:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Kerupuk gendar


Description:
Kerupuk gendar atau disebut juga kerupuk beras, pada tau kan?!! kemaren2 masak nasi agak kelembekkan trus sisanya iseng2 aja dibikin kerupuk gendar. enak banget buat pelengkap makan kriukkk…kriukkkk

Ingredients:
Nasi putih
bawang putih, haluskan
merica, secukupnya
garam, secukupnya
minyak goreng

Directions:
Campurkan nasi, bawang putih, merica dan garam sampai merata
kemudian bentuk adonan sesuai selera, tipis-tipis lebih baik.
jemur kerupuk hingga kering atau bisa juga di oven sampai kering.
goreng kerupuk hinggga matang.

About these ads

27 Komentar»

  zakaria wrote @

wah kayaknya enak juga tuh krepuk,maklum klau
bujangan banyak nasi sisa daripada basi kayaknya bagus juga untuk krupuk,tp gimana resepnya kayaknya gak lengkap dengan takarannya.
kalau boleh kirim dong saya resepnya komplit dengan takarannya biar rasanya pas ( alasan kalau gak bisa masak ).

trims

  EVA wrote @

Aku suka banget yang namanya kerupuk suami aku walaupun bule demen juga ma krupuk
aku mau coba krupuk nasi,tapi ragu soalnya disini dibilang bentuk sesuai selera? Nasikan berderai alias ngak nyatu kayak ketan,so gimama mo ngebentuknya?
atau nasinya emang harus lembek ya?
Thanks ya
tolong cepat ya soalnya musim panas tinggal 3hari lagi ntar kerupukku susah kering nya
sekali lagi makacih ya

  sujono wrote @

cak jangan pakai bleng,racuuuun

  cuek wrote @

KRUPUK GENDAR
Bahan:
50 gr Bleng kering (dapat dibeli di pasar)
air secukupnya
400 gr beras yang pulen
2 siung bawang putih di haluskan
garam secukupnya
bumbu penyedap secukupnya
minyak goreng
Cara:
1. Larutkan bleng dalam 50 cc air, diamkan selama 5 menit sampai hancur. Aduk aduk
2. Masak beras dalam 1 Lt air sampai jadi aronan, kemudian masukkan larutan bleng, bawang putih, garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai air meresap semuanya, kemudian angkat dari atas api.
3. Kukus adonan dalam dandang sampai matang. Setelah itu masukkan nasi yang sudah matang ini ke dalam loyang selagi masih panas.
4. Tumbuk nasi cepat cepat sampai halus, kemudian padatkan denganmenekan nekannya. Supaya mudah dipotong, masukkan loyang dalam lemari es supaya adonan cepat mengeras
5. selanjutnya keluarkan adonan dari dalam loyang, potong potong tipis menurut selera. Kemudian jemur di panas matahari sampai kering betul.
6. Goreng kerupuk yang sudah kering ini dalam minyak panas yang banyak jumlahnya, sampai kerupuk mengembang. Hidangkan.
Untuk 500 gr.

  EVA wrote @

maaf bleng apa ya? aku baru denger
thanks

  carla robinson wrote @

Wah boleh tuh di copy yahhhhh bikin kerupuk gendarnya, masalahnya gimana mo dijemur disini jarang matahari hihhii, lam kenal juga yahhhhhhh

  ummu huraeera wrote @

nuwun sewu..nderek ngopi resep krupuk gendar, pareengg, matur nuwun.

  sg wrote @

eh iya boleh tanya ‘bleng’ ini apa? thx.

  Siswowijoto wrote @

apa betul bahwa Bleng tidak aman untuk dikonsumsi ?

  d3d3n wrote @

bleng itu kalo ga salah adalah sejenis boraks yah? jadi ga aman dong dikonsumsi?…

  didit wrote @

Bleng itu sejenis garam garaman kalau dikonsumsi sedikit kayak untuk bikin gendar ya gpp tapi kalau sekilo dimakan sendirian ya sakit kaleee

  jack cjdw wrote @

Makasih infonya……akan kami coba….

  Hasan gresik wrote @

Kami pengerajin krupuk pangsit/udang/ikan/keju/bawang/dan aneka rasa dan ( krupuk KETUMBAR JINTEN ) andalan produk krupuk dari Sentra home industri Desa Klangonan Kec. Kebomas Kab. Gresik

  john wrote @

lho apa bleng itu tidak baik buat kesehatan? bahan yang lain ada?

  john wrote @

bahan pengganti bleng??

  fechri wrote @

Jangan pake Bleng.
Bleng itu garam boraks.
Tukang bakso banyak yang pake ini biar baksonya kenyal..

tapi zat itu berbahaya sekali.

penggantinya adalah STTP (sodium tripoli posphat). Bisa di beli di pasar. Harganya murah, cuman butuh sedikit, dan aman.

salam

  Yulia wrote @

:idea:

  Yadi wrote @

STTP bisa dibeli dipasar mana ya?.. saya cari di pasar kordon nggak ada ya…

  arie kartika wrote @

Saya sepertinya tertarik untuk membuat usaha kerupuk gendar/kerupuk beras ini, dan tertunya dengan bahan2 yg tidak membahayakan kesehatan aman dikonsumsi..senang bila anda bisa membantu saya untuk lebih memahami pruduk ini.

  ubay9 wrote @

salam kenal,sudah mulai blm bu,utk usaha krupuk gendarnya?

  christine wrote @

untuk menggantikan bleng dengan STTP, ukurannya seberapa ya?

  wiyono wrote @

Kayaknya manteb.. tapi takarannya gimana????

  Suryana wrote @

saya cipy yaa siaknya sptnya enak mau coba. tks resepnya

  Suryana wrote @

saya copy yaa mau buat sptnya enak

  uka wrote @

pake STPP(Bahan bikin sabun cream, 1kg = Rp 25.000) ko kurang kenyal dibanding pake bleng ya?

  yasmin wrote @

waaaah aku suka banget krupuk gendar.mau tanya pengganti STTP apa ya? aku di emirate nyari gk ada

  maul wrote @

siiip, aku coba ah, mumpung libur hehe..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 333 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: