:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

KALEDO (Khas Palu – Sulawesi Tengah)


Bahan :

Daging dan tulang kaki sapi – 1 Kg

Asam jawa mentah – 5 ruas panjang

Cabe rawit hijau – 15 butir

Garam secukupnya.

Jeruk nipis.

Cara Pembuatan :

  • Cuci daging dan tulang kaki sapi hingga bersih
  • Jerang air dalam panci hingga mendidih
  • Masukkan daging dan tulang sapi, masak hingga empuk
  • Buang air rebusan daging dan tiriskan, kemudian jerang air di panci lainnya, masukkan kembali daging yang telah dimasak, ini diperlukan untuk mengurangi lemak pada air rebusan
  • Setelah air mendidih, masukkan garam caberawit hijau, penyedap rasa, dan asam jawa ke dalam rebusan daging dan tulang
  • Tutup dan rebus kembali hingga daging dan tulang kaki sapi matang
  • Sajikan dalam keadaan hangat, beri taburan bawang goreng sebagai penguat aroma.
  • Tambahkan jeruk sesuai selera.
About these ads

48 Komentar»

  Mihael “D.B.” Ellinsworth wrote @

Saya kira ini semacam karedok, awalnya. :mrgreen:

Sepertinya menarik. :D

  rara wrote @

halo………………….. salam dari gorontalo..

  rara wrote @

ohya kalo bubur tinotuan ada resepnya gak..
aniway thanks..

  rara wrote @

ada tidak resep bubur tinotuan manado?
thx

  ichi wrote @

Resep tinutuan:
– Beras
– Labu kuning
– jagung muda
– ubi jalar dan/atau singkong
– sayur kangkung
– sayur bayam
– sayur gedi (sayur org Mdo)
– rebung muda (kalo suka)
– sereh
– kemangi
– tahu goreng
– ikan asin goreng
– bawang goreng
– ikan cakalang fufu goreng atau nike goreng…..

Bahan pelengkap:
kecap, cuka/jeruk, mie basah yg telah dikukus, minyak bekas menggoreng bawang

1. masak beras menjadi bubur.
2. sambil menunggu,goreng bawang, tahu dan ikan asin.
3. masukkan kedalam bubur: sereh, labu kuning, jagung dan singkong/ubi jalar.
2. Kalo smuanya udh matang, masukkan kangkung, bayam, gedi dan rebung (yg sudah dimasak terpisah)
– setelah itu masuukan kemangi.
– jgn lupa garam secukupnya dan vetsin (jika suka)
– siap utk disantap selagi hangat ya….. TaA..daaAaa…….

hhmmmm……. yumMy….yUmMy…..
Bernilai gizi sgt tinggi…..

SelamAt mencoBA…sukses!
Pasti KetagiHan dech…..

  acuh wrote @

ada tuh … :)

http://cuek.wordpress.com/2007/05/24/tinutuan-bubur-manado/

  wirandi wrote @

koq d malang g ada kaledo sech….padahal q kngen bgt nech….q kan anank paloe assllliiii………

  rara wrote @

halo….thanks banget ya resep bubur tinotuan nya, btw ada resep sambal dabu-dabu gak? pengen banget niy nyobain resep sambal dabu-dabu dirumah…

thanks bgt ya…sukses truzzz!!!!

  wawan wrote @

saya cari resepnya burasa,,

  untung sulistiyo wrote @

saya pikir, ini semacam soto … ternyata hampir mirip ya … :)
jadi ngiler nih ….

salam dari bogor

  anita jafar wrote @

makasih banyak..aduh blog ini sgt membantu..kangen sekali sama kaledo… ternyata bumbunya simple dan gak rumit ya… tapi rasanya gak kalah dg apa pun… mantappp!!! Pake ubi kayu / singkong tambah enak !! :)

  Henry wrote @

Wah, jadi tambah kangen sama KALEDO. Dulu saya pernah tanya di milis Jalansutra, tp gak ada yg tau lokasinya di jakarta.
Ada yg tahu gak, dimana yg jual Kaledo di Jakarta??

  uripno wrote @

kalau mau makan kaledo dijakarta,
di plaza semanggi lt.3 restauran “WOKU” satu porsi 45.000,- kalu mau pesan lebih murah untuk acara keluarga, bisa hubungi tlp.021-7308954 ibu agustina.

  Chairuddin wrote @

jual kaledo di kramat sentiong jakarta pusat, Samping IndoMart lengkap masakan sulawesi ada nasi kunig, ikan bakar, kaledo, coto, konro, barongko, panada dll. MAKNYUS LHO

  Widati Hamid wrote @

KALEDO diJakarta setiap hari ada di Jl.Tebet Utara I no.51 (3 rumah sebelum Soto Gebrak) buka dari jam 08.00 – 22.00. Kalau hari Minggu ada diTMII dari jam 06.00 – 11.00 di depan pintu masuk Taman Burung diacara Minggu Ria.
Menu yang dijual : KALEDO, NASI KUNING, ES PISANG IJO

  arifman wrote @

ada di jalan boulevard kelapa gading

  Henry wrote @

Kalo di Palu, tukang kaledo yg enak di pinggir pantai jalan menuju Kab. Donggala.
Kalo di Luwuk yg enak dekat hotel Ramayana.

  awank wrote @

kalo di palu, kaledo yang paling enak itu yang dikasih gratis dan dimakan pada saat lapar sekali

  john kahuluge wrote @

Kalo mau kaledo, Es Pisang Ijo, Pallubutung, Klappertaart khas Manado di Surabaya, ada di jalan Ondomohen/Walikota Mustajab 37. Telp. 031-91291800

  Akhsan wrote @

Kaledo tuh enaknya dimakan kalo lg panas2nya. tapi kok susah skali nyarinya di kota lain di luar palu. Kenapa yah????

  irwan waris wrote @

bagi yang rindu kaledo di Jakarta, tersedia di hypermart kebon kacang, di depan mess pemda sul teng. Tapi apa sama yang di Palu (jln Diponegoro)? Ndak tau ya. Anggap saja sama.

  lydia wrote @

meskipun kita tinggal diluar palu (baca:bondowoso jawatimur)
tapi mama masih sempet buatin kaledo buat keluarga
hmm…
kaledo buatan mamaku paling maknyuzzzz…

ma cepet pulang dari biromaru ya,,
kalu naek pesawat jangan lupa ayam panggang biromarunya!!
hehehe

oy ama asam buat kaledo

  yahya wrote @

ingat kluarga nih dipakuli, kk paling enak masakan kaledonya

  uripno wrote @

Kaledo di Palu yang enak di Loli atau Donggala tua, dari kota palu kl.7 km memang top disitu, sejak dari dulu sudah ada disana, harganya dari 1.500 /porsi thn.79 sekarang 25.000/porsi. Istri saya kepingin buka rumah makan kaledo di jabotabek, dan nasi kuning, dan kue2 khas sulawesi. kata temen2 kantor masakan istriku boleh dikembangkan /bisnis. jika ada yg ingin kerjasama atau anda memiliki tempat yg strategis. silakan hub.021-7308954

  Ancu wrote @

kaledo yg lengkap infonya di

http://www.facebook.com/group.php?gid=72445553191

gabung hayooo….!

  darma wrote @

Mak Nyusssss….

  heydi diana wrote @

ada yg tau tdk,,,tempat makan kaledo di’daera jakarta utara,,,coz udh 3thn ini pingin skali mo makan kaledo,,,tapi tdk tau tempat jualan kaledo di’daera jakarta utaraaa,,,
kalo ada yg tau minta info nya yah,,,,

  arifman wrote @

maen aja kejalan boulevard kelapa gading arah ke pulomas adanya di sebelah kiri. gw aja baru nemu tadi…

  uripno wrote @

aku sekarang sudah buka kantin kaledo di jakarta tepatnya dikantin bukopin depan slipi jaya/samping wisma asia (BCA)…kalu mau info lengkap buka webku : http://www.kantinkaledo.com

  Disha Jana wrote @

iiiiwwwaaawww pe enak jo ntu Kaledo

  Agung wrote @

Sy dl pernah tinggal di palu selama 10th, dan sangat suka skali mkn kaledo dan skrg sy mo apakah di surabaya apa ada yg jual masakan khas palu tsb ?

  adi wrote @

kaledo memang enaaaaaaaaak sekali dan tidak pernah saya lupakan apalagi setiap plng kmpng saya sering di buatkan kaledo oleh ibu saya hahahaha

  Aryo halim wrote @

Kaledo oh kaledo..pengin makan kaledo, kangen..

  Henry wrote @

Waduh….. jd inget hotel Rhamayana di Luwuk – Sulteng.

  rogo wrote @

saya akan segera meluncur ke palu…

hheehehehe…penempatan kerja disana.

  alh reggaecoustik wrote @

narasa mpu rangga kaledo le…

  Widati Hamid wrote @

Saya sangat ingin mengembangkan apa saja yang berasal dari wilayah TIMUR.Karena suami saya orang Palu (SULTENG) maka masakannyalah yang saya mau expose dijakarta antara lain :KALEDO
Sebetulnya dunia pariwisata di Sulawesi Tengah sangat prospek tapi sayang belum disentuh dengan baik.Kalau ada yang berminat?

  Widati Hamid wrote @

Warung KALEDO saya namanya KALEDO LAMANDO.
KALEDO harga per porsi Rp.17.000
Nasi Kuning Rp.12.000/porsi
Es Pisang Ijo Rp.10.000/porsi

  fidaatje wrote @

Bu,

boleh minta telpnya untuk dihubungi? Yang di website tidak bisa dihubungi.

fida

  Widati Hamid wrote @

Kalau mau tilpon saya bisa menghubungi 08159115941 atau (021) 86611228.
Terimakasih.

  Widati Hamid wrote @

Bila mau menghubungi saya bisa tilpon ke 08159115941

  Oi wrote @

hmmmmmmmmmmm………jd lapar liatx….d Tarakan ada sih yang jual Kaledo……tp t sama rasanya dengan Kaledo buatan Palu………..

  metha wrote @

jd kangen mo k palu lg…hehehehehe

  Uta Dada (Sulawesi Tengah) « :: Resep Masakan Khas :: wrote @

[...] para penggemar wisata kuliner, bila berada di Palu maka selain Kaledo, makanan khas tanah kaili yang sangat terkenal lainnya adalah Uta dada, uta dada merupakan Jenis [...]

[...] wisata kuliner, apabila Palu Kaledo, makanan kaili Yangg begitu terkenal ialah Uta dada, uta dada masakan berkuah santan, memakai ayam [...]

  Uta Dada (Sulawesi Tengah) | software-bagus.com wrote @

[...] para penggemar wisata kuliner, bila berada di Palu maka selain Kaledo, makanan khas tanah kaili yang sangat terkenal lainnya adalah Uta dada, uta dada merupakan Jenis [...]

  Aryo Adhi Condro wrote @

Thanks infonya gan

  dhianatakwan@gmail.com wrote @

kalau mau kaledo yg asli palu datang saja ke rm kaledo loli bertempat di desa loli oge 15 km dari kota palu arah donggala,,,, kalau makan disitu pasti ketagihan. terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 333 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: