:: Resep Masakan Khas ::

Resep Masakan Khas Dengan Berbagai Kategori Bahan Pangan.

COTO MAKASSAR


Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Di setiap jalan di kota Makassar, dapat dengan mudah ditemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. Rasa hidangan ini di setiap warung memang hampir-hampir sama, tapi yang membuat berbeda adalah bumbu tambahan yang diberikan oleh masing-masing pedagangnya. Dan itu menjadi rahasia dapur masing-masing.

Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya.

Ramuan rempah-rempah yang terdiri dari 40 jenis dimasak di kuali tanah liat yang disebut dengan korong butta atau uring butta. Jenis kuali yang digunakan untuk memasak dipercaya ikut juga mempengaruhi rasa Coto Makassar. 40 jenis rempah itu diantaranya adalah kacang tanah, kemiri, cengkeh, pala, serai yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan. Konon rempah-rempah itu tidak hanya berguna untuk menentukan rasa Coto Makassar, tetapi juga sebagai penawar kolesterol yang ada di jeroan.

Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, dan dilengkapi dengan sambal taoco. Penggunaan taoco ini memperkuat dugaan kalau makanan ini dipengaruhi oleh makanan Cina yang sudah dikenal pada abad ke-16. Diduga juga kalau Coto Makassar sudah ada sejak Somba Opu, pusat Kerajaan Gowa, yang pernah berjaya pada tahun 1538.

BAHAN:
500 gram daging sapi

500 gram babat, rebus matang

300 gram hati sapi, rebus matang

200 gram jantung sapi, rebus matang

5 batang serai memarkan

4 sm lengkuas memarkan

2 cm jahe memarkan

5 lembar daun salam

250 gram kacang tanah, goreng haluskan

2,5 liter air cuci beras/tajin

1 sdm bumbu kaldu bubuk rasa sapi

6 sdm minyak sayur

Haluskan :

10 siung bawang putih

8 butir kemiri sangrai

1 sdm ketumbar sangrai

1 sdt jintan sangrai

1 sdt garam dan 1 sdt merica butiran

Pelengkap : bawang goreng, irisan daun bawang dan irisan seledri, sambal taoco

Haluskan : 10 bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai keriting rebus sebentar, 100 gram taoco, tumis dengan 6 sdm minyak sayur hingga matang, haluskan tambahkan garam dan gula merah.
CARA MEMBUAT:
1. Rebus daging sapi, babat, hati dan jantung, beri serai, lengkuas, jahe dan salam setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu. Jerohan sapi matang, potong dadu. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan kedalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.

3. Penyajian, siapkan mangkuk, isi dengan daging dan jerohan beri kuahnya, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri sajikan dengan buras dan sambal taoco.

4. Sajikan hangat.

Untuk : 6 orang

About these ads

52 Komentar»

  brame wrote @

Makasih atas resepnya. Sudah lama aku ingin mencicipi.

  sharp wrote @

kalo g pake air tajin gimana? misalkan di ganti dengan susu cair gitu, trima kasih.

  kamaruddin wrote @

boleh juga pakai susu…tapi susu segar cair yg asli susu sapi…pasti lebih enak.

  mustakim wrote @

pakai tuak lebih enak rasa daging dan bumbunya lebih terasa dan harum…. selamat mencoba dgn tuak resep maskan utk daging apa aja termasuk ikan…by mustakim

  mustakim wrote @

pakai tuak lebih enak rasa daging dan bumbunya lebih terasa dan harum…. selamat mencoba dgn tuak resep maskan utk daging apa aja termasuk ikan…by mustakim

  maya wrote @

udah ku coba enak

  Miming wrote @

pingin nyoba jg… kalo gak pake taoco gimana…?

  Syamsul Bahri Bin Alimuddin wrote @

gak pake’ taoco jga gak pa2,, itu kan cuman sambalnya saja….. sambal coto paling enaknya pake’ sambal yang peeddaaaaasss skaleee… he hee…………….

  zhafirah wrote @

thanks for your recep i wanna try it in lebaran nanti

  risma wrote @

hmm paling enak makan coto pas ujan,pake ketupat ato buras duuuh maknyosss pokok’e

  oktavianty wulansari wrote @

Aduuuuhhh jadi kepingin makan coto nich????ngiler liat resepnya.someday i wanna try it at my home and cook it for my all family…nyam,nyam…its very delicious

  ADRIAN ANNO wrote @

sudah kucoba jgaa. uuuuuenak bgt

  aan wrote @

Makasih resepnya,tapi blum ku coba. heheheh

  YANTIE wrote @

Kalau mau coba coto makassar yang enak datang ke resto suami ku DAENG TARANG
ada di Jl Matraman raya 50 meter setelah Hotel Grand menteng , ada puja sera masuk di dalam ada GOTO MAKASSAR,DENGAN PISANG IJO dan aneka makanan lain yang murah meriah.
1 mangkok cot dengan ketupat sepuasnya pl;us teh manis cumannn 15.000,- ayoookk yyyykkkk mampir deh mulai buka jam 8 pagi sampai jam 10 malam….. telp.021.33200019 bisa layanan untuk pesta,yuk mari dicoba dongggg

  anna wrote @

mau kucoba untuk buka bersama aaahhh………. hmmm….

  Eriana wrote @

Emmm…Kyak’y mak nyus…Mau ny0ba msak!N c0t0 makasar bt pacar s!Y, kt’y r!Ndu rumah n r!Ndu mam c0t0 makasar…

  baludin mat aripin wrote @

sedap la coto. hilang rindu saya sebab lama tak makan sejak balik malaysia.

  DENNY berlin wrote @

mau coba sih resep nya tapi takut gagal

  Aufa wrote @

duch….. penen makan lagi…….

  mudha wrote @

mksh rsp coto’a…. dah lm q ga lmkn coto.. beso d coba deh…..

  Sangkala wrote @

Pasti enak jadi pengen coba nech, tapi boleh nggak yach nggak pake daging and jeroan, ditukar ama Tahu n tempe

  irma erviana wrote @

makasi resepx,entar bisa masakin suami slx dia doyan banget ma COTO MAKASSAR, kbtlan sya orang makassar tp gak tau cara buatx….

  faiza purnadji wrote @

thanks berat dgn respnya, gimana kalo’ dagingnya diganti dgn daging ayam, mungkin asyik juga ya….

  aditya wrote @

mampirq cicipi coto di sudiang dgn resep kuno ala pesantren,disamping enak coto ini di bawah asuhan pesantren jd jk anda mkn coto ini sama halx anda membantu panti asuhan tsb. letakx dekat taman sudiang indah tdk jauh dr warung mas leo….

  Timbul Kurniadi wrote @

Coto Makasar menu pavorit gue, walaupun sebenarnya gue orang jawa , jadi trims ya atas resepnya , jadi gue kalo kepingin makan coto nyampai puas mo bikin sendiri aza , key !

  Hj. Hayati wrote @

makasih ya atas resepnya suami ku pengen dibuatkan coto makasar padahal aku penginnya buat ketupat kandangan……. jadinya ya diganti ke coto makasih banget sekali lagi…….

  mustakim wrote @

jangan lupa dagingnya masak dgn tuak biar lebih enak lebih wah …… rahasia masakan daging

  mustakim wrote @

klu mau bagus… dan paling enak dan daginnya terasa betul2 nikmat dan aroma bumbunya lebih terasa…. masaklah dengan tuak yg udah beralkohol misalnya dari areng dll…… apapun jenis daging anda termasuk ikan klu dimasak dgn air tuak nikmat banget rasa dagingnya…..salah satu rahasia masakan yg anda blm pernah rasakan …selamat cobalah by mustakim

  Cewek wrote @

Iyo pake tuak (ballo) enak memang, tapi haramki ! Apa tong ine, dmn2 coto itu air tajin kalo diganti tuak bukan mi coto tapi risotto..n kalo diganti susu cair namanya soto betawi..
Please deh jgn merancu resep coto makassar !

  irvan wrote @

mau7 coba ah

  Ki gembel wrote @

Aku seh sukanya ga pake santan n air tajin. Diganti ma kacang goreng yg ditumbuk alus, manteb,

  Abied wrote @

Wow … jadi lapar ngeliatnya.
Thanks resepnya yak!

  Muhammad Nur Se wrote @

Maaf ini perlu saya save untuk bahan saya, minta isin ya, makanan ini adalah makanan favorit saya, terima kasih.

  marwa wrote @

hmm enak

  Rahmat salam wrote @

saya suka makanan coto,apa lagi khas daerahku sndr
yaitu makassar. . Emang coto muantap habis.

  ismail mamalah wrote @

mau coba coto makassar yg paling enak ada di kalteng kilo 18 bruta lamandau warung makan saudara

  yanti wrote @

trima kasih resepnya, saya akan mencoba masakan ini…..pasti myamm myaamm

  ainun wrote @

air tajin/cucian beras yg ke brp? Aduuuh Cz aq pling suka ni soto, aplg dagingx masak pke tuak, haram !!!

  irma haryani wrote @

wah ni patut di coba pasti top markotop….p..p

  sinkle wrote @

eh..dede..masuk tongngi lamandau cotoe…mmg uenkk towwa..

  Romeo wrote @

Sudah saya coba. Uwenak. Kuahnya berwarna putih, sedangkan yg di pasaran agak butek ke hitam2an yah. Apa bedanya yah?

  Feron Yanthi wrote @

makasih yech resepnya,tinggal mau coba,moga2 sama dgn yang aslinya……..

  putra wrote @

wah ad resep laen g?mnt donk

  Ismail Mamalah wrote @

Coto Makassar bukan hanya ada di Kota Makassar tetaoi udh dikenal di seluruh Nusantara salah satunya terdapat di KM.18 Beruta Kab. Lamandau Kal-Teng. Datang Aja Di Warung Saudara BUKIT JAYA Nikmati Coto Makassar yang asli dengan minuman khas pula Es Pisang Ijo dan Es Campur pasti ketagiahan……..?

  siti yusuf wrote @

hmmmm muantap kalo yang ini gue banget. kebetulan aku suka masakan yang berkuah. jadi pengen nyoba. makasih ya resepnya.

  yanti abbas wrote @

Coto adalah menu kegemaran keluargaku juga tamu2ku saat hari raya. meski aku bukan orang makassar asli. tapi aku piawai masak coto. karena suamiku orang pangkep sulsel…..

  irfan wrote @

mantap tamba2i sambalu

  Ini Indonesia wrote @

makasih resepnya.. barusan makan langsung pengen buat :D

  resep masakan wrote @

terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat. kita gak bisa bikin jadi bisa. salam kenal gan.

  panggawa wrote @

wow resep cotonya mantab … terima kasih udah posting

  suminto wrote @

memang enak aku pernah merasakan di balikpapan mak nyus


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

byeabby

Just another WordPress.com site

Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

BUNKATOMATO

Home is where the heart is

Mizanul's Family

Assalamualaikum......Selamat Datang Di Keluarga Mizanul

anisa kusuma's bLog

somestory in a compLex worLd

bisnisonlineeva

Peluang Bisnis Tanpa Batas

AVANT-GARDE 91

from old manuscripts to modern design, exceeding ordinary people

panda's Blog

Just another WordPress.com site

Kafkanafisa's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ipangenduth's Blog

Just another WordPress.com weblog

Riniivan's Blog

Something about my life

surya

Just another WordPress.com weblog

AKATSUKI SHOP

JUAL JAKET ANIME

lee anymizz

Experience is best teacher

ardiChris Notes

catatan perjalanan omKlik

.::.Pengalaman Sufistik.::.

Menyibak Misteri Ketuhanan

Ultravelizer

Just another WordPress.com site

A Look From The Other Side

" Lihat....Dengar....Rasakan lalu Tuliskan...."

Creative for Better Life

teknologi informasi, pendidikan, berita hangat

Alkabri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Abasosay's Weblog

Mencoba melihat dari sisi yang lain

A cook guide to catastrophe

When chefs get bored....

bawelicious

me love talking

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: