:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Membuat Kulit Lumpia


Untuk membuat kulit lumpia, gunakan putih telur saja agar kulit lumpia bisa putih bersih, tidak kekuningan.

Caranya, campur 150 gr tepung terigu, 400 ml air, 2 putih telur, 2 sdm minyak goreng, dan 1/4 sdt garam, aduk rata. Lebih baik gunakan wish (alat untuk mengocok adonan tepung), agar adonan kulit mudah tercampur, kuning telurnya bisa dibuat vla atau untuk isi lumpia.

Disarankan menggunakan wajan dadar antilengket, untuk menggoreng, jangan pakai alat yang tajam . Lebih baik gunakan sendok kayu. Tetesi wajan dadar dengan sedikit minyak, lalu dadar kulit lumpia sesendok-sendok, agar dadaran bulat dan licin.

Untuk dadaran kedua dan seterusnya tidak usah memakai minyak karena tak lengket lagi, usahakan tiap wajan sekali tuang langsung satu sendok makan. Maksudnya agar tidak pecah atau kulit menyambung.

Masukkan kulit lumpia basah dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan dalam almari es. Tahan, kok, sampai dua hari. Bila digoreng, tahan lebih dari dua hari.


79 Komentar»

  mama dhira wrote @

saya pernah membuat lumpia,kebetulan kulit lumpia sudah saya sediakan didlm kulkas. tapi yang saya bingung, knp kulit lumpia saya tidak mau menempel. padahal saya sudah memakai putih telur untuk pereketnya. apa ada pengaruh karna kulit lumpia saya msh dingin karn br saya keluarkan dari lemari es. mohon jawabannya.
atau mungkin ada cara yang laen selain putih telur?
terima kasih

  edi wrote @

thanks for infonya

  AlfinNR wrote @

thanks ya oh ya cara bikin sausnya gimana :lol:

  ratna wrote @

saya sudah mencobanya tp kok hasilnya terlalu basah, hampir seperti kulip risoles.
klo boleh tau itu sebabnya kenapa ya?????
makasih

  lia wrote @

kl blh sy tambahin, mengoles adonannya di teflon menggunakan kwas…

  ratna wrote @

saya tunggu balasannya….
THX…..

  Siane wrote @

Apa kulit lumpia ini bisa krispii ?? Kalo bisa saya suuenengg banget, Tx GBU

  Zhea d’kuraramon wrote @

Supaya lumpiax bisa mrekat pz wkt dgoreng gmana y?

  eyangputri wrote @

Ada cara yang gampang untuk merekatkan lumpia, yaitu dengan di-LEM…!
Lem-nya pakai apa?
Cara membuatnya sama seperti pembuatan lem pada umumnya yaitu campuran tepung tapioka (kanji) dengan air, tapi jangan dipanaskan!
Cukup celupkan jari ke dalam campuran air kanji lalu oleskan ke kulit lumpia.
Mudah bukan?
Keliatannya sih mudah…tapi sebetulnya membutuhkan sedikit kesabaran dan latihan untuk merekatkan/menggoreng lumpia agar cantik.
Oh ya…agar lebih sempurna hasilnya, pastikan waktu menggoreng, gunakan minyak yang banyak dan apinya cukup besar.
Emang boros minyak! Tapi ya begitulah kalo udah ngebet pengin bikin lumpia sendiri…! hehehe…

  sugi wrote @

cara lebih gampang lagi
make terigu yg di kasih air
Insya Alloh lengket

  jeffrey wrote @

makasi untuk resepnya

  naydaf wrote @

thanks y u/t resepnya…mau di coba neh

  lia wrote @

kl sy menggunakan kwas untuk bikin dadarnya…jd tipis n renyah…

  AAN wrote @

Sebenarnya untuk pembuatan lumpia yang tipis & renyah, menggunakan kulit lumpia yang tersedia di pasar-pasar.
Saya Aan Produksi Kulit Lumpia Merek 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu)

  bunda al wrote @

diwilyh klaten n jogja ada g y pak? sy aga susah buat kulit lumpiany.
mksh

  vniex wrote @

klo untuk merekatkan kulit bisa juga di lem pake putih telur.
klo hasilnya terlalu basah bisa jadi adonnannya ketebalan waktu didadar…

  mamaridho wrote @

ok ntar mau dicobain.thanx infonya,semoga ridho suka lumpia buatan emaknya.

  yuni wrote @

gmn caranya agar lumpia tetep awet kerasnya?? coz biasanya kalau dah dingin jadi lembek..??

  AAN wrote @

Lumpia yang keras atau renyah menggunakan kulit lumpia yang tersedia di Pasar-pasar misalnya kulit Lumpia 35, karena kulit lumpia yang tersedia di pasar lebih tipis & kering sehinga pada saat digoreng dapat renyah dan tidak lembek.

Saya “Aan” Produksi Kulit Lumpia Merek 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu)

  key wrote @

boleh tau no hp nya pak? kebetulan sy butuh kulit lumpia banyak dan continue..

  Kiky wrote @

Saya gak pernah bisa buat kulit lumpia yg kering(crispy),jadinya pasti kulit risol..!terus kenapa ya ..kalau buat pasti pecah2 kalau diisi n digoreng.?stress mikirinnya.!

  Sari wrote @

Wah pengen nyoba gampang g ya.

  dwi astini wrote @

baru mo coba hehe…

  Anggie wrote @

Wah..thanks bgt ya resepnya. Mau dicobain nih.

  wahyu wrote @

gimana cara bikin lumpia biar bisa renyah, and minyak buat gorengnya itu biar gak terlalu banyak yg menenpel pada lumpia yg sudah matang

  AAN wrote @

Pada saat menggoreng Pastikan minyakk bener-bener udah panas, jangan sering di bolak balik, gunakan kulit lumpia yang tipis agar minyak yang terserap sedikit & renyah.

Saya Aan Produksi Kulit Lumpia Merek 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu)

  ningsun wrote @

Unt yg lagi menghindari makan greng2an, Kalau lumpia basah gimana ya? variasi isinya apa aja ya?

  poerta wrote @

akhir.na Q tau cara bwt.na!? thankz cuy…

  anietha caroline wrote @

pengen nyoba nch kayaknya
hhhehehe

habis kue kesukaan yah LUMPIA

  Syahid wrote @

Lumpia yg mewah alias spesial itu biasany isiny apa aja??
Thanks for infoNya

  Rohani Syawaliah wrote @

Sy dah coba, tp kok mrip dadar gulung y?

  herdi prastyanto wrote @

mau tanya dikit, rebung yg dipakai jenis rebung
apa yah..? apakah ada rebung jenis khusus untuk
bikin lumpia semarang. selama ini yg dijual dipasar-pasar di surabaya selalu rebung yg selalu direndam di air dan baunya selalu kurang enak.

makasih

  monyong wrote @

apakah bisa biar buat gigi saya tidak monyong lagi soal nya saya sudah cari obat dimana mana saya tidak menmukan obat penyembuh bibir monyong cuma itu

salam manis
monyong
trim’s

  monyong wrote @

oh gitu aja ya mbak saya udah nemu solusi yang seperti itu soal nya dulu saya juga monyong juga tidak dapet cara nyembuhinnya
caranya gampat lu sandung aja batu sampai lu jatuh trus gigi lu kena tanah tu, lalu hantup pin deh gigi lu gampangkan

  Wawan irawan wrote @

Gmana cranya agar kering,klo bikin gagal trus, kalo d lpat pecah. Solusinya gmana ?

  Rambadia wrote @

Kyknya itu karna adonannya terlalu kering. Coba ditambah sdit air deh. *mjb

  fajar dwi wijanarko wrote @

makasih untuk resepnya ibu saya jadi lebih mudah untuk menjual piscok nya

  ShinyLien wrote @

Thanks resepnya, nanti mau coba jg .

  Tips “AMPUH” Untuk Suami wrote @

Lumpia ,gorengan yang enak,bungkus yah satu

  tri pritananda wrote @

gmn carax agar lumpia yang di bikin saat ngegulung g pecah krn klo sy bkin pst pecah kan jdi bete,tolong infox krn suami sk mkn lumpia

  den bedjo wrote @

Mau tanya jenis rebung yg baunya seperti karbol itu jenis apa ya? karna jenis itulah yg paling enak buat lumpia

  mdori wrote @

Kemarin saya coba pake resepmu, tapi yang jadi seperti dadar telor. Gimana to piye? Kasi resep yang beneran dikit…..

  @@n wrote @

Sebenar nya bukan resepnya yang salah tapi ketrampilan dalam pembuatan kulit lumpianya…
untuk solusinya yang praktis buat mbak Mdori beli saja kulit Lumpia yang ada di pasar-pasar paling harganya 150 per biji untuk wilayah Semarang. bisa di buat karamel, lumpia, martabak, dan lain-lain

Saya Aan Produksi Kulit Lumpia Merek Lumpia 35, yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan, P-IRT No. : 206332401388 untuk pemasaran wilayah Weleri, Kendal, Semarang (Pasar Karang Ayu, Pasar johar, pasar Mbulu)

  yuni wrote @

thanks wat info.a :D

  adipa wrote @

mantab gan… txs

  yoshi wrote @

mksih mau cb dlu..

  sophian wrote @

minta alamat kursus kulit lumpianya. yg bisa cepat n tepat

  ekojuli wrote @

COBAIN YAHHH

sekalian numpang nempel

Cara Memasak aman dengan LPG
cekidot>>>

http://detektorgas.wordpress.com/about/

  pulzzahut wrote @

wah kuenya udh lezat, menyehatkan pula..

  Just a Health Blog wrote @

Boleh nih dicoba, kangen ma lumpia semarang..

  Tya wrote @

Ini menggunakan wajan biasa atau teflon????

  Lumpiate wrote @

Wah, semakin menambah informasi ne. Kebetulan saya membuka lapak menjual lumpia. Kami Lumpiate menjual lumpia khas Makassar. Jika juga tertarik untuk mencoba bisa hubungi kami. Terima kasih :D

  aAxz wrote @

makasih atas resepnyA<<<

  lelasuramadu wrote @

lumpia semarang, lumpia makasar, lumpia surabaya

  company profile wrote @

resepnya sangat bermanfaat :)

  carpet wrote @

jadi begitu yah

  lukisan bunga wrote @

saya pernah bikin kulir lumpia tp pake 1 telur utuh tanpa di pisah…tpi suka sobek..ternyta hanya putih telurnya saja..
thanks infonya :)

  Uuk Setyawan wrote @

Ga pake kuning telur apakah cm agar kulitnya jd putih dan tidak kekuningan saja? Misalnya saya ga keberatan kulitnya kekuningan, kalo kuning telurnya dimasukkan apakah pengaruh jg ke renyah-tidaknya lumpia stl digoreng?

  onny wrote @

dicari produsen/ suplier kulit lumpia..
sy butuh kulit lumpia untuk membuka usaha saya.. tolong sms ke 083119558586. trm ksh

  usaha sukses wrote @

kulit lumpianya kok sulit nempel ya?

  lumpia cap bulan wrote @

saya jual lumpia basah dengan kompisis, rebung, wortel,ayam. beneran enak loh krn udah bnyk pesanan dr kantor2.lihat di fb lumpia basah.

  Kiana wrote @

Promosi lo ya? Dmana ad t4, prmosi grtis

  Kiana wrote @

Selain pk wajan pendadar pk apa?

  vha akafuji wrote @

bagaimana supaya lumpia yg kita masak itu kering tidak berminyak???
mohon tipsnya ya ….

  Mpebp rehan wrote @

Jika pembuatan kulit lumpia pake pewarna bisakah
agar lumpia berwarna
salah 1 na lumpia warna hijao ataou macam”

  Mpebp rehan wrote @

Pembuatan kulit lunpia agar berwarna
bisakah

seperri
lumpia warna merah ataou hijau
dan warna lain nxa
tolong tips nxa
thank’s

  Arga wrote @

Mav ya gan kalau tuk daerah samarinda da ga yg jual kulit na n dmn ???

  riduan wrote @

mohon infonya apakah pak Arga sudah mengetahui lokasi tempat jual kulit lumpia di samarinda?

  Olvie wrote @

Jadi pingin nyoba bikin sendiri juga

  cerpen wrote @

Oh Lumpia…kapan aku bisa makan kamu lagi nih….jadi pengen kesemarang….

  dita rezkia wrote @

@mama dira, kali setau saya sebelum digunakan, suhu kulit lumpia harus disesuaikan dengan suhu ruangan dulu.

  hari wrote @

dimana membeli kulit lumpia curah di solo? ukuran yg kecil (diameter 15cm),klo ad tolg hub 081389482020. trimakasih

  buatlumpia wrote @

yang dijual di warung2 yg sudah jadi apa sama ya tehniknya…tipis banget

  Kuelumpia wrote @

klo bisa buat sendiri malah enak, terjamin steril

  cengceng ahmad jalaludin wrote @

kalo memakai wajan biasa bisa ga.?

  CaraMembuatKue wrote @

kebetulan baru mau belajar buat lumpia, hanya sj soal isiannya selalu gagal

  abhista imutsz wrote @

agak susah dec coalx g punya wajanx….!..

  Dara wrote @

saya pernah nyoba kok gagal muluw ya? terkadang gosong, terkadang ketebelan makasih info membuat kulit lumpianya, patut dicoba nanti

  lia wrote @

Silakan mampir ke http://www.kulitlumpiaku.blogspot.com
Informasi seputar kulit lumpia Semarang & kulit pembungkus makanan lainnya
Semoga bermanfaat…..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: