:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Soto Banjar


Bahan :

  • Ayam Kampung 1 ekor (tips: ayam betina dan jangan terlalu muda, yang montok)
  • 1½ liter kaldu ayam

Dalam sebuah kain, bungkus dan ikat dengan rapi :

  • 5cm kayumanis
  • 3-4 butir kapulaga
  • 4-6 butir cengkeh
  • 3-4 butir bunga sisir
  • ½-1 butir pala

Haluskan :

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • segenggam buah kenari yang sudah dikupas (tips: siram buah kenari dengan air panas, agar mudah terkelupas kulit kenari yang keras, buah kenari sebagai pengental kuah soto)

Pelengkap :

  • Suun putih, rendam sampai lunak
  • Telor bebek, rebus hingga matang
  • Ketupat, potong tipis²
  • Perkedel kentang
  • 1 sdm kas-kas (sebagai penguat rasa)
  • 2 sdm mentega yamin (agar kuah soto kuning dan sedap)
  • 5 lembar daun ganti (sebagai pengharum kuah soto)
  • bawang goreng
  • daun seledri, potong tipis (jika suka)
  • bumbu penyedap

Sambel : cabai rawit dikukus lalu haluskan dengan bawang putih dan garam, lalu goreng sampai matang, tambahkan beberapa sendok makan air, sesuai selera.

Cara Membuat Soto :

  1. Rebus ayam bersama bumbu yang sudah diikat dengan kain
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, lalu masukkan ke dalam rebusan ayam
  3. Setelah ayam matang, ke dalam kuah soto, tambahkan kas-kas dan daun ganti
  4. Masukan bumbu penyedap
  5. Masukkan mentega yamin hanya setelah mau mematikan api kompor
  6. Suwir² ayam, jika pengen lebih gurih, ayam yang sudah disuwir² ditumis dengan mentega dan bumbu bawang putih, merica, garam, tumis sampai harum
  7. Sajikan bersama ketupat, suun, telor yang diiris², perkedel kentang, jeruk nipis dan sambel.
About these ads

22 Komentar»

  jeffrey wrote @

terima kasih untuk resep soto banjarnya

  mau tanya daun ganti itu apa ya wrote @

daun ganti itu apa? kas-kas itu apa ya

  Mariana Kusnadi wrote @

apa itu daun ganti atau bumb

u kas kas

  Dwi Haryono wrote @

Gue pernah lama di Samarinda. Gue suka bgt ma soto banjar meski blm pernah ke tempat kelahirannya. Skrg gue udah di jawa lg n ktinggalan ga bw resep sotonya. Pas iseng browser ktmu dech… Thanx soto banjarnya

  dhanz wrote @

yang saya tau, soto banjar kan pake’ susu, gimana dong?

  atiek wrote @

Daun ganti n kas kas apa ya, pkai susu bs kan????

  Lukita King wrote @

Bumbu2 itu bisa di dapat di US tdk? krn saya berdomisili di Georgia.

  Mak Inah wrote @

Bumbu semua ada di asian store di Java atau di Bufford market..meski kadang namanya dalam bahasa Inggris.. kalau daun kus kus dan daun ganti aku nggak tahu itu apa

  wardha wrote @

Terimakasih untuk resepnya,…aku udah nyoba buat, dan hasilnya..seedaaappp… :)

  raka wrote @

saya pernah tinggal di Kalteng dan Kalsel kurang lebih 14 tahun,setahu saya soto banjar menggunakan susu.

  bing wibisono wrote @

ulun suka banar

  bing wibisono wrote @

nyam nyam

  priyo wrote @

nyaman banar…………

  huzaimah wrote @

daun ganti itu apa ??

buah kenari ap bisa di gnti dgn susu cair

  Acil Siti wrote @

cobain soto banjar gasibu yuuuks… ditunggu ya ^_^

  Uci wrote @

sumber resep nya itu dapat dari orang banjar kah ?? karna saya heran itu resep agak berbeda dari resep biasa yg di buat di sini ( Kalsel ).. ada tambahan2 yg tidak biasa, contoh nya : kapulaga, cengkeh, bunga sisir, mentega, daun ganti, daun bawang, kenari..

  imaei wrote @

soto banjar…nyaman banar…makanan khas bila lebaran dirumah…….

  yani wrote @

puasa-puasa begini…buka menu soto banjar jadi pengen bikin…. tapi bumbunya n pelengkapnya belum komplit… takut nggak enak…ntar lah, tunggu lebaran… aku pulang kampung…. serbuuu…..

  Nurul wrote @

paling nyaman ulahan mamak ulun..setiap tahun Idul Fitri pasti baulah…karna di Bali kadadak pang

  MONALISA wrote @

HY SMUANYA KALO BERKUNJUNG KE KALSEL ATAU BANJARMASIN JANGAN LUPA YAAA MAMPIR DI RUMAH MAKAN “YASHNA” ALAMAT KM.15 DI DEPAN SMKN 1 GAMBUT. KAMI MENYEDIAKAN MENU MASAKAN KHAS BANJAR. KOMPLIT SEPERTI SOTO BANJAR, SOP BANJAR, KETUPAT KANDANGAN, NASI KUNING DLL…. DI TUNGGU KEDATANGANNYA YAA….

  christian bautinja wrote @

aduh udh lama gak makan soto banjar . apa lagi ayam bumbu merahnya

  sabrina byei radithya wrote @

mksihh. ats resepx jdi bs ngrjain pr tataboga dh.. thnks y


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: