:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Diet Untuk Kesehatan Jantung


Kolesterol dalam darah merupakan faktor risiko pemicu terjadinya Penyakit Jantung
Koroner yang paling mendasar. Salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol
dalam darah adalah karena konsumsi lemak yang berlebihan.

Sebagaimana telah disepakati oleh para ahli dalam konsensus Pengelolaan Dislipidemia di Indonesia, pengaturan pola makan merupakan pilar utama dalam menangani pasien dengan kelainan kadar lemak darah. Adapun pola makan yang dianjurkan dalam konsensus tersebut adalah pola makan gizi seimbang, terdiri atas 3 golongan bahan makanan yakni zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), dan zat pengatur dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Karbohidrat dapat diperoleh dari beras, jagung, roti, mie, makaroni, bihun, kentang, singkong, ubi, talas, tepung-tepungan, gula dan minyak. Protein dapat diperoleh dari daging, ayam, kelinci, telur, ikan, udang susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe. Zat pengatur banyak terdapat dalam sayur-sayuran yang berwarna kuning, jingga dan merah. Kebutuhan kalori dapat diperkirakan sebagai berikut :

        – bila sangat gemuk                 1500 kalori/hari
- bila agak gemuk                    1700 kalori/hari
- bila berat normal                   2000 kalori/hari

Susunan Menu Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Berdasarkan konsesus pengelolaan dislipidemia di Indonesia, komposisi makanan bagi orang dengan kadar kolesterol dalam darah yang tinggi adalah sebagai berikut:

 

Diet Tahap-I

Diet Tahap-II

 Karbohidrat       (% kalori)
Protein             (% kalori)
Lemak              (% kalori)
Kolesterol         (mg/hari)
Lemak Jenuh     (% kalori)

50-60
15-20
<30
<300
<10

50-60
15-20
<30
<200
<10

Upaya praktis yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah ialah :

1.       Membatasi makanan sumber kolesterol :

§ makan daging maksimum 3-4 kali/minggu dan tiap hari tidak melebihi 100 gram

§ makan kuning telur tidak lebih dari 1-5 butir seminggu

§ menghindari makan otak, hati, usus, ginjal dan babat

§ menghindari makan kue-kue yang dibuat dari susu, kuning telur dan mentega

  1. Makan ikan dan ayam sebagai pengganti daging atau putih telur.
  2. Lebih banyak makan kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe
  3. Makan banyak sayur dan buah-buahan yang mengandung serat karena dapat menurunkan kadar kolesterol
  4. Mengganti minyak kelapa dengan minyak jagung, minyak biji matahari, minyak kacang atau biji kapas. Membatasi konsumsi makanan yang tebuat dari kelapa, santan dan margarine serta menghindari lemak hewan seperti lemak sapi, kambing dan sebagainya.

Disamping kelima hal tersebut diatas, perlu diperhatikan pula cara mengolahnya. Cara yang dianjurkan adalah :

        – dikukus (pepes, tim, dll)
- dipanggang (ayam panggang, ikan panggang, dll)
- dibakar (sate, pepes, dll)
- ditumis (oseng-oseng, dll)
- direbus (aneka soup, bakso, dll)

Jenis-jenis makanan yang merupakan sumber kolesterol , yang harus dihindari/dibatasi (per 100 gram bahan), adalah sebagai berikut :

        – otak
- kuning telur
- telur
- ginjal
- hati
- caviar
-
udang
- mentega
- keju
- lemak babi
- daging
- ayam

2000
1500
550
375
300
300
250
250
120
95
70
60

mg
mg
mg
mg
mg
mg
mg
mg
mg
mg
mg
mg

Nilai kalori beberapa jenis makanan
(Setiap 100 gram makanan, satuan dalam kalori)

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.

Apel
Duku
Durian
Jambu Biji
Jeruk Manis
Mangga Harum Manis
Manggis
Nangka Masak
Nenas
Pepaya
Pisang Ambon
Rambutan
Salak
Sawo
Semangka
Sirsak
Alpukat

58
63
134
49
45
46
63
106
52
46
99
69
77
92
28
65
85

Sumber Karbohidrat

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.

Nasi
Bihun
Havermouth
Jagung Giling
Kentang
Singkong
Makaroni
Mie Basah
Roti Putih
Talas
Tepung Terigu
Ubi

180
360
390
361
83
146
343
86
248
98
365
123

Tips Menyusun Menu Untuk Kesehatan Jantung

  1. Kebutuhan kalori disesuaikan dengan berat badan, usia dan kegiatan sehari-hari.
  2. Bagi yang kegemukan, pemakaian minyak bisa dikurangi, misalnya unutk makanan yang seharusnya digoreng cukup ditumis.
  3. Pilihlah daging atau ayam yang tidak berlemak atau dibersihkan dulu dari lemaknya ( misalnya dengan membuang kulit ayam untuk menghilangkan lemak.
  4. Bagi penderita tekanan darah tinggi, kurangi penggunaan garam dari yang tercantum dalam resep makanan untuk orang normal. Hindari makanan yang diproses seperti ikan asin, courned beef, sosis dan lain-lain.
  5. Sebaiknya banyak makan sayuran, dihidangkan dalam keadaan mentah berupa lalapan atau salad.
  6. Pemakaian santan untuk pembuatan kue dapat dikurangi atau menggantikan santan dengan susu dicampur minyak non kolesterol. Untuk masakan, santan bisa diganti dengan kemiri.
  7. Untuk lauk-pauk utamakan tahu, tempe, ikan dan yama. Batasi makan daging, kuning telur (putih telur bebas pemakaiannya). Hindari otak, jerihan, hati, butter dan lain-lain.
  8. Bagi penderita diabetes, perlu diperhitungkan kembali kalorinya dan pemakaian gula bisa diganti dengan gula buatan.
  9. Sebagai dessert, makananlah buah-buahan segar.
  10. Susunan menu sehari sebiknya disesuaikan dengan pola menu sehari berikut ini :

 

- Makan Pagi

- Jam 16.00
- Makan Malam

:

:
:

1 porsi resep makan pagi
buah atau snack
nasi, 1 porsi lauk hewani, 1 porsi lauk nabati,
1 porsi sayuran, lalapan dan dessert.

buah atau snack
nasi, 1 porsi lauk hewani, 1 porsi lauk nabati,
1 porsi sayuran, salad, buah.

 
About these ads

3 Komentar»

  nie_chan wrote @

Menu untuk diet penyakit-penyakit yang berat harap di perbanyak dan lebih bervariasi di sesuaikan dengan makanan masyarakat indonesia yang notabenenya kebanyakan petani.

  nie_chan wrote @

Menu untuk diet penyakit-penyakit yang berat harap di perbanyak dan lebih bervariasi

  anshori wrote @

tadi bilang yang harus di hindari/dibatasi adalah (salah satunya) kuning telur.
di http://www.indomedia.com/bpost/042006/6/ragam/art-1.htm ditulis
===========
Dulu, kita disarankan untuk makan tak lebih dari 3-4 butir telur per hari karena takut kolesterol. Namun pandangan tersebut sudah berubah. Suatu penelitian yang didanai National Institutes of Health mengatakan, tidak menemukan ada hubungan signifikan antara konsumsi telur dan penyakit jantung koroner atau stroke, baik pria ataupun wanita. Makan satu telur per hari tidak meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 100.000 orang menyatakan tidak ada hubungan antara konsumsi telur dan risiko jantung dalam diabetes. Penelitian ini ditulis Frank Hu, M.D, Ph.D dan koleganya di Harvard University di Boston. Penelitian mereka diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association, menyatakan bahwa konsumsi telur sampai satu butir per hari tidak memiliki dampak subtansial sama sekali pada penyakit kardiovaskular diantara pria dan wanita sehat.

Para peneliti dari Harvard melaporkan penemuan bahwa tidak ada bukti yang jelas antara konsumsi telur dan risiko penyakit jantung koroner atau stroke, baik pada pria atau wanita. Meskipun tingkat kolesterol tinggi, telur mengandung sejumlah nutrisi substansial yang sehat seperti antioksidan, folate, vitamin B, dan lemak tak jenuh.
=================

trus di http://www.indonesiaindonesia.com/f/7235-konsumsi-makanan-sehat-telur/ ada tulisan
=================
“Meskipun telur bukanlah termasuk obat-obatan optimal, namun jelas berkhasiat menguatkan jantung (yakni kuning telur)
=================

adakah yang bisa membantu mana yang lebih mendekati kebenaran, dan apa dasarnya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Keinginan Untuk Terus Belajar Menggapai Ilmu

Pikiran Yang Labil Berakhir Ketidaksempurnaan Hasil Kerja

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

Ardichris's Blog

Just another WordPress.com weblog

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 325 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: