:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

Buah Mengkudu, Buah 1001 Manfaat


Siapa yang tidak kenal mengkudu ? Jenis buah ini umumnya dihindari banyak orang karena memiliki bau yang kurang sedap. Namun dibalik itu, mengkudu memiliki khasiat kesehatan. Mengkudu juga dikenal dengan nama Pace, Lengkudu, Noni, Bangkudu, Cangkudu, dan Magic Plant. Buah mengkudu yang telah matang berwarna putih dan lunak. Tanaman mengkudu termasuk tumbuhan dari keluarga kopi-kopian (Rubiceae) merupakan tanaman daerah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat buah mengkudu yang sampai sekarang masih dimanfaatkan orang sebagai jamu tradisional ialah mengobati radang tenggorokan yang menimbulkan demam dan tekanan darah tinggi. Juga radang usus yang menimbulkan efek yang sama dapat diturunkan dengan buah ini.

Mengkudu (Morinda tinctoria; Morinda citrifolia) boleh dijadikan jus untuk diminum.

Buah mengkudu dikenali dengan pelbagai nama mengikut negara. Contohnya “Noni” (Hawaii, Polynesia); “Nono” (Tahiti); “Lada” (Guam); “Indian Mulberry” (India); “Painkiller tree” (Kepulauan Caribbean); “Nhau” (Sebahagian di Asia Tenggara); “Cheesefruit” (Australia); “Bumbo” (Afrika) dan “”Kura” (Fiji).

Ilmu pengetahuan menyebutnya sebagai Morinda citrifolia. Buah mengkudu yang telah dewasa dapat mencapai ketinggian 20 kaki (sekitar 6 meter). Mengkudu sering dikonsumsi sebagai  makanan, hampir semua bagian tanaman mengkudu dapat digunakan untuk jamu juamuan selama ribuan tahun yang lalu mulai dari kepulaun Polinesia dan berbagai wilayah tropis dan sub tropis lainnya.

Para “tabib” Bangsa tradisional Polynesian telah menggunakan mengkudu selama ratusan tahun untuk menolong penyembuhan banyak penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, arthritis/penyakit tulang, penyakit karena pencernaan, bruises,sprains, skin afflictions, kram menstruasi, kondisi aging, dan banyak lagi. Diyakini buah mengkudu sebagai pembersih darah dari bakteri yang berbahaya.

Berikut ini deskripsi buah mengkudu =

Pokok Mengkudu ialah pokok malar hijau dengan silara berbentuk kun, tumbuh setinggi 7 m.
Daun Daun tersusun dalam pasangan yang bertentangan, dan berbentuk bujur-tirus. Daun berwarma hijau tua berkilat, licin dan hujungnya runcing.  Rata rata ukuran daun ialah 30-35 cm panjang dan 13-15 cm lebar. Di setiap pangkal tangkai daun terdapat ketumbuhan berbentuk seperti lidah berwarna hijau berukuran lebih kurang 1.5 cm panjang.
Batang Kulit batang pokok berwarna kelabu dan mempunyai dahan empat segi.
Bunga Bentuk bunga tumbuh pada batang yang bentuknya menyerupai ketuat. Bunga adalah bisexual dan berbau wangi.
Buah Buahnya berisi, jenis biji yang sangat banyak dan berbentuk bujur.  Apabila masak
buahnya berubah warna menjadi krim keputih-putihan.
Bagian yang digunakan Buah, daun dan akar
About these ads

25 Komentar»

  thomas wrote @

mengkudu tanaman yang seharusnya tetap dilestarikan oleh kita semua, jika setiap KK ada 1 pohon mengkudu dan ada panduan dari pihak yang kompeten untuk mengkosumsinya, maka kita ikut menjadikan masyarakat yang sehat

  sandhy wrote @

Alhamdulillah dapat tambahan lagi informasi tentang manfaat tanaman / buah mengkudu; alhamdulillah saya sudah punya pohonya dan sudah banyak berbuah. makasih atas infonya, semoga bermanfaat bagi saya dan keluarga, teman serta tetangga. amiin

  indonesia bumiku wrote @

good job this very great posting,..!

  rera wrote @

terimakasih infonya..

  malpinas wrote @

mmang betul Alhamdulillah bru 1 botol sya minum jusnya sesak lambung beransur membaik,inilah petunjuk yg diberi oleh Allah SWT..

  uky wrote @

alhamdulillah..semoga menjadi ilmu yang manfaat dan berkah..

  khrysna mbun wrote @

mksh atas info ttg mnfaat mgkudu

  ahmad yani wrote @

apakah tidak berbahaya kalau kita konsumsi setiap harinya…….

  tony roy wrote @

jgn ragu lagi sy sdh mengkonsumsi buah ini dari 5 th yg lalu jd kalau kata sy buah ini emang buah mujarap thx

  kangmas joko wrote @

salam kenal dan terima kasih atas infonya

  alvin wrote @

alhamdulillah

  ESKA wrote @

Buah mengkudu bisa jd obat untuk penyakit WASIR gak yach???

  odin wrote @

tanya nie..apa boleh dikonsumsi buah mengkudu belum masak dipohon tp udah gede dipetik
2 hari kemudian masak/trus di jus…Tq

  odin wrote @

tanya nie…apa boleh dikonsumsi mengkudu belum masak di pohon tp dah gede dipetik trus
2 hari kemudian masak/trus di jus…Tq
balas

  agung roso roso wrote @

kalo mo merasakan kehebatan bekam/hijamah truz jus mengkudu tanpa bau, silakan datang ke Rumah Sehat Keluarga Gunung Jati, Ruko Delta Mas KM 37 400 M sebelum gedung PEMDA Bekasi, Cikarang Pusat.

  irvan wrote @

tolong dong ditulis cara pengolahannya, resepnya (dosis), dari perbagian, efek sampingnya (bila ada)

  juhardi wrote @

nanya dong. boleh enggak mengkudu dikonsumsi oleh anak di bawah 10 th. trima kasih.

  chilliyes wrote @

wah, terus kalo mengkudu tu kebanyakan di jadikan pil ya? kalo di makan langsung enak apa gk?

  muid wrote @

Saya py anak berumur 6th dan mengalamipenyakit batuk tak kunjung sembuh berkisar sekitar 10 bln.sy sampai bingung,krn udh sy bawah ke lab ama rongsen tp dokter tdk menyarankan berobat slama 6 bln.apakah ada obat yg mujarab utk menyembukan penyakit batuk anak saya….?

  jyan philep wrote @

wah, ternyata zat yg terkandung dalam pace hebat bener ya.. Dan aku sdh membuktikanya sendiri. 2 minggu lalu aku terkena wabah cacar air. Atas dasar saran org tua aku mengkonsumsi jus pace yg aku buat sendiri. Tak lebih 3 hari cacarku sembuh, jadi belum ada bopeng banyak. Dan sampe skrg aku mengkonsumsi jus pace sehari sekali untuk menjaga kondisi tubuh.

  Elva SALON PASirian_LUMAJANG wrote @

Buah mengkudu emang gk enk, tapi alangkah baiknya jika qta memaknx demi kesehatan qta,buah ni dpat d mkn dgn rujak Mnis

  beny wrote @

Saya beny d pekanbaru..
Saya mau tanya apakah buah mengkudu bisa d konsumsi untuk mengobati penyakit TBC TULANG?
Terimakasih sbelumnya.

  Imron Rosyadi wrote @

apa benar banyak mengkonsumsi buah mengkudu berakibat pada peradangan liver?

  andon wrote @

Mau tanya gimana cara ngilangin baunya ketika kita memakannya,,soalnya banyak orang gak suka sama baunya padahal manfaat buah mengkudu banyak sekali,,,,trmksh

  bali tour wrote @

Artikel yang bagus
thanks infonya :)
bagi kalian yang ingin berlibur ke Bali
silahkan kunjungi website kami febri’s bali tour


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Summerbelle's Adventure

..when universe conspires in helping me to achieve everything..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 332 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: