wrote @

Pilih ayam kampung yang tidak terlalu tua, rebus/presto dengan bumbu halus dan air kelapa sampai empuk dan air menyusut, goreng sampai kering. ( bumbu halus : kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, gula, daun jeruk limau, kemiri)
resep sambal belacan/terasi versi mentah: haluskan cabe rawit cabe merah besar terasi garam gula, tomat (bisa diganti serutan mangga muda)
resep sambat belacan/terasi versi matang : goreng sebentar cabe rawit,cabe mwrah besar, tomat, bawang merah. Haluskan semuanya ditambah garam, gula, dan terasi

  leenda wrote @

hai saya dari malaysia
ade sape2 pernah cuba buat nasi ayam penyet ini?
saya nak datang belajar
tolong call saya di 012-2555978

  Devika wrote @

Setahu saya, ayam penyet itu tidak pakai santan, bisa jadi gulai donk!, cukup resep diatas saja, pakai panci biasa, kalau pakai presto nanti terlalu lunak.
its very easylah…di Batam almost every corner you can get it.

  Devika wrote @

Ah air kelap toch.. oon sorce :D

  jeffrey wrote @

kalau tidak pake terasi sama sekali bagaimana,tetap enak nggak ?

  karl wrote @

wajan dan cobek, maksud nya apa ya.. in english or malay.. lagi satu kapan ayamnya di penyet kan, atau di smash sbb ayam tu nampak penyet sikit

  asha wrote @

@karl : wajan = frypan,cobek = cup mortar.the best cobek is made from stone.

  pemuda jaya wrote @

kalau pakai bawang merah bisa nggak?

  suryono wrote @

ENAK GAAAK..entar aku nyobak gak enak..kan rugi aku ayam 1/2 kg…tulangnya di hilangi gak..coy..

  aat wrote @

niat banget nih mau coba, moga suamiku suka yaaaa……

  Dian wrote @

Aku mo coba untuk buka puasa nanti… Anak2 suka sekali… Tapi kalau beli biasanya Ada keremesnya… Ada yang tahu Cara membuat keremesnya ? Terimakasih….

  Miss Coki wrote @

Buat temen2 dari Malaysia..

cobek = lesung batu.
wajan = kuali
panci = periuk
merica bubuk = serbuk lada sulah (putih)
terasi = belacan
Ulek = tumbuk (dengan lesung batu)
tomat = buah tomato

  okoherdi wrote @

kayaknya enak tuh…ntar dirumah suruh buat…

  azizah wrote @

wah pingin coba nii,

  Rita ita wrote @

ENAK BANGET……….aku paling suka ayam penyet
.

  susy wrote @

kok bikin sambelnya ga pake bawang ga enak dong

  noname wrote @

gw pernah merantau disekitaran malaysia, disanalah pengalaman saya paling buruk. 90% orang sana ga tau malu, bermuka dua, pokoknya sifat orang sana jelek sejelek2nya orang….
klo menurut saya ga punya harga diri…

  kureng asin wrote @

bukan ker..ayam penyet ni kena pakai garam special dari Indonesia? Lupa nama nya…garam apa ya?

  ajeng wrote @

wah kayanya enak nih, terima kasih ya resepnya, saya mau coba… lagi keranjingan ayam penyet… nyam2

  Yudhit wrote @

My favorite too…

Menurutku sambel untuk ayam penyet itu tergantung selera…. kalau di indonesia membuat ayam penyet bisa dengan sambel terasi/belacan, sambal bawang, sambal ijo atau sambal mangga…

Sebenarnya yang membedakan adalah bumbu ayam dan cara memasak dengan “mengungkep” = ayam direbus/presto dengan bumbu dan air/air kelapa sesuai selera sampai air habis baru kemudian digoreng.

Sementara asal kata penyet sebenarnya lebih karena penyajiannya. Saat disajikan ayam biasanya “dipenyet” = ditekan diatas sambal dengan ulekan sampai agak gepeng . Arti kata “penyet” sendiri adalah gepeng atau pipih karena ditekan.

Mudah-mudahan menjadi tambahan untuk sesama penggemar PENYET!!

  Suyono wrote @

Wah, di Malaysia suka ayam penyet juga ya? Eh kok ada orang malaysia yang bilang bahasa indonesia dari bahasa melayu malaka, aduh.. Kamu jng salah di Indo ada banyak bahasa daerah termasuk bahasa melayu, bahasa indo di ambil dari bahasa melayu RIAU,Riau adalah PUSAT budaya melayu, riau terpisah dari Johor dan Malaka. Kamu jgn sembarangan ngomong. Nanti orang riau mrh loh

  winda wrote @

enak yehh ayam nya …….

ayam nya…..bagi2 donk……

  liana wrote @

wahhhh,,,,jumpa dehhh resep ayam penyet wlaupun dahhh dering msakkk tpi nmbahhh ilmu ,,,heheheheh

diungkep pke air kelapa mantapp tuhhhh n sambelnya dkasihhh asam jawa dikit,

  Lina wrote @

terima kasih atas informasi mengenai ayam penyet… insya Allah saya akan mencuba nya…

  Keamanan wrote @

Malaysia atau Indonesia yg penting kita SERUMPUN dan SEAGAMA…Perjuangan adalah kerna LILLAHI TAALA… Amin..;-)

  sri erlinda wati wrote @

kenapa ya ribut trus dgn malsya, melayu tu bkn bhs malasya aja. sy asli bangsa indonesia, tapi asli jg suku melayu Tamiang, bhsa pun mirip benar dgn bhasa malasya. di langkat medan itu asli suku melayu indonesia, istana maimun medan itu asli dari dulu punya sukumelayu indonesia, bukan malayasia punya. kalau tak faham jangan suka hina bangsa indonesia, bersyukurlah bngsa malaysa di bantu kerja oleh bangsa kami, kalau tidak capek jg kau itu, kt sama2 memerlukan , tak usah sok lah

  Maznun Gimin wrote @

saya ingin cuba ayam penyet ini… tp bila dibaca komen2 yg ada disini saya kesal… kita serumpun.. perbezaan walau ada tapi amat kecil persennya.. macam kuman je… saya takut kita yg saling bergaduh tapi kuasa asing yang ambil kesempatan. sedangkan kamu tak ambil iktibar dari sejarah.. penjajah barat yang memisahkan kita semua..sedangkan kita ini serumpun.. jgn saling menghina… kamu semua ini ibarat ikan laga… sepatutnya kita boleh hidup rukun .. fikirkanlah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: