:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Cakwe


Bahan:

½ kg terigu

400 ml air

1 sdm. baking powder

2 sdt. baking soda

1½ sdt. garam

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

Masukkan baking powder, baking soda dan garam ke dalam baskom lalu masukkan air dan aduk rata.  Masukkan terigu dan aduk rata.  Biarkan 15-20 menit. 

Ambil adonan yang dipinggir baskom lalu dipindahkan ke tengah-tengah adonan lalu biarkan lagi 15-20 menit.  Terus lakukan ini 3-4 kali sampai adonan menjadi halus dan elastis.

Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya supaya adonan tetap lembab.  Biarkan selama 1 jam.

Angkat adonan dari baskom lalu dibungkus dengan plastik dan bentuk persegi panjang.  Diamkan lagi selama 4 jam.   Kalau membuat adonan lebih dari ½ kg, potong adonan dan pisahkan setiap ½ kg lalu dibungkus plastik.

Buka bungkus plastik adonan.   Dengan batang kayu bulat, tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebalnya 15 mm.

Setelah itu potong adonan pipih tadi selebar 0.75 cm sampai habis.  Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi dua kemudian gunakan tusuk sate tekan bagian tengahnya yang memanjang.   Dengan demikian kedua potongan tadi menempel jadi satu.  Selesaikan semua potongan.

Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang.

Dengan dua tangan ambil kedua ujung potongan adonan tadi lalu tarik sampai kira-kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan ke dalam penggorengan dan goreng sampai cakwe mengembang dan bolak-balik sampai cakwe menjadi kecoklatan.  Angkat dan hidangan bersama bubur ayam.

About these ads

24 Komentar»

  rosa wrote @

udah lama banget nyari2 resep cakwe, dan akhirnya ketemu juga makasih ya bu

  emma wrote @

asyik nehhhhh…byk resepnya..

  nunik wrote @

waah, trima kasih ya resepnya. Kebetulan suamiku lagi nyari nih. Lagi rajin nyoba2 resep.

  Maya Gauvin wrote @

terima kasih resep Cakwenya, tapi apakah baking soda bisa diganti dengan bahan lain?, berhubung di Prancis sulit mendapatkannya.
terima kasih sekali lagi,
Maya

  acha wrote @

akhirnya nemu juga resep cakwe,,
Tq yaa…… :p

  jeffrey wrote @

resep cakwe ini hanya cocok dihidangkan bersama bubur ya ?

  Nien wrote @

Lagi nyari resep cakwe nemu nie site..TFS ya.ijin nyoba

  erwin wrote @

aer na bener 400ml?
adonan na pa ga jd bubur?

  zey wrote @

duch gmn cra liat resepnya…?
gak ktmu neh…..

  mee wrote @

mo nanya..beda baking powder ma baking soda apa ya….maklum ga gaul bahan masakan….dah lama cari resep cakwe br skg ketemu..thanks

  anis chevex wrote @

ah gembel resep cakwe aja ga tau

  encung wrote @

thanks ya,kalo ginikan kagak usah beli bukunya

  Evie wrote @

Hi, pertama2 thanks utk resepnya…

tapi minggu lalu saya coba resep ini (percis seperti yang ditulis), tapi koq lembek sekali yah hasilnya?, sehingga seluruh adonan saya buang…tolong diberikan pencerahan, agar saya bisa juga sukses membuatnya…
Terimakasih sebelumnya.

  sarah wrote @

kayakna ada yg salah nih sama komposisi resepna, masak tepung 1/2 Kg, airna 400Ml tapi adonan harus jadi elastis, bisa digiling, dipotong, dibalik pula, ya ga mungkin !! adonan dengan ukuran air segini mah yg ada jadi bubur cakwe hheeehhh…hheee

  anis chevex wrote @

batul betul betul ko aneh ya

  yusti wrote @

makasih ya resepnya.

saya tanya resepini ke setiap pedagang gada satu pun yang mau ngasih tw.segitu rahasiakah ?????????????????????????????

saya lihat komentar komentar di atas pada kecewa ya apakah ada sesuatu yang anda sembunyikan?????????????????????????????????

nanti insya allah resepnya ssaya coba.jika gagal ……………………………………………………..
i don’t know

  anis chevex wrote @

ko ga ada tulisan itu makanan khas dari mana
:p

  uci wrote @

Setau saya, baking soda akan membuat adonan menjadi tdk mengembang
airnya nya apa ga kebanyakan ya?? Dijawab ya,, supaya adonannya jd dan ga buang” uang^^
Thx

  Ardihadiansyah wrote @

Sya udh nyobin bkin ckwe sesuai resep,tp qo luar dl2mnya g berongga??knpa ea bu..pa ada yg d rhasiakn

  ahmadsukron wrote @

hm…iya…aneh…

  nini wrote @

buset bkin cakwe bneran selama itu kah?? bolak balik 3x slma 15-20 mnit.. trus biarin sejam.. trus diamkan 4 jam.. hehehe.. mo makan cakwe msti nggu 6 jem an mah mndingan bli ma abang2 aj.. wkwkwk

  merika wrote @

Lha, aneh yg mana nih yg bener? Lagi pengen nyoba” nih? Ad resep lain kah? thx (∩_∩)

  Andikyz wrote @

air nya cukup 320 ml , resepnya ada yg memakai Amonium carbonat foodgrade, ada pula resep yg memakai air abu ( jaman duhulu belum ada bhn kimia )

  ugey wrote @

saya udah coba resep ini,tpi knpa ya ga mengembang cakwenya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 333 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: